belajar buku bahasa asing

Kuasai Berbagai Macam Bahasa Asing dengan 5 Langkah Mudah ini!

Kuasai Berbagai Macam Bahasa Asing dengan 5 Langkah Mudah ini! 1000 563 Luminous Learning Centre

Di era globalisasi ini, memiliki kemampuan berbahasa asing (bilingual ataupun multilingual) menjadi sebuah nilai tambah terlebih bagi mereka yang ingin mendongkrak karir. Belajar bahasa asing memang bukanlah hal yang mudah, karena membutuhkan niat dan keinginan yang kuat.

Tidak ada salahnya bagi Anda untuk mempelajari lebih dari satu bahasa asing. Anda bisa mulai mempelajari bahasa lainnya setelah menguasai satu bahasa atau bahkan mempelajarinya secara bersamaan.

5 Langkah Mudah Belajar Bahasa Asing

Semakin berkembangnya teknologi, kita dapat belajar bahasa apapun melalui internet. Banyak e-book dan berbagai aplikasi pembelajaran bahasa online yang dapat kita temukan. Namun, belajar lebih dari satu bahasa tetap membutuhkan strategi yang jitu!

Berikut, kami berikan 5 cara mudah bagi Anda yang tertarik untuk mempelajari banyak bahasa asing. Simak terus artikel ini yaa…

1. Pilih Bahasa yang Tingkat Kesulitannya Bervariasi

Jika Anda memiliki pilihan untuk mempelajari berbagai bahasa asing, Anda bisa pilih bahasa yang mudah terlebih dahulu. Baru setelah itu, mulai mempelajari bahasa yang lebih sulit.

Bahasa asing yang memiliki kesamaan dengan bahasa Anda bisa dijadikan prioritas karena akan lebih mudah untuk dipelajari. Sementara, bahasa yang menurut Anda lebih sulit, kemungkinan sama sekali tidak memiliki kesamaan dengan bahasa Anda.

Sebagai contoh, bahasa Inggris cukup dekat dengan bahasa Indonesia. Mulai dari makna dan penggunaan kosakata nya cukup dikenal oleh sebagian besar orang Indonesia. Sehingga, Anda dapat memilih untuk belajar bahasa Inggris sebagai bahasa yang mudah dipelajari.

2. Tentukan Jadwal untuk Mempelajari Semua Bahasa Asing

Perencanaan waktu menjadi faktor yang penting ketika Anda berniat untuk belajar berbagai bahasa asing. Anda bisa atur jadwal untuk mempelajari satu bahasa per hari atau per minggu.

Anda juga bisa membagi waktu belajar bahasa asing berdasarkan prioritasnya, seperti menentukan bahasa asing mana yang waktu belajarnya lebih lama daripada bahasa lainnya atau menentukan bahasa asing yang ingin dipelajari terlebih dahulu.

Misalnya, lima hari per minggu untuk belajar bahasa prioritas Anda, kemudian 2 hari per minggu untuk belajar bahasa asing lainnya.

3. Pelajari Topik yang Sama pada Semua Bahasa

Anda juga bisa mempelajari topik yang sama pada semua bahasa jika dimungkinkan, karena ada kata dalam suatu bahasa yang memiliki kesamaan dengan bahasa lainnya.

Secara tidak langsung, Anda mempelajari berbagai bahasa asing di waktu yang bersamaan. Mempelajari topik yang sama pada semua bahasa juga akan melatih otak Anda untuk fokus ke topik dalam bahasa yang berbeda di waktu yang bersamaan.

Misalnya Anda sedang mempelajari kosakata tumbuhan dalam bahasa Mandarin, nah, Anda juga bisa sekaligus mempelajari kosakata tumbuhan dalam bahasa Jepang.

4. Buat Catatan berupa Kosakata yang Dipelajari

catatan kosakata ketika belajar bahasa asing

Mencatat kosakata baru yang Anda temukan saat belajar bahasa asing menjadi salah satu cara yang efektif. Karena, Anda akan lebih mudah untuk mengingat kosakata tersebut.

Supaya Anda lebih mudah mengingatnya, buatlah kosakata tersebut menjadi sebuah kalimat yang sederhana. Semakin banyak kosakata yang Anda catat dan mengubahnya menjadi sebuah kalimat, semakin mudah bagi Anda untuk mempelajari bahasa asing tersebut.

5. Terapkan ke Kegiatan Sehari-Hari

Mempraktikkan berbagai bahasa asing yang Anda pelajari ke kegiatan sehari-hari merupakan cara yang tidak boleh dilewatkan. Anda bisa menjadwalkan setidaknya satu hari untuk mempraktikkan bahasa yang sedang Anda pelajari.

Anda bisa melabeli barang-barang di sekitar rumah, menggunakan bahasa yang sedang Anda pelajari, atau menonton tayangan dengan subtitle bahasa asing, serta mendengarkan musik dengan bahasa yang berbeda. Tentu, hal-hal sederhana ini dapat meningkatkan kemampuan berbagai bahasa asing Anda.

Nah, itu dia beberapa langkah yang dapat Anda terapkan ketika ingin menguasai berbagai macam bahasa asing sekaligus. Tertarik untuk belajar banyak bahasa asing? Ambil kursus bahasa asing di Luminous Learning Centre aja!

Anda bisa belajar bahasa Inggris, bahasa Mandarin, bahasa Korea, dan bahasa Jepang dengan mentor yang berpengalaman dan membuat pengalaman belajar menjadi lebih efektif dan efisien.

Back to Blog

Enroll Now

    Kelas yang Diminati

    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

      What Can We Do for You?

      Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai courses yang tersedia dan fleksibiltas metodologi belajar, silakan isi form dibawah ini untuk selanjutnya dihubungi oleh team representative Luminous Learning Centre.

      Contact Us

      Luminous Learning Centre

      Jl. Lamandau IV no. 18
      Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12130

      info@learnwithluminous.com

      +62 21 2708 3411

      +62 851 5673 7210

      Hours:

      Monday-Friday: 10:00–19:00
      Saturday: 09:00–15:00
      Sunday: Closed

      Get in Touch

        Kelas yang Diminati

        This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

        ×