tes ielts bahasa inggris

Semua Hal Mengenai Tes IELTS yang Harus Anda Ketahui

Semua Hal Mengenai Tes IELTS yang Harus Anda Ketahui 1000 563 Luminous Learning Centre

Tes IELTS (International English Language Testing Systems) adalah tes kemampuan bahasa Inggris untuk mengukur kefasihan seseorang yang digunakan untuk tujuan pekerjaan, pendidikan, dan imigrasi.

IELTS diakui oleh lebih dari 10.000 institusi di 145 negara. Tes ini akan mengukur empat kemampuan berbahasa Anda, yakni: membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara.

IELTS terdiri dari dua jenis, yaitu academic dan general training. Tes Academic digunakan untuk keperluan studi undergraduate dan postgraduate level. Sementara tes general training digunakan untuk keperluan bermigrasi atau berpindah tempat ke luar negeri atau melakukan training di luar negeri.

Tes IELTS menjadi salah satu persyaratan yang harus dimiliki jika Anda berencana untuk bekerja atau belajar ke luar negeri. Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkan diri sebaik mungkin agar bisa mendapatkan skor IELTS sesuai target.

Ketahui Macam-Macam Tes IELTS

IELTS Berbasis Komputer

Jika Anda melakukan tes IELTS berbasis komputer, Anda akan menggunakan komputer untuk mengerjakan tes listening, reading, dan writing.

Sedangkan tes speaking akan tetap dilakukan secara bertatap muka dengan penguji karena metode ini paling efektif untuk mengukur kemampuan berbicara Anda.

Setelah melaksanakan tes IELTS Berbasis Komputer,  Anda akan menerima hasil tes dalam kurun waktu 5 sampai 7 hari.

IELTS Berbasis Kertas

Pada tes IELTS Berbasis Kertas, Anda akan mengerjakan tes listening, reading, dan writing pada lembaran kertas. Sementara tes speaking tetap dilaksanakan dengan metode tatap muka dengan penguji.

Anda akan melakukan tes IELTS selama 2 jam 45 menit, dengan rincian tes listening selama 30 menit, reading 60 menit, dan writing 60 menit tanpa jeda.

Selanjutnya, untuk tes speaking berlangsung selama 11-14 menit. Hasil tes IELTS Berbasis Kertas akan keluar 13 hari setelah Anda mengerjakan tes.

Indikator Penilaian Tes IELTS

Skor pada tes secara umum disebut dengan band score yang memiliki kisaran 0 sampai 9, contohnya 6.5, 7.0, 7.5, 8.0.

Skor band didapat dengan menghitung skor rata-rata dari 4 komponen (Listening, Reading, Writing, dan Speaking). Setiap institusi, umumnya memiliki persyaratan tersendiri dalam menetapkan nilai standar pada tes IELTS.

Untuk mengetahui target yang diinginkan, Anda perlu memahami sistem penilaian tes atau skor band berikut ini.

Penjelasan Skor Band

Band 9: Pengguna Mahir

Anda dianggap mahir apabila mencapai skor band 9 pada tes, dimana Anda sudah menggunakan bahasa Inggris dengan sesuai, tepat, fasih, dan disertai pemahaman yang sempurna.

Band 8: Pengguna Sangat Baik

Mendapatkan skor band 8 pada tes dianggap sebagai pengguna bahasa Inggris yang sangat baik, dimana Anda mampu menangani argumentasi yang rumit.

Namun, terkadang masih kurang tepat dalam menggunakannya dan kemungkinan terjadi kesalahpahaman dalam situasi tertentu.

Band 7: Pengguna Baik

Anda dianggap pengguna baik ketika mencapai skor band 7 pada tes, dimana Anda sudah menguasai bahasa Inggris dan mampu memahami penjelasan secara terperinci.

Namun pada beberapa situasi, Anda masih mungkin untuk salah pengertian dan tidak akurat dalam menerima atau menyampaikan informasi.

Band 6: Pengguna Kompeten

Bagi Anda yang mencapai skor band 6 pada tes, sudah mampu menggunakan bahasa Inggris dengan efektif meskipun sedikit kurang tepat.

Juga, mampu memahami bahasa yang cukup rumit pada situasi yang biasa.

Band 5: Pengguna Sedang

Anda dianggap pengguna sedang ketika mencapai skor band 5 pada tes. Anda sudah menguasai sebagian bahasa Inggris dan mampu menangani keseluruhan makna dalam beberapa situasi, namun masih banyak membuat kesalahan.

Band 4:  Pengguna terbatas

Bagi Anda yang mendapatkan skor band 4, artinya Anda memiliki kemampuan dasar namun terbatas pada situasi biasa. Selama tes berlangsung, Anda mengalami masalah dalam pemahaman dan ekspresi, juga kesulitan untuk menggunakan bahasa yang rumit.

Band 3: Pengguna Sangat Terbatas

Mendapatkan skor band 3 pada tes, berarti hanya memahami arti atau kosakata secara umum dalam situasi biasa dan komunikasi kurang lancar.

Band 2: Pengguna Terputus-putus

Bagi Anda yang mendapatkan skor band 2 pada tes, artinya Anda tidak mampu berkomunikasi secara nyata dan menggunakan informasi dasar atau formula pendek pada situasi biasa dan kebutuhan mendesak.

Anda juga masih kesulitan memahami bahasa Inggris secara lisan dan tertulis.

Band 1: Bukan Pengguna

Apabila Anda mendapatkan skor band 1 pada tes, berarti Anda tidak memiliki kemampuan dalam menggunakan bahasa Inggris.

Band 0: Tidak Melakukan Tes

Tidak ada informasi yang dinilai.

menulis bahasa inggris test ielts

Memahami Format Tes IELTS

Saat melaksanakan tes IELTS, penting bagi Anda untuk memahami format tes IELTS yang diberikan. Kunci sukses untuk semua tes bahasa, termasuk IELTS adalah memahami format dan pola tes tersebut.

Mulailah dengan memahami konten tes dan tipe-tipe pertanyaan untuk tiap bagian. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah menghadapi berbagai variasi model pertanyaan.

Ketahui Batasan Waktu Tes IELTS

Setelah paham dan terbiasa dengan formatnya, Anda akan lebih mudah mengerjakan tes sesuai dengan waktu yang diberikan. Cobalah untuk mengerjakan soal latihan dengan batasan waktu, agar terbiasa dengan ritme tes yang diberikan.

Dengan memahami batasan waktu saat tes, Anda dapat berkonsentrasi dengan baik meskipun dalam tekanan waktu.

Atur Strategi untuk Tes IELTS

Seperti yang kita ketahui, setiap bagian pada tes memiliki batasan waktu pengerjaan. Jadi, Anda harus menggunakan waktu yang tersedia dengan sebaik mungkin. Lakukanlah persiapan setidaknya 3-6 bulan sebelum jadwal tes berlangsung.

Kemudian, pilih strategi yang menurut Anda paling tepat untuk menghadapi tes IELTS. Misalkan pada bagian listening, Anda bisa menyiasatinya dengan fokus terhadap poin-poin penting yang disampaikan, entah itu berupa nama, angka, atau alamat. Hal itu penting, mengingat rekaman suara hanya diputar sekali saja.

Saat mengerjakan bagian reading, daftar pertanyaan yang tersedia adalah hal pertama yang harus Anda perhatikan. Bacalah teks tersebut dengan cepat (skimming) dan fokus pada  pertanyaan, karena Anda tidak punya cukup waktu untuk membaca seluruh teks.

Strategi ini bisa membantu Anda dalam menghemat waktu saat tes berlangsung.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda pahami sebelum melakukan tes IELTS. Apakah Anda berencana untuk bekerja atau kuliah di luar negeri? Namun, belum memiliki persiapan untuk mengambil IELTS?

Jangan khawatir! Kamu bisa ambil kelas persiapan tes IELTS di Luminous Learning Centre sekarang juga!

Related Articles:

Back to Blog

Enroll Now

    Kelas yang Diminati

    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

      What Can We Do for You?

      Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai courses yang tersedia dan fleksibiltas metodologi belajar, silakan isi form dibawah ini untuk selanjutnya dihubungi oleh team representative Luminous Learning Centre.

      Contact Us

      Luminous Learning Centre

      Jl. Lamandau IV no. 18
      Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12130

      info@learnwithluminous.com

      +62 21 2708 3411

      +62 851 5673 7210

      Hours:

      Monday-Friday: 10:00–19:00
      Saturday: 09:00–15:00
      Sunday: Closed

      Get in Touch

        Kelas yang Diminati

        This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

        ×