wawancara dalam bahasa Inggris

8 Pertanyaan Wawancara Kerja dalam Bahasa Inggris beserta Cara Menjawabnya

8 Pertanyaan Wawancara Kerja dalam Bahasa Inggris beserta Cara Menjawabnya 1004 671 Luminous Learning Centre

Di era globalisasi yang tidak ada batasan interaksi antar negara, banyak perusahaan asing yang masuk ke Indonesia. Mereka pun harus mencari tenaga kerja yang fasih berbahasa Inggris.

Semakin banyaknya perusahaan internasional, semakin terbuka peluang Anda untuk berkarir di perusahaan internasional. Akan tetapi, jika ingin berkarir di perusahaan internasional, maka Anda harus siap menghadapi wawancara kerja dalam bahasa Inggris.

Maka penting bagi Anda untuk mempersiapkan wawancara dengan serius agar tidak grogi. Berikut contoh pertanyaan dan jawaban untuk membantu Anda mempersiapkan wawancara kerja dalam bahasa Inggris.

8 Pertanyaan Wawancara Kerja dalam Bahasa Inggris yang Sering Muncul dan Tips Menjawabnya

1. Tell me about yourself

Setelah memasuki ruangan dan berjabat tangan, interviewer akan meminta Anda untuk menceritakan tentang diri Anda. Mungkin ini adalah pertanyaan yang paling umum untuk memulai wawancara. Meskipun begitu Anda perlu mempersiapkan diri untuk menjawab pertanyaan ini.

Cukup ceritakan saja secara singkat tentang perkembangan karir, posisi, latar belakang, serta pengalaman yang berkaitan dengan pekerjaan tersebut. Anda tidak perlu menjelaskan riwayat pribadi secara rinci apalagi tentang silsilah Anda.

Contoh:

“My name is Eva. I’ve been working as a junior chef at a small Italian restaurant for 3 years and my responsibilities included assisting the head chef and preparing salads. I have always been interested in food and cooking which was why I choose to follow this career path. I studied at ABC University where I gained my first level cooking diploma.”

2. What are your strengths?

Dalam pertanyaan ini, interviewer ingin mengetahui kualitas Anda apakah sesuai dengan yang mereka inginkan. Jadi, pastikan Anda mencari informasi sebelum wawancara tentang budaya kerja di perusahaan tersebut, terutama jika Anda baru memasuki dunia kerja.

Pertanyaan ini bisa Anda manfaatkan untuk mempromosikan diri Anda. Jelaskan dengan menyebutkan kelebihan beserta informasi tambahan sebagai bukti yang mendukung kelebihan tersebut.

Contoh:

“I’m a punctual person. My previous job had a lot of deadlines and I completed my work on time. I like to work with team because it’s easier to achieve something when everyone works together. I also always take initiative when I work. I don’t wait for instruction if I see something that needs doing.”

3. What are your weaknesses?

Pertanyaan ini biasanya muncul setelah Anda menjelaskan kelebihan. Semua orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun, interviewer sebenarnya ingin mengetahui seberapa jauh Anda mengenali diri sendiri dan bagaimana Anda mengatasi kelemahan tersebut.

Sebaiknya Anda menjawabnya dengan jujur apa kelemahan Anda. Tetapi, Anda jangan hanya menyebutkan kelemahan saja, jelaskan juga solusi Anda dalam menangani kelemahan tersebut.

Contoh:

“I’m a shy person. I am always nervous when I do public speaking even in small group. To overcome my shyness, I always tried to start conversation when group discussion. It’s really helped me to be more confident. This practice has made me relax when I speak in public.”

4. Why did you leave your last job?

Jika Anda baru memasuki dunia kerja, pertanyaan ini tidak akan ditanyakan. Namun, Jika Anda pernah bekerja, interviewer ingin tahu alasan kenapa Anda berhenti. Apakah Anda dipecat atau mengundurkan diri?

Apabila Anda mengundurkan diri dari pekerjaan sebelumnya, sebaiknya Anda tidak mengatakan sesuatu yang negatif tentang perusahaan lama Anda meskipun mungkin ada benarnya. Interviewer akan melihat Anda secara negatif juga.

Contoh:

“I’m looking for a new opportunity and challenge to work for a bigger company where I can improve my skills. This position seems fit because of my successful background in digital marketing.”

5. Tell us about your education.

Di sini, interviewer ingin tahu semua hal yang Anda pernah pelajari. Misalnya saat di universitas, politeknik, atau kursus yang berkaitan dengan pekerjaan tersebut. Anda tidak perlu menjelaskan pendidikan sejak SD sampai kuliah.

Contoh:

“I graduated from ABC University. I studied in the economics faculty, majoring in management. Besides that, I took some courses like computer and English language. I think those courses will support my work when I join your company.”

6. Where do you see yourself 5 years from now?

Pada pertanyaan ini, interviewer ingin mengetahui tujuan karir Anda. Apa motivasi yang Anda miliki untuk mencapai tujuan tersebut. Ada baiknya Anda juga memikirkan apakah pekerjaan yang Anda lamar cocok dan bisa membantu Anda dalam mencapai tujuan karir Anda.

Contoh:

“In five years, one of my future goals is leading a design team. I’m excited working with product team on developing streamlined processes. I’d also like to develop my skills in user experience to aid in creating more user-focused designs all around.”

7. What kind of salary do you expect?

Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda perlu melakukan riset tentang gaji rata-rata sesuai posisi Anda. Anda bisa mencari tahu melalui internet atau bertanya pada teman yang bekerja di posisi yang sama dengan Anda. Kemudian sesuaikan dengan pengalaman dan kemampuan Anda. Beri perkiraan gaji yang masuk akal.

8. Do you have any questions for me/us?

Pertanyaan ini biasanya digunakan untuk mengakhiri sebuah wawancara kerja. Anda bisa menanyakan lebih lanjut tentang perusahaan atau posisi yang Anda lamar. Interviewer akan menganggap Anda tidak tertarik dengan posisi yang dilamar jika Anda tidak bertanya.

Contoh:

“What is the typical day for this job?”

“Does the company offer in-house training for staffs?”

Nah, itu dia kumpulan pertanyaan beserta cara menjawab wawancara kerja dalam bahasa Inggris. Meskipun Anda sudah mengetahui pertanyaan dan jawabannya, jangan terpaku dengan contoh di atas ya!

Kembangkan jawaban tersebut sesuai dengan kemampuan Anda.

Jika Anda berniat untuk bekerja di perusahaan internasional, namun masih perlu untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, yuk langsung ambil kelas bahasa Inggris di Luminous Learning Centre.

Related Articles:

Back to Blog

Enroll Now

    Kelas yang Diminati

    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

      What Can We Do for You?

      Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai courses yang tersedia dan fleksibiltas metodologi belajar, silakan isi form dibawah ini untuk selanjutnya dihubungi oleh team representative Luminous Learning Centre.

      Contact Us

      Luminous Learning Centre

      Jl. Lamandau IV no. 18
      Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12130

      info@learnwithluminous.com

      +62 21 2708 3411

      +62 851 5673 7210

      Hours:

      Monday-Friday: 10:00–19:00
      Saturday: 09:00–15:00
      Sunday: Closed

      Get in Touch

        Kelas yang Diminati

        This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

        ×