Hal yang perlu disiapkan sebelum kuliah di luar negeri

5 Persiapan Sebelum Memutuskan Kuliah di Luar Negeri

5 Persiapan Sebelum Memutuskan Kuliah di Luar Negeri 1920 1080 Luminous Learning Centre

Apakah Anda memiliki keinginan untuk melanjutkan studi ke luar negeri? Tertarik untuk mendapatkan pengalaman hidup mandiri di negara lain? Atau bingung apa saja persiapan yang dibutuhkan untuk kuliah di luar negeri?

Memang berkuliah di luar negeri memiliki banyak sisi kelebihan yang tidak ditawarkan ketika berkuliah di negara sendiri.

Berkuliah di luar negeri tidak hanya unggul pada aspek akademisnya saja lho, melainkan juga dapat mengajarkan Anda untuk berbaur di lingkungan yang sangat berbeda dari tempat asal!

Selain itu, berkuliah di luar negeri juga dapat membantu Anda untuk membangun relasi internasional yang akan sangat berguna nantinya ketika mulai berkarir.

Tetapi, sekadar berkeinginan saja belum cukup untuk mengantarkan Anda menuju universitas idaman. Butuh pertimbangan dan persiapan khusus yang jauh lebih rumit dibandingkan dengan memilih untuk berkuliah di dalam negeri. Untuk itu, mari simak beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk persiapan kuliah di luar negeri.

5 Hal yang Perlu Anda Persiapkan Ketika Ingin Berkuliah di Luar Negeri

Butuh Anda pahami bahwa memilih untuk berkuliah di luar negeri adalah keputusan yang cukup besar. Jangan sampai Anda merasa tidak nyaman sesampainya di negara tujuan akibat proses pertimbangan dan perencanaan yang kurang matang.

Maka dari itu, ada baiknya Anda menyimak beberapa hal yang harus disiapkan sebelum memutuskan berkuliah di luar negeri dengan lima tips berikut ini!

1. Tentukan Jurusan dan Universitas yang akan Diambil

Hal pertama yang harus Anda siapkan sebelum berkuliah ke luar negeri adalah mematangkan pilihan jurusan dan universitas yang ingin Anda tuju. Saat ini sudah banyak informasi yang tersedia secara online mengenai universitas dan program jurusan yang ditawarkan.

Anda bisa langsung mengunjungi laman resmi dari universitas bersangkutan atau mengunjungi laman QS World Ranking yang menyediakan informasi mengenai ranking universitas berdasarkan negara dan kategori lainnya.

2. Pastikan Keadaan Finansial Aman

Setelah menentukan jurusan, universitas, serta informasi mendasar tentang negara yang dituju, selanjutnya Anda harus memastikan dana yang dimiliki cukup untuk melakukan perjalanan studi, kurang lebih selama empat tahun.

Jangan lupa untuk menghitung biaya hidup dan pengeluaran selama Anda menjalankan masa studi di negara tersebut. Kemungkinan besar Anda akan memiliki pengeluaran yang melebihi ekspektasi.

Maka dari itu, cobalah persiapkan skenario tersebut secara cermat. Siapkan sedikit uang tunai sebagai pegangan sehari-hari, juga kartu kredit untuk pengeluaran yang lebih besar. Tak lupa untuk menginformasikan penyedia kartu kredit mengenai kepergian Anda.

passport luar negeri dokumen yang dibutuhkan untuk kuliah di luar negeri

3. Siapkan Berkas-Berkas yang Dibutuhkan

Sebagaimana berkuliah di dalam negeri, Anda perlu menyiapkan beberapa berkas administratif sebagai bagian dari proses pendaftaran. Setiap universitas memiliki syarat berkas yang  berbeda-beda.

Maka, Anda harus cermat memperhatikan informasi yang tersedia pada laman universitas tersebut. Berkas yang diperlukan biasanya berupa ijazah terakhir, surat rekomendasi, transkrip akademik, dan sertifikasi bahasa.

Penting juga bagi Anda untuk menyimpan salinan fisik maupun digital dokumen-dokumen penting seperti: paspor, asuransi, informasi kartu kredit sebagai keperluan imigrasi Anda.

Pastikan Anda telah menyiapkan berkas-berkas minimal enam bulan sebelum pendaftaran dibuka. Karena menyiapkan berkas-berkas ini dapat menyita waktu, jadi jangan sampai Anda telat mengurusnya.

4. Kemampuan Beradaptasi dengan Budaya Baru

Hal yang tidak kalah penting tentang persiapan kuliah di luar negeri adalah mempelajari kebiasaan dan budaya negara yang Anda tuju.

Dengan mengetahui informasi mengenai kebiasaan dan budaya penduduk negara tersebut, Anda akan lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan baru nantinya.

Coba cari tahu juga mengenai cara bertahan hidup di negara tujuan Anda. Informasi mengenai jumlah musim dan cuaca menjadi sangat krusial untuk mempersiapkan perlengkapan apa saja yang harus Anda bawa.

5. Mempersiapkan Diri untuk Tes Bahasa (TOEFL & IELTS)

Demi kelancaran perkuliahan Anda nantinya, tentu Anda harus menguasai bahasa asing yang digunakan sebagai pengantar kuliah.

Sebagian besar universitas di luar negeri membutuhkan hasil tes kecakapan bahasa sebagai salah satu syarat penerimaan. Tentunya setiap universitas memiliki preferensi tes dan standar penilaian yang berbeda-beda.

Cari tahu standar penilaian yang ditetapkan oleh universitas tujuan Anda dan persiapkan diri secara matang sebelum mengambil tes kecakapan bahasa.

Tak perlu khawatir, Anda bisa mengikuti program persiapan tes bahasa seperti TOEFL dan IELTS di Luminous Learning Centre dengan harga yang terjangkau!

Itu dia beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk persiapan kuliah di luar negeri. Semoga bermanfaat!

Related Articles:

Back to Blog

Enroll Now

    Kelas yang Diminati

    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

      What Can We Do for You?

      Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai courses yang tersedia dan fleksibiltas metodologi belajar, silakan isi form dibawah ini untuk selanjutnya dihubungi oleh team representative Luminous Learning Centre.

      Contact Us

      Luminous Learning Centre

      Jl. Cikajang no. 17, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12170

      info@learnwithluminous.com

      +62 21 2708 3411

      +62 851 5673 7210

      Hours:

      Monday-Friday: 10:00–19:00 Saturday: 09:00–15:00 Sunday: Closed

      Get in Touch

        Kelas yang Diminati

        This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

        ×

        Powered by WhatsApp Chat

        ×