toefl vs toeic

Apa Perbedaan Tes TOEFL dan Tes TOEIC?

Apa Perbedaan Tes TOEFL dan Tes TOEIC? 1016 572 luminouscw

Bahasa Inggris telah lekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Banyak kegiatan yang menggunakan yang biasa kita lakukan bahasa Inggris, mulai dari berkomunikasi, menonton film, mendengarkan musik dan lain-lain. Bahkan saat ini untuk melanjutkan pendidikan atau mengembangkan karir pun memerlukan skill berbahasa Inggris sebagai persyaratannya. Namun, apakah Anda sudah mengetahui sejauh mana kemampuan berbahasa Inggris Anda?

Anda bisa mengikuti jenis tes tertentu untuk mengukur seberapa baik dan fasihnya bahasa Inggris Anda, misalnya TOEFL dan TOEIC.  Tapi sebelum Anda mengikuti tes, Anda juga perlu mengetahui perbedaan keduanya, untuk itu kami akan mengajak Anda berkenalan dengan TOEFL dan TOEIC terlebih dahulu.

Test of English as a Foreign Language (TOEFL)

TOEFL adalah ujian bahasa Inggris yang dilakukan untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris Anda untuk pendidikan akademis. Tes ini memiliki masa berlaku nilai selama 2 tahun saja. Terdapat tiga jenis ujian TOEFL yaitu sebagai berikut:

1. Internet Based Test (IBT)

Pilihan ini mempunyai nilai tertinggi 120 poin.Tahapan dalam ujian ini dibagi menjadi 4 bagian, diantaranya reading, listening, speaking, dan writing.

2. Computer Based Test (CBT)

Pilihan ini memungkinkan Anda untuk mengerjakan tes TOEFL langsung dari komputer. Tipe soal yang ada dalam ujian ini meliputi listening, reading, structure, dan writing. CBT ini memiliki perolehan nilai pada angka 30-300.

3. Paper Based Test (PBT)

Pada pilihan terakhir ini, tipe soalnya dibagi menjadi 4 bagian juga, yakni listening, structure and written expression, reading comprehension, dan writing. Jumlah poin yang bisa Anda raih berkisar di antara 310-667 poin.

Test of English for International Communication (TOEIC)

TOEIC adalah ujian bahasa Inggris yang dirancang untuk mereka yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-harinya. Ujian ini digunakan untuk mengukur sejauh mana seseorang mampu berkomunikasi dengan orang lain menggunakan bahasa Inggris. Untuk melaksanakan tes ini, seseorang tidak memerlukan pengetahuan atau kosakata yang khusus.

Lalu apa perbedaan diantara kedua tes ini? Simak penjelasannya di bawah ini.

Perbedaan TOEFL dan TOEIC

1. Untuk Siapa Tes Ditujukan

Tentu, TOEFL dan TOEIC memiliki kepentingan dan tujuan yang berbeda. TOEFL biasanya digunakan untuk Anda yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan di luar negeri. Sedangkan TOEIC ditujukan untuk Anda yang ingin mengukur kemampuan berbahasa Inggris pada lingkungan kerja. Tes TOEFL cocok jadi pilihan Anda apabila ingin melanjutkan pendidikan atau beasiswa. Tetapi jika untuk keperluan bekerja, maka TOEIC jadi pilihan yang tepat.

2. Format Tes

Tes TOEFL biasanya memakan waktu kurang lebih selama 4 jam. Format tes yang digunakan pada TOEFL terdiri dari 4 sesi yaitu reading, listening, speaking, dan writing.

Sedangkan TOEIC hanya memakan waktu yang cukup singkat yaitu sekitar 2 jam. Pada tes ini juga hanya dilakukan dengan 2 sesi yaitu reading dan listening saja.

3. Isi Tes

Karena tes ini bertujuan untuk pendidikan, maka topik atau materi yang ada dalam tes TOEFL adalah seputar bidang akademik dan dunia perkuliahan. Namun, pada tes ini biasanya juga membahas tentang aktivitas keseharian siswa bersama dosen atau organisasi yang diikuti.

Lain halnya dengan TOEFL, pada tes TOEIC topik atau materi yang digunakan adalah seputar dunia kerja. Misalnya membahas tentang presentasi untuk klien dan rapat.

4. Nilai / Perolehan Tes

Saat tes TOEFL, poin yang bisa Anda dapatkan mulai dari 0 sampai dengan 120 untuk setiap sesinya. Setiap universitas memiliki standarisasi yang berbeda-beda untuk nilai tes yang dianggap lolos. Tapi, biasanya nilai tes TOEFL yang menjadi standar bagi universitas adalah diatas 500.

Bila hasil TOEFL dengan angka 500 sudah bisa dikategorikan tinggi, lain halnya dengan TOEIC. Dalam tes TOEIC Anda akan mendapatkan nilai antara 5 sampai dengan 990. Agar sertifikat tes Anda berguna, nilai minimal yang harus diperoleh adalah 700.

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai perbedaan TOEFL dan TOEIC. Dalam melakukan tes ini tidak ada kata tidak lulus atau gagal, karena keduanya sama-sama digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris Anda. Namun sebelum melakukan tes tersebut, Anda harus mempersiapkan diri dengan cara membaca materi-materi dan mengerjakan latihan soal.

Jika Anda ingin belajar untuk persiapan tes TOEFL, Luminous Learning Centre jadi tempat yang cocok untuk Anda. Luminous punya program khusus persiapan tes TOEFL dengan materi pembelajaran yang lengkap, mulai dari speaking, listening, reading, hingga writing.

Mau hasil TOEFL Anda memuaskan? Yuk, buruan daftar kelas bahasa Inggris dengan harga terjangkau hanya di Luminous Learning Centre!

Related Articles:

Back to Blog

Enroll Now

    Kelas yang Diminati

    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

      What Can We Do for You?

      Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai courses yang tersedia dan fleksibiltas metodologi belajar, silakan isi form dibawah ini untuk selanjutnya dihubungi oleh team representative Luminous Learning Centre.

      Contact Us

      Luminous Learning Centre

      Jl. Cikajang no. 17, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12170

      info@learnwithluminous.com

      +62 21 2708 3411

      +62 851 5673 7210

      Hours:

      Monday-Friday: 10:00–19:00 Saturday: 09:00–15:00 Sunday: Closed

      Get in Touch

        Kelas yang Diminati

        This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

        ×