perbedaan britis english dan american english

Apa Sih Perbedaan antara British English dan American English?

Apa Sih Perbedaan antara British English dan American English? 1280 674 Luminous Learning Centre

Sebagai bahasa Internasional yang digunakan hampir di seluruh dunia, terdapat dua aksen bahasa Inggris yang paling populer, yakni British English dan American English. Penting untuk memahami kedua aksen tersebut agar tidak bingung ketika menemukan kosakata atau istilah yang berbeda. Anda mungkin bertanya-tanya apa yang membedakan antara British English dan American. Tenang saja, Artikel ini akan menjabarkan apa saja perbedaan British English dan American English.

Perbedaan British English dan American English

Meskipun Amerika dan Inggris sama-sama menuturkan bahasa Inggris, keduanya memiliki perbedaan. Perbedaan yang cukup mencolok tentu dari aksen atau pengucapan nya. Selain itu, ada aspek-aspek selain aksen yang menjadi perbedaan antara British English dan American English. Secara garis besar, perbedaan antara British English dan American English bisa Anda lihat dari aspek pengucapan, ejaan, kosakata, dan tata bahasa.

Pengucapan

Aspek pertama yang menjadi perbedaan antara British English dan American English adalah pengucapan atau aksen ketika berbicara. Jika Anda sudah terbiasa mendengarkan percakapan atau orang berbicara dalam bahasa Inggris, tentunya Anda lebih mudah untuk memahami dan membedakan aksen Amerika dan aksen British.

Perbedaan yang sangat umum antara British English dan American English adalah saat mereka mengucapkan huruf ‘r’ dalam sebuah kata. Orang Amerika biasanya mengucapkan huruf ‘r’ dalam sebuah kata dengan jelas, sedangkan orang Inggris mengucapkan huruf ‘r’ lebih halus dan hampir tidak terdengar. Namun, pengucapan huruf ‘r’ British English tersebut hanya saat terletak di akhir kata. Ketika huruf ‘r’ terletak di awal kata, orang Inggris tetap mengucapkan dengan jelas.

Ejaan

Aspek selanjutnya yang menjadi perbedaan adalah ejaan kata. Selain pengucapannya yang berbeda, beberapa kosakata dalam British English dan American English juga berbeda. Anda mungkin pernah menemukan kata color dengan colour atau center dengan centre. Selain itu, masih ada contoh kosakata yang berbeda ejaannya.

American EnglishBritish English
colorcolour
behaviorbehaviour
theatertheatre
metermetre
organizeorganise
traveledtravelled

Kosakata

Setelah pengucapan dan ejaan, aspek pembeda selanjutnya adalah kosakata. Meskipun  sama-sama bahasa Inggris, British English dan American English memiliki beberapa perbendaharaan kata yang berbeda. Misalnya, satu kosakata memiliki arti yang berbeda, atau kosakata yang berbeda namun memiliki makna yang sama. Terkadang perbedaan ini juga menimbulkan kesalahpahaman bagi masing-masing penutur jika satu kosakata memiliki arti yang berbeda. Berikut ini beberapa perbedaan kosakata antara British English dan American English.

American EnglishBritish English
apartmentflat
collegeuniversity
theatertheatre
vacationholiday
chipscrisps
(french) frieschips
the moviesthe cinema
soda / pop / coke / soft drinksoft drink / fizzy drink
sneakers / tennis shoestrainers
sweaterjumper
mailboxpostbox
band-aidplaster
drugstorechemist’s
soccerfootball
cookiebiscuit

Grammar

Selain pengucapan serta kosakata, ada juga perbedaan dalam penggunaan grammar. Berikut adalah perbedaan yang paling umum antara keduanya.

Preposition

Dalam preposisi, orang Inggris cenderung menggunakan at untuk menunjukkan waktu dan tempat, sementara orang Amerika menggunakan on.

American EnglishBritish English
I’m going to a party on the weekend.I’m going to a party at the weekend.
What are you doing on Christmas?What are you doing at Christmas?
Monday through Friday.Monday to Friday.
It’s different from/than the others.It’s different from/to the others.

Past Simple dan Present Perfect

Dalam American English, saat menjelaskan sesuatu yang baru saja terjadi, orang Amerika cenderung menggunakan past simple. Sedangkan orang Inggris menggunakan bentuk present perfect.

American EnglishBritish English
I ate too much.I’ve eaten too much.
I went to the store.I’ve been to the shop.
Did you get the newspaper?Have you got the newspaper?

Penggunaan Participle “Get”

Di Inggris, gotten sebagai bentuk past participle dari get dianggap sudah kuno dan penggunaanya diganti dengan got. Namun, orang Amerika masih menggunakan gotten sebagai past participle.

American EnglishBritish English
Get – got – gotten Get – got – got 
I haven’t gotten any news about himI have not got any news about him
You could have got hurt!You could have gotten hurt!

Bentuk Collective Nouns

Dalam British English, collective noun lebih sering dalam bentuk jamak mengacu pada sekelompok orang atau benda. Sedangkan dalam American English, collective noun selalu dalam bentuk tunggal karena menganggap sebuah kelompok atau grup sebagai satu kesatuan utuh.

American EnglishBritish English
The government is doing everything it can during this crisis.The government are doing everything they can during this crisis
My team is winning.My team are winning.
The crew is on the way to the airport.The crew are on the way to the airport.

Kata Kerja Beraturan dan Kata Kerja Tak Beraturan

Perbedaan kata kerja beraturan dan tak beraturan dalam bentuk lampau memang tidak terlalu terlihat saat diucapkan, baik dengan British English maupun American English. Tetapi, perbedaan ini akan sangat terlihat dalam bentuk tulisan.

Kata kerja tak beraturan di British English seperti leapt, dreamt, burnt, learnt, berubah menjadi leaped, dreamed, burned, learned sebagai kata kerja beraturan di American English.

Itulah pembahasan mengenai perbedaan British English dan American English. Adanya perbedaan tersebut seharusnya tidak menjadi penghalang bagi Anda untuk terus meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda.

Tertarik mempelajari lebih lanjut American English? Atau lebih tertarik untuk mempelajari British English? Yuk, langsung daftar kelas bahasa Inggris dengan harga terjangkau di Luminous Learning Centre untuk mendapatkan pengalaman pembelajaran dengan mentor-mentor berpengalaman.

Related Articles:

Back to Blog

Enroll Now

    Kelas yang Diminati

    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

      What Can We Do for You?

      Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai courses yang tersedia dan fleksibiltas metodologi belajar, silakan isi form dibawah ini untuk selanjutnya dihubungi oleh team representative Luminous Learning Centre.

      Contact Us

      Luminous Learning Centre

      Jl. Cikajang no. 17, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12170

      info@learnwithluminous.com

      +62 21 2708 3411

      +62 851 5673 7210

      Hours:

      Monday-Friday: 10:00–19:00 Saturday: 09:00–15:00 Sunday: Closed

      Get in Touch

        Kelas yang Diminati

        This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

        ×

        Powered by WhatsApp Chat

        ×