pengertian clause

Pengertian Clause dan Jenis-Jenisnya dalam Bahasa Inggris

Pengertian Clause dan Jenis-Jenisnya dalam Bahasa Inggris 736 552 Luminous Learning Centre

Dalam bahasa Inggris, belajar grammar menjadi salah satu unsur penting yang tidak boleh dilewatkan. Tentu dalam grammar terdapat berbagai rumus dan istilah yang perlu dipahami untuk merangkai kalimat dengan benar. Salah satu istilah dalam grammar bahasa Inggris yang perlu Anda pahami adalah clause. Clause cukup penting karena dalam menggunakan suatu bahasa, termasuk bahasa Inggris, kita tidak akan terlepas dari penggunaan clause. Anda mungkin penasaran mengenai pengertian clause dan bagaimana penggunaannya dalam bahasa Inggris. Yuk, langsung saja simak pembahasan artikel ini mengenai pengertian, jenis, dan penggunaan clause.

Apa Itu Clause?

Clause merupakan kumpulan kata atau sebuah kalimat yang mengandung subjek (subject) dan predikat (verb/to be). Subjek bisa berupa orang, hewan, atau benda yang melakukan tindakan tertentu, sedangkan predikat bisa berupa kata kerja yang menjelaskan subjek tersebut.

Clause bisa berupa sebuah kalimat yang bisa berdiri sendiri. Namun, ada clause yang tidak bisa berdiri sendiri menjadi sebuah kalimat dan membutuhkan clause lain sebagai pelengkap untuk menjadi sebuah kalimat.

Jenis-Jenis Clause

Secara garis besar, ada 2 jenis clause, yaitu independent clause dan dependent clause.

1. Independent Clause

Independent Clause adalah clause yang bisa berdiri sendiri menjadi sebuah kalimat. Clause ini juga disebut dengan simple sentence karena terdiri dari subjek dan predikat.

Dalam sebuah kalimat, bisa juga terdapat dua independent clause. Independent clause juga bisa disebut dengan compound sentence jika mempunyai subjek atau predikat lebih dari dua. Penggunaannya harus dihubungkan dengan connectors, seperti for, and, nor, but, or, so.

Contoh:

  1. He rides bicycle. (Kalimat tersebut merupakan independent clause dan bisa juga disebut dengan simple sentence karena terdapat subjek “he” dan predikat “rides”).
  2. I have enough money, so I want to buy a phone. (Kalimat tersebut terdiri dari dua independent clause yang dihubungkan dengan connector “so”).
  3. He went to London and visited the Lords. (Kalimat tersebut merupakan independent clause yang terdiri dari dua subjek serta dihubungkan dengan connector “and”. Kalimat tersebut disebut juga dengan compound sentence).

2. Dependent Clause

Dependent Clause tidak bisa berdiri dan membutuhkan clause lain sebagai pelengkap untuk menjadi sebuah kalimat. Jika hanya dependent clause, maka belum bisa disebut sebagai kalimat.

Untuk menjadi sebuah kalimat, dependent clause harus dihubungkan dengan independent clause menggunakan subordinator, seperti if, though, which, dan lain sebagainya.

Contoh:

  1. I had an accident when I was dating Daina. (Subordinator “when” menghubungkan dependent clause dan independent clause sehingga membentuk sebuah kalimat).
  2. He bought a luxury bag though it was too expensive. (Subordinator “though” menghubungkan dependent clause dan independent clause sehingga membentuk sebuah kalimat).

Jenis-Jenis Dependent Clause

Dalam dependent clause, terdapat tiga jenis, yaitu noun clause, adjective clause, dan adverbial clause.

1. Noun Clause

 Noun clause adalah dependent clause yang bersifat seperti noun. Noun clause biasanya diawali dengan question words seperti what, who, whom, whose, where.

Contoh:

  1. She can’t remember what she said last night. (noun clause bersifat sebagai noun)
  2. I like what I see. (noun clause bersifat sebagai noun)
2. Adjective Clause

Adjective clause adalah jenis dependent clause  yang berfungsi sebagai kata sifat. Adjective  clause biasanya terletak setelah kata benda.

Contoh:

  1. My friend who lives in Jakarta looks like an actor. (adjective clause “who lives in Jakarta” menerangkan my friend)
  2. I like the bag that you bought last year. (adjective clause “that you bought last year” menerangkan bag)
3. Adverbial Clause

Adverbial clause merupakan jenis dependent clause yang bersifat sebagai adverb yang berfungsi menjelaskan informasi tentang kata kerja, kata sifat, atau kata keterangan pada independent clause.

Contoh:

  1. My mother was cooking when I arrived. (adverbial clause “when I arrived” menjelaskan informasi tentang verb ”was cooking”)
  2. You should hit the gong until I tell you stop. (adverbial clause “until I tell you stop” menjelaskan informasi tentang verb “should hit”)

Itulah penjelasan tentang pengertian clause, jenis-jenisnya, dan contoh kalimatnya. Jika Anda ingin mempelajari bahasa Inggris lebih lanjut agar semakin jago, yuk ambil kelas bahasa Inggris di Luminous Learning Centre.

Related Articles:

Back to Blog

Enroll Now

    Kelas yang Diminati

    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

      What Can We Do for You?

      Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai courses yang tersedia dan fleksibiltas metodologi belajar, silakan isi form dibawah ini untuk selanjutnya dihubungi oleh team representative Luminous Learning Centre.

      Contact Us

      Luminous Learning Centre

      Jl. Lamandau IV no. 18
      Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12130

      info@learnwithluminous.com

      +62 21 2708 3411

      +62 851 5673 7210

      Hours:

      Monday-Friday: 10:00–19:00
      Saturday: 09:00–15:00
      Sunday: Closed

      Get in Touch

        Kelas yang Diminati

        This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

        ×