negosiasi bahasa inggris

Mahir Bernegosiasi dengan Bahasa Inggris

Mahir Bernegosiasi dengan Bahasa Inggris 1280 885 Luminous Learning Centre

Negosiasi adalah bagian penting dari bisnis dalam bahasa apa pun. Negosiator terampil akan mendapatkan hasil yang mereka inginkan sambil membuat pihak lain turut gembira.

Ikuti beberapa langkah berikut untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan dan membuat semua orang gembira saat bernegosiasi dalam bahasa Inggris.

1. Mulailah dengan hal yang positif

Jika ada suasana tegang di awal negosiasi, kurangi ketegangan dengan menyatakan secara jelas tujuan positif yang ingin dicapai setiap orang dari negosiasi.

Misalnya, jika Anda menegosiasikan harga, Anda dapat mengatakan ‘Our aim today is to find a fair price that suits both parties’.

2. Gunakan pertanyaan yang efektif

Komunikasi adalah aktivitas dua arah. Untuk mencapai kesepakatan dalam negosiasi, Anda perlu mengetahui apa yang diinginkan pihak lain.

Mengajukan pertanyaan terbuka sejak dini akan memberi kedua belah pihak kesempatan untuk mengumpulkan informasi ini.

Misalnya, Anda dapat bertanya, ‘What are you hoping to achieve today?’ Kemudian Anda dapat menyesuaikan argumen Anda untuk menjelaskan solusi yang memenuhi harapan kedua belah pihak.

3. Jangan konfrontatif

Jika menurut Anda pihak lain mencoba menipu Anda, jangan menghadapinya secara agresif, itu hanya akan membuat mereka defensif dan bahkan lebih sulit untuk dihadapi.

Sebaliknya, dekati masalah dengan cara yang lebih bermartabat. Misalnya, jika Anda merasa dibohongi atau ditipu, Anda bisa berkata, ‘I’ve come to trust you completely, but on this issue I sense some holding back’. Ini akan memberi kesempatan kepada pihak lain untuk mengatakan yang sebenarnya tanpa perlu mengakui bahwa mereka berbohong.

4. Pulihkan situasi saat menyinggung seseorang

Adanya pelanggaran akan terjadi pada tahapan tertentu dari proses negosiasi, jadi penting untuk mengetahui bagaimana memulihkan dari insiden tersebut.

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menanggapi komentar yang menyinggung dan menempatkannya dalam sudut pandang yang positif. Misalnya, ‘If I seemed sharp a few moments ago, be assured that it was only due to my determination to make this work’.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda bisa menjadi negosiator yang sukses. Negosiasi bisa menjadi proses yang panjang, jadi ingatlah untuk tetap positif dan ingat tujuan Anda untuk memastikan negosiasi Anda berhasil.

Related Articles:

Back to Blog

Enroll Now

    Kelas yang Diminati

    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

      What Can We Do for You?

      Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai courses yang tersedia dan fleksibiltas metodologi belajar, silakan isi form dibawah ini untuk selanjutnya dihubungi oleh team representative Luminous Learning Centre.

      Contact Us

      Luminous Learning Centre

      Jl. Cikajang no. 17, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12170

      info@learnwithluminous.com

      +62 21 2708 3411

      +62 851 5673 7210

      Hours:

      Monday-Friday: 10:00–19:00 Saturday: 09:00–15:00 Sunday: Closed

      Get in Touch

        Kelas yang Diminati

        This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

        ×

        Powered by WhatsApp Chat

        ×