narrative text bahasa inggris

Pengertian dan Berbagai Jenis Narrative Text dalam Bahasa Inggris

Pengertian dan Berbagai Jenis Narrative Text dalam Bahasa Inggris 763 508 Luminous Learning Centre

Apakah Anda suka membaca cerita dongeng? Pernahkah Anda membaca dongeng dalam bahasa Inggris? Jika belum, Anda perlu mencoba untuk membaca dongeng dalam bahasa Inggris. Anda juga tak perlu berpikiran bahwa dongeng hanya untuk anak kecil karena semua kalangan pun bisa menikmatinya. Dalam bahasa Inggris, cerita dongeng masuk ke dalam narrative text. Anda tentu masih ingat 13 jenis teks dalam bahasa Inggris, salah satu dari 13 jenis teks bahasa Inggris tersebut adalah narrative text.

Bagi Anda yang sedang mempelajari bahasa Inggris, Anda bisa mencoba membaca Narrative untuk membantu Anda dalam meningkatkan reading skill. Pengalaman belajar juga akan lebih menyenangkan karena selain cerita dari narrative text yang menarik, Anda juga bisa menambah kosakata baru dari cerita tersebut.

Pengertian Narrative Text

Narrative text merupakan salah satu jenis teks dalam bahasa Inggris berupa cerita khayalan untuk mengisahkan suatu cerita secara kronologis.

Cerita dalam narrative text belum tentu terbukti kebenarannya karena hanya imajinasi dari pengarang atau sekelompok masyarakat. Meskipun begitu, narrative text memiliki tujuan untuk menghibur para pembacanya serta dapat mengambil pelajaran dari cerita tersebut.

Jenis-Jenis Narrative Text dalam Bahasa Inggris

Ada beberapa jenis narrative text, antara lain:

1. Legend

Beberapa orang mendefinisikan legend sebagai cerita rakyat. Jadi, legend merupakan sebuah cerita rakyat yang dianggap telah terjadi oleh pembaca atau penulis. Biasanya, legend berupa cerita sederhana, tradisional, dan bersejarah yang berhubungan dengan asal usul sebuah tempat dan ditampilkan dalam bentuk percakapan.

2. Fable

Fable adalah sebuah cerita yang diperankan oleh karakter hewan yang bisa berbicara dan bertindak layaknya manusia.

3. Fairy Tale

Fairy tale merupakan cerita yang berhubungan dengan hal-hal ajaib. Fairy tale atau yang biasa kita kenal dengan dongeng biasanya menampilkan karakter seperti peri, kurcaci, dan raksasa.

4. Myth

Myth adalah cerita legendaris yang berkaitan dengan makhluk atau peristiwa yang belum ada dasarnya.

5. Science Fiction

Science fiction merupakan cerita khayalan yang didasarkan atas perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Struktur Narrative Text

Struktur narrative text terdiri dari serangkaian fase untuk membentuk teks secara runtut. Berikut ini struktur dari narrative text:

Orientation

Orientation merupakan paragraf pembuka narrative text. Bagian inilah yang memberikan gambaran tentang sebuah cerita, mulai dari latar belakang, pengenalan tokoh, hingga tempat dan waktu terjadinya kisah tersebut.

Complication

Complication adalah bagian yang berisikan munculnya sebuah masalah sampai masalah itu memuncak atau klimaks. Masalah tersebut biasanya dihadapi oleh karakter utama dari cerita tersebut.

Resolution

Bagian resolution menjadi akhir dari permasalahan. Bagian ini biasanya berisi solusi tentang bagaimana para tokoh menyelesaikan masalahnya. Akhir permasalahan tersebut nantinya akan mempengaruhi akhir cerita, apakah berakhir dengan bahagia atau menyedihkan.

Re-orientation

Re-orientation merupakan paragraf penutup dari narrative text. Meskipun bagian ini sifatnya opsional, biasanya terdapat pesan moral yang bisa diambil oleh pembaca serta kesimpulan untuk mengakhiri seluruh cerita.

Ciri Kebahasaan Narrative Text

  • Menggunakan past tense 
  • Menggunakan kata keterangan waktu (once upon a time, long time ago, one day, etc)
  • Menggunakan conjunction
  • Menggunakan specific character (Cinderella, Alibaba, atc)
  • Menggunakan present tense untuk direct speech

Contoh Narrative Text 

The Rabbit and The Turtle

Once upon a time, there was a rabbit that was proud of his running speed. At that time, there was a turtle walking slowly.

The rabbit went to the turtle and laughed at him because he walked very slow. The turtle felt humiliated. Then, the turtle challenged the rabbit. The turtle wanted to race with him to prove who was faster. With his arrogance, the rabbit accepted the challenge. The referee was ready to begin the race. When the race began, the rabbit raced so fast and left the turtle far away.

Halfway to the finish line, the rabbit was starving and decided to eat carrots. After that, he wanted to sleep for a while because the turtle was far from him. At the same time, the turtle kept running slow but sure until getting closer to the finish line. Then, the rabbit woke up and realized that he slept longer. The rabbit was panic and ran as fast a but the turtle had reached the finish line first.

Terjemahan narrative text di atas:

Kelinci dan Kura-Kura

Dahulu kala, ada seekor kelinci yang bangga dengan kecepatan larinya. Saat itu, ada seekor penyu yang berjalan pelan.

Kelinci menghampiri kura-kura dan menertawakannya karena dia berjalan sangat lambat. Kura-kura itu merasa terhina. Kemudian penyu menantang kelinci. Kura-kura ingin balap lari dengannya untuk membuktikan siapa yang lebih cepat. Dengan kesombongannya, kelinci menerima tantangan tersebut. Wasit pun siap memulai balapan. Saat perlombaan dimulai, kelinci lari begitu cepat dan meninggalkan penyu jauh sekali.

Di tengah perjalanan, kelinci itu kelaparan dan memutuskan untuk makan wortel. Setelah itu, ia ingin tidur sebentar karena penyu itu jauh darinya. Di saat yang sama, penyu terus berlari perlahan tapi pasti sampai mendekati garis finis. Kemudian kelinci terbangun dan menyadari bahwa dia tidur lebih lama. Kelinci panik dan berlari dengan kecepatan penuh tetapi penyu itu telah mencapai garis finis lebih dulu.

Demikianlah pembahasan mengenai narrative text, jenis-jenisnya, strukturnya, hingga contoh teks. Dengan membaca narrative text, belajar bahasa Inggris akan lebih mengasyikkan.

Jika ingin mempelajari bahasa Inggris lebih dalam, yuk ikuti kelas bahasa Inggris dengan harga yang terjangkau di Luminous Learning Centre.

Related Articles:

Back to Blog

Enroll Now

    Kelas yang Diminati

    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

      What Can We Do for You?

      Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai courses yang tersedia dan fleksibiltas metodologi belajar, silakan isi form dibawah ini untuk selanjutnya dihubungi oleh team representative Luminous Learning Centre.

      Contact Us

      Luminous Learning Centre

      Jl. Cikajang no. 17, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12170

      info@learnwithluminous.com

      +62 21 2708 3411

      +62 851 5673 7210

      Hours:

      Monday-Friday: 10:00–19:00 Saturday: 09:00–15:00 Sunday: Closed

      Get in Touch

        Kelas yang Diminati

        This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

        ×

        Powered by WhatsApp Chat

        ×