Perbedaan antara tes bahasa inggris TOEFL dan IELTS

Pilih TOEFL atau IELTS untuk Kuliah ke Luar Negeri?

Pilih TOEFL atau IELTS untuk Kuliah ke Luar Negeri? 1920 1080 Luminous Learning Centre

Apabila Anda berencana untuk kuliah ke luar negeri, istilah TOEFL atau IELTS harusnya tak asing terdengar.  Tes kecakapan bahasa Inggris merupakan salah satu tahap yang harus Anda lalui jika Anda berencana untuk melanjutkan kuliah di negara pengguna bahasa Inggris.

International English Language Test System (IELTS) dan Test of English as a Foreign Language (TOEFL) merupakan dua pilihan tes yang paling banyak diakui oleh berbagai institusi.

Kedua tes tersebut sama akuratnya dalam mengidentifikasi tingkat kefasihan bahasa Inggris dan juga telah diakui oleh ribuan institusi di seluruh dunia. Namun, IELTS dan TOEFL berlainan dalam segi pendekatan juga struktur dan kriteria pengajarannya.

Maka dari itu, ada baiknya Anda untuk menimbang secara cermat terlebih dahulu sebelum menentukan tes kecakapan bahasa Inggris yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Bacalah panduan berikut ini untuk membantu Anda dalam memilih tes bahasa Inggris yang sesuai kebutuhan Anda.

Apa itu TOEFL?

Tes TOEFL berguna untuk menilai kemampuan berkomunikasi bahasa Inggris Anda dalam ruang lingkup akademis dan pendidikan tinggi. TOEFL diterima oleh lebih dari 8.500 institusi di 130 negara, termasuk UK, USA, dan Australia.

Tes TOEFL dikelola oleh lembaga yang berbasis di Amerika Serikat yaitu Educational Testing Service, yang dilaksanakan menggunakan American English. Tes ini lebih cocok bagi Anda yang ingin berkuliah di Amerika Serikat.

Apa itu IELTS?

IELTS merupakan tes kecakapan bahasa Inggris yang umum digunakan untuk kepentingan pendidikan, keimigrasian, dan pekerjaan. IELTS diterima oleh lebih dari 10.000 institusi di 140 negara.

Berbeda dengan TOEFL, IELTS dikelola secara bersama oleh British Council, IDP seperti: IELTS Australia dan Cambridge Assessment English. Hal ini membuat IELTS menjadi tes bahasa internasional yang bisa dilaksanakan menggunakan American atau British English.

Perbedaan TOEFL dan IELTS

Terlepas dari perbedaan bahasa pengantarnya, pertanyaan-pertanyaan pada penilaian TOEFL hampir seluruhnya berbentuk pilihan ganda. Tipe pertanyaan pada tes IELTS di sisi lain lebih beragam, mulai dari isian singkat, kolom kosong, sampai dengan esai pendek.

Durasi tes IELTS lebih singkat jika dibandingkan dengan durasi tes TOEFL. Tes IELTS hanya membutuhkan waktu 2 jam 40 menit sedangkan tes TOEFL membutuhkan waktu 4 jam.

Bentuk pertanyaannya yang berbeda juga berdampak pada mode penyelesaiannya yang berbeda juga.

Tes TOEFL yang banyak menggunakan pilihan ganda mengharapkan peserta tes dapat menganalisis dan menimbang perbedaan dari beberapa pilihan dalam satu pertanyaan.

Tes IELTS lebih banyak bergantung pada hafalan dan pemahaman yang lebih luas mengingat beragamnya bentuk pertanyaan dalam tes tersebut.

Teknik Pelaksanaan Tes TOEFL dan IELTS

Listening

Tata laksana TOEFL dan IELTS sangat berlainan pada komponen listening. Tes listening TOEFL berlangsung selama 40-60 menit. Materi listening pada tes TOEFL biasanya berupa kutipan perkuliahan atau percakapan sehari-hari.

Anda harus menangkap percakapan yang diberikan secara seksama untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan. Sedangkan pada tes listening IELTS, peserta tes dapat langsung menjawab pertanyaan yang diberikan ketika percakapan berlangsung.

Reading

Penilaian reading pada kedua tes cenderung serupa. Penilaian reading pada tes TOEFL terdiri dari 3-5 bagian teks yang harus diselesaikan dalam waktu 20 menit. Teks biasanya berupa konten akademis yang akan Anda temui pada situasi perkuliahan.

Penilaian reading pada tes IELTS terdiri dari 3 bagian yang juga harus diselesaikan dalam waktu 20 menit. Teks yang dihadirkan pada tes IELTS pun berhubungan dengan kegiatan akademis, namun dengan tipe pertanyaan yang lebih beragam.

Writing

Terdapat dua bagian pada sesi writing tes TOEFL, bagian pertama berupa esai lima paragraf yang terdiri dari 300-350 kata. Pada bagian kedua, Anda akan diminta untuk menjelaskan kembali topik yang diberikan sebelumnya dengan panjang 15–225 kata.

Sesi writing pada tes IELTS juga memiliki dua bagian, bagian pertama Anda harus merangkum atau menjelaskan informasi dari sebuah grafik, tabel atau diagram. Pada bagian kedua, Anda harus menulis esai berupa opini pribadi sebanyak 200-250 kata mengenai suatu topik.

Speaking

Sesi speaking pada tes IELTS dilaksanakan secara tatap muka dengan penguji. Sedangkan sesi speaking pada tes TOEFL, Anda akan diminta untuk menjawab enam pertanyaan lewat alat rekam yang nantinya akan dikirim ke enam penguji yang berbeda.

Sesi speaking pada tes IELTS berlangsung selama 11-14 menit, sedangkan pada tes TOEFL berlangsung selama 20 menit.

Sistem Skor/Penilaian TOEFL dan IELTS

Pada tes TOEFL, sesi speaking dan writing dinilai dari penggunaan kata, gaya bahasa, dan struktur bahasa. Sedangkan IELTS memiliki kriteria pertimbangan yang lebih khusus seperti logika, kepaduan, struktur bahasa, dan kefasihan.

Penilaian pada tes IELTS menggunakan sistem band dengan kisaran 1-9. Nilai keseluruhan Anda nantinya merupakan rata-rata dari 4 penilaian terpisah (listening, writing, reading, dan speaking).

Sedangkan pada tes TOEFL,  skor diambil dari tes tunggal dengan rentang skor 310 (nilai minimum) sampai 677 (nilai maksimal).

Nah, itu dia penjelasan tentang dua tes bahasa yang sudah diakui secara internasional. Sebelum memilih untuk mengambil tes bahasa TOEFL atau tes IELTS, tentukan dahulu negara yang ingin Anda tuju ketika kuliah nanti.

Demi mendapatkan hasil terbaik ketika melaksanakan tes bahasa, ada baiknya untuk melakukan persiapan secara matang. Tenang saja, Luminous Learning Centre hadir untuk membantu Anda yang ingin melakukan tes persiapan bahasa TOEFL maupun IELTS.

Jadi kamu mau pilih tes TOEFL atau tes IELTS nih?

Related Articles:

Back to Blog

Enroll Now

    Kelas yang Diminati

    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

      What Can We Do for You?

      Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai courses yang tersedia dan fleksibiltas metodologi belajar, silakan isi form dibawah ini untuk selanjutnya dihubungi oleh team representative Luminous Learning Centre.

      Contact Us

      Luminous Learning Centre

      Jl. Lamandau IV no. 18
      Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12130

      info@learnwithluminous.com

      +62 21 2708 3411

      +62 851 5673 7210

      Hours:

      Monday-Friday: 10:00–19:00
      Saturday: 09:00–15:00
      Sunday: Closed

      Get in Touch

        Kelas yang Diminati

        This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

        ×