covid

Kosakata Baru dalam Bahasa Inggris Seputar Pandemi Corona

Kosakata Baru dalam Bahasa Inggris Seputar Pandemi Corona 880 362 Luminous Learning Centre

Saat ini, pandemi COVID-19 masih mewabah dan semakin meningkat saja orang yang terinfeksi. Dampaknya pun sangat berpengaruh di kehidupan sosial, seperti kesehatan, ekonomi, pendidikan, dan bahkan bahasa.

Banyak kosakata baru dalam bahasa Inggris yang muncul karena pandemi Corona, mulai dari istilah medis sampai istilah non-medis yang benar-benar baru. Untuk mengetahui lebih lanjut kosakata tersebut, mari simak penjelasan berikut ini.

1. Coronavirus

Coronavirus sebenarnya adalah sekelompok virus yang dapat menginfeksi mamalia dan burung. Ketika mereka pertama kali ditemukan pada tahun 1960-an, keluarga virus baru disebut “korona” (bahasa Latin untuk “mahkota” atau “karangan bunga”). Disebut sebagai korona karena bentuk selnya yang menonjol dari permukaan menyerupai lingkaran cahaya Matahari, yang dikenal sebagai korona matahari.

Pada manusia, virus corona menyebabkan infeksi yang ringan, seperti flu biasa, hingga parah, seperti virus pernapasan Timur Tengah atau MERS.

2. SARS-CoV-2

SARS-CoV-2 (Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2) atau sindrom pernapasan akut parah merupakan jenis virus corona yang menyebabkan COVID-19. Sementara itu, ada juga yang menyebutnya dengan “novel coronavirus” karena baru diketahui sejak akhir 2019.

Virus serupa juga sudah pernah ada sebelumnya dengan sebutan SARS-CoV-1, virus corona yang bertanggung jawab atas wabah SARS pada tahun 2002. Kebanyakan virus dalam kelompok ini hanya menginfeksi spesies bukan manusia, dengan kelelawar berperan sebagai sumber utama.

3. COVID-19

COVID-19 adalah virus yang disebabkan oleh jenis virus SARS-CoV-2. Nama tersebut berasal dari CO-rona-VI-rus D-isease yang ditemukan pada akhir 2019. Nama resmi COVID-19 dan SARS-CoV-2 masing-masing untuk penyakit dan virus tersebut dikeluarkan oleh WHO pada 11 Februari 2020.

4. Epidemic

Epidemic atau epidemi merupakan penyebaran penyakit yang cepat ke sejumlah besar orang melebihi perkiraan normal dan dalam waktu singkat. Epidemi terbaru termasuk penyebaran Ebola di Afrika Barat dan epidemi virus Zika di Amerika Selatan dan Tengah.

5. Pandemic

Pandemic atau pandemi adalah epidemi yang telah menyebar ke beberapa negara dan benua dan mempengaruhi sebagian besar populasi global. Pandemi sebelumnya termasuk pandemi H1N1 2009 dan pandemi influenza 1918.

6. Outbreak

Hampir sama seperti epidemi, outbreak terjadi di wilayah geografis yang lebih terbatas dan mempengaruhi beberapa wilayah di sekitarnya.

7. Asymptomatic

Asymptomatic adalah orang yang tidak menunjukkan gejala meskipun telah terinfeksi virus. Salah satu tantangan virus corona ini adalah seseorang yang tidak memiliki gejala masih dapat menularkan virus kepada orang lain. Hal ini mempersulit upaya pencegahan virus karena tanpa disadari dapat menulari orang lain.

8. Droplet Transmission

Istilah ini digunakan untuk menjelaskan bakteri atau virus yang berjalan melalui percikan air liur. Percikan tersebut dihasilkan melalui batuk, bersin, atau berbicara dan dapat dihirup atau mendarat di mulut, hidung, atau mata orang di dekatnya. Droplet ini dapat diantisipasi dengan menggunakan alat pelindung diri, termasuk masker wajah, pelindung wajah, atau kacamata.

9. Social Distancing

Social distancing atau menjaga jarak antar manusia dapat membantu mencegah penyebaran virus. Salah satu tujuannya adalah untuk mengurangi kerumunan orang yang melakukan kontak dekat berpotensi menularkan virus.

Contoh tindakan jarak sosial termasuk menutup sekolah, membatalkan pertemuan massal, dan menghimbau orang untuk tidak bepergian keluar rumah jika tidak ada keadaan yang mendesak.

10. Contact Tracing

Pelacakan adalah proses yang digunakan oleh pejabat kesehatan masyarakat untuk mengidentifikasi orang-orang yang telah melakukan kontak dengan seseorang yang terinfeksi.

Tujuannya adalah untuk menguji, memantau, atau melacak potensi infeksi baru dan menghentikan penyebaran virus dengan mengisolasi mereka yang berpotensi terinfeksi. Proses ini biasanya dilakukan melalui wawancara untuk mempelajari pergerakan pasien dan orang yang berinteraksi.

11. Lockdown

Lockdown adalah tindakan yang diberlakukan oleh pemerintah untuk mencegah orang datang atau meninggalkan suatu wilayah dalam upaya mengendalikan wabah penyakit.

Sebagai contoh, Wuhan juga memberlakukan lockdown saat pertama kali wabah terjadi untuk mengurangi penyebaran virus corona. Istilah tersebut juga disebut dengan istilah Perancis cordon sanitaire, dimana jalan dan jembatan ke kota diblokir oleh untuk mencegah penyebaran virus.

12. Quarantine

Quarantine atau karantina merupakan pemisahan orang, hewan, atau barang untuk mencegah kemungkinan penyebaran virus. Umumnya, karantina ini diberlakukan selama 14 hari sampai 40 hari. Quarantine sendiri berasal dari bahasa Italia quaranta giorni, yang berarti 40 hari.

13. Self-isolation/Self-quarantine

Istilah ini digunakan untuk seseorang yang mengisolasi dirinya secara mandiri untuk membantu mencegah penyebaran penyakit.

14. Coronaspeck

Istilah ini berasal dari bahasa Jerman yang mengacu pada berat badan yang didapat setelah makan berlebihan. Dalam situasi seperti ini, coronaspeck digunakan untuk menggambarkan orang-orang yang mengalami kenaikan berat badan karena hanya berdiam diri di rumah.

15. Zumped

Ini adalah istilah baru yang lahir karena pandemi COVID-19 yang menjelaskan tentang putusnya hubungan seseorang melalui video call.

16. Zoom Bombing

Istilah ini mengacu pada kehadiran yang tidak diinginkan dari seseorang di obrolan video, biasanya saat rapat Zoom. Istilah ini digunakan untuk mendeskripsikan orang yang benar-benar asing memasuki rapat kantor.

17. Spendemic

Kata ini diciptakan oleh The New York Times yang mengacu pada peningkatan belanja online selama pandemi COVID-19. Diberlakukannya pembatasan sosial membuat beberapa orang menggunakan layanan online untuk berbelanja.

18. Coronials

Coronials adalah istilah yang digunakan untuk bayi yang akan lahir setelah diisolasi. Istilah ini mulai menjadi trending di media sosial ketika para pengguna bertanya-tanya apakah pandemi dapat menyebabkan peningkatan angka kelahiran karena lebih banyak waktu dihabiskan di rumah.

19. Quaranbaking

Situasi pandemi COVID-19 membuat orang lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah. Sehingga mereka mencari kegiatan yang dapat mengisi waktu saat berada di rumah. Muncullah istilah Quaranbaking yang sempat tren di media sosial. Istilah ini mendeskripsikan tentang tindakan terapeutik memanggang selama lockdown.

Demikian penjelasan tentang kosakata baru dalam bahasa Inggris yang muncul sejak pandemi corona. Berbagai kosakata baru bahasa Inggris tersebut tentunya sangat bermanfaat untuk menambah wawasan dan agar lebih waspada juga dengan situasi pandemi ini.

Jika Anda ingin mempelajari bahasa Inggris lebih lanjut agar semakin jago, yuk ambil kelas bahasa Inggris dengan harga yang terjangkau di Luminous Learning Centre!

Related Articles:

Back to Blog

Enroll Now

    Kelas yang Diminati

    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

     

      What Can We Do for You?

      Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai courses yang tersedia dan fleksibiltas metodologi belajar, silakan isi form dibawah ini untuk selanjutnya dihubungi oleh team representative Luminous Learning Centre.

      Contact Us

      Luminous Learning Centre

      Jl. Cikajang no. 17, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12170

      info@learnwithluminous.com

      +62 21 2708 3411

      +62 851 5673 7210

      Hours:

      Monday-Friday: 10:00–19:00 Saturday: 09:00–15:00 Sunday: Closed

      Get in Touch

        Kelas yang Diminati

        This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

        ×

        Powered by WhatsApp Chat

        ×