istilah hukum bahasa inggris

Kumpulan Istilah Hukum dalam Bahasa Inggris

Kumpulan Istilah Hukum dalam Bahasa Inggris 1432 923 Luminous Learning Centre

Istilah-istilah hukum tentu sudah tidak asing lagi bagi orang yang mempunyai latar belakang di bidang hukum. Meski begitu, istilah tersebut juga perlu dipelajari oleh siapapun, tak terkecuali bagi Anda yang sedang mempelajari bahasa Inggris.

Istilah hukum merupakan materi yang sangat penting karena di kehidupan sehari-hari tentu Anda harus mematuhi aturan atau hukum yang berlaku. Namun, Bagaimana jika istilah tersebut berasal dari bahasa Inggris?

Anda tak usah khawatir karena artikel ini akan menjelaskan beberapa istilah hukum dalam bahasa Inggris.

1. Admissible

Admissible merupakan istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan alat bukti yang dapat dipertimbangkan oleh hakim dalam kasus perdata dan pidana selama proses persidangan.

2. Affirmed

Dalam pengadilan banding, istilah ini berarti pengadilan banding telah menyimpulkan bahwa putusan dari pengadilan yang lebih tinggi terhadap pengadilan rendah adalah benar.

3. Answer

Answer adalah pernyataan resmi secara tertulis dari tergugat dalam kasus perdata yang menanggapi pengaduan, yang menjelaskan dasar pembelaan. Pernyataan ini juga mengindikasikan sebuah penolakan dari fakta-fakta yang disampaikan oleh penggugat.

4. Appeal

Appeal merupakan sebuah permintan yang dibuat setelah persidangan oleh pihak yang kalah dalam satu kasus atau lebih. Untuk menentukan apakah keputusan itu benar, pengadilan yang lebih tinggi akan meninjau keputusan tersebut.

Membuat permintaan seperti itu disebut juga dengan “mengajukan banding”, sedangkan orang yang mengajukan banding disebut “pemohon banding.”

5. Assets

Assets merupakan semua jenis properti yang berhubungan dengan sebuah kasus. Properti tersebut termasuk harta atau kekayaan pribadi, baik yang berwujud maupun tidak berwujud.

6. Bail

Sebelum persidangan, seseorang yang dituduh melakukan kejahatan akan diberkan jaminan keamanan untuk memastikan yang bersangkutan hadir pada persidangan. Jaminan semacam itu juga disebut dengan ikatan jaminan yang diserahkan atas nama terdakwa atau tergugat untuk memastikan kehadirannya dipengadilan setelah bebas dari penjara.

7. Brief

Brief merupakan pernyataan singkat secara tertulis yang diajukan dalam persidangan atau proses banding. Pernyataan tersebut berisi ringkasan fakta yang menjelaskan argumen hukum yang bersangkutan.

8. Contract

contract

Contract atau kontrak adalah kesepakatan secara lisan dan tertulis antara dua orang atau lebih yang menimbulkan kewajiban untuk melakukan atau tidak melakukan hal tertentu.

9. Court

Badan pemerintah yang berwenang untuk menyelesaikan sengketa hukum. Para hakim terkadang menggunakan “pengadilan” untuk menyebut diri mereka sebagai orang ketiga, seperti dalam “pengadilan telah membaca laporannya.”

10. Court Reporter

Court reporter merupakan pejabat pengadilan yang membuat rekaman dari semua fakta dan argumen yang dikatakan di pengadilan. Kemudian, court reporter akan membuat transkrip dari persidangan jika diminta.

11. De Facto

De facto merupakan istilah yang berasal dari bahasa Latin, yang berarti sebenarnya atau fakta. Sesuatu yang ada dan nyata tetapi bukan sebagai masalah hukum.

12. Declaratory Judgment

Declaratory Judgment adalah pernyataan hakim tentang hak seseorang. Misalnya, penggugat dapat meminta putusan deklarasi bahwa undang-undang tertentu melanggar beberapa hak konstitusional.

13. Defendant

Dalam kasus perdata, orang atau organisasi yang digugat oleh penggugat; dalam kasus pidana, orang yang dituduh melakukan kejahatan tersebut.

14. Evidence

Evidence merupakan bukti atau Informasi yang disajikan dalam kesaksian atau dalam dokumen yang digunakan untuk membujuk pencari fakta (hakim) untuk memutuskan kasus tersebut demi satu pihak atau pihak lain.

15. Judge

judge

Judge atau hakim merupakan pejabat dengan wewenang untuk memutuskan tuntutan hukum. Secara umum, istilah hakim juga bisa merujuk pada semua pejabat pengadilan, termasuk hakim agung.

Demikianlah pembahasan mengenai istilah-istilah hukum dalam bahasa Inggris. Selain menambah wawasan baru mengenai hukum, Anda juga dapat menambah kosakata bahasa Inggris.

Bagi Anda yang ingin mempelajari bahasa Inggris lebih dalam, Anda bisa ikuti kelas bahasa Inggris di Luminous Learning Centre.

Related Articles:

Back to Blog

Enroll Now

    Kelas yang Diminati

    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

      What Can We Do for You?

      Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai courses yang tersedia dan fleksibiltas metodologi belajar, silakan isi form dibawah ini untuk selanjutnya dihubungi oleh team representative Luminous Learning Centre.

      Contact Us

      Luminous Learning Centre

      Jl. Lamandau IV no. 18
      Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12130

      info@learnwithluminous.com

      +62 21 2708 3411

      +62 851 5673 7210

      Hours:

      Monday-Friday: 10:00–19:00
      Saturday: 09:00–15:00
      Sunday: Closed

      Get in Touch

        Kelas yang Diminati

        This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

        ×