film untuk belajar bahasa inggris

Film yang Bagus untuk Belajar Bahasa Inggris

Film yang Bagus untuk Belajar Bahasa Inggris 1503 845 Luminous Learning Centre

Belajar bahasa Inggris dengan menonton film bisa menjadi alternatif yang seru dan menyenangkan lho. Anda bisa mendengarkan secara langsung bagaimana penutur asli berbicara dalam bahasa Inggris.

Dengan menonton film, Anda akan tahu pengucapan sebuah kata atau kalimat melalui aktornya. Apalagi jika menonton film Amerika atau Inggris, Anda akan mendengar banyak aksen berbeda yang digunakan dalam film. Selain itu, Anda juga bisa sekaligus mempelajari budaya dari bahasa tersebut karena budaya dan bahasa sangat erat kaitannya.

Ada banyak film bagus yang bisa dijadikan bahan untuk belajar bahasa Inggris. Namun, Anda mungkin bingung untuk menemukan film mana yang cocok untuk belajar bahasa Inggris.

Jangan khawatir, kami akan memberikan rekomendasi film yang bagus untuk membantu Anda belajar bahasa Inggris. Langsung saja, mari simak pembahasan berikut ini.

1. Toy Story

Toy Story merupakan salah satu film tersukses yang dibintangin oleh Tom Hanks sebagai pengisi suara dari karakter utama Woody.

Film animasi seperti Toy Story adalah salah satu film yang bagus untuk meningkatkan bahasa Inggris. Film animasi biasanya ditujukan untuk anak-anak sehingga akan ada kosakata yang sederhana dan mudah dipahami. Meski begitu, Toy story juga menyajikan humor yang mungkin hanya dipahami oleh orang dewasa.

Salah satu alasan Toy Story menjadi fillm yang bagus untuk belajar bahasa Inggris karena ada banyak bahasa gaul Amerika yang digunakan. Misalnya, dalam satu cuplikan terdapat frase “Doodle Pad”, yaitu mainan yang bisa Anda digambar. Contoh lainnya saat Woody mengatakan “how ya doin’?” yang berarti “how are you doing?” atau “Apa kabar?”

2. The King’s Speech

Film The King’s Speech dirilis tahun 2010 dan langsung menjadi salah satu film yang sukses di tahun 2010. Dibintangi oleh Colin Firth sebagai King George VI, film ini menceritakan King George yang mencoba untuk mengatasi kegagapan. Gagap adalah masalah yang dialami seseorang saat bicara dengan mengulang-ulang kata, sehingga penyampaiannya tidak lancar.

Film ini adalah film yang bagus untuk meningkatkan pelafalan karena keseluruhan film berfokus pada cara berbicara bahasa Inggris dengan benar. Dibandingkan dengan Toy Story, film ini tentu bahasanya sedikit rumit dan bahkan terdapat beberapa bahasa kasar. Sebagai contoh, terdapat istilah “divine right” yang berarti Tuhan telah memberi Raja tugas untuk memimpin Inggris.

3. Harry Potter

Harry Potter merupakan film dari Inggris yang menjadi favorit banyak orang. Kental dengan British accent, film ini sangat cocok jika Anda ingin mempelajari aksen British. Ada 8 film Harry Potter yang didasarkan pada tujuh buku karya J.K. Rowling dan Anda bisa memulainya dengan yang pertama (Harry Potter and the Sorcerer’s Stone)

Penggunaan bahasa Inggris di film ini cukup bervariasi, mulai dari yang basic hingga kata-kata magic yang ditulis oleh J.K. Rowling. Misalnya ada kata “muggle” yaitu sebuah penghinaan yang berarti “seseorang yang tidak bisa melakukan sihir”

Selain itu, Anda juga bisa menemukan perbedaan kosakata antara aksen Amerika dan aksen British. Contohnya di satu cuplikan, Hagrid mengatakan “learned” sementara Harry mengatakan “learnt”. Keduanya adalah adalah bentuk past tense dari kata learn. Learned digunakan di aksen Amerika, sedangkan learnt digunakan di aksen British.

Ada juga penggunaan bahasa gaul yang digunakan yaitu ketika Hagrid menggunakan kata ‘blimey‘ untuk mengungkapkan keterkejutan. Dalam adegan ini, dia terkejut karena Harry belum pernah mendengar tentang Hogwarts.

4. The Shawshank Redemption

Jika Anda ingin menonton film klasik berbahasa Inggris, cobalah The Shawshank Redemption. Banyak orang menganggap film ini sebagai salah satu film terbaik yang pernah dibuat dan terkenal dengan “twist ending” (akhir yang tidak terduga).

The Shawshank Redemption merupakan film yang diadaptasi dari sebuah buku yang ditulis oleh Stephen King. Film ini menceritakan kisah seorang pria kulit putih berpendidikan yang dijatuhi hukuman penjara seumur hidup karena pembunuhan. Lebih dari dua puluh tahun, dia berteman dengan seorang tahanan kulit hitam bernama Red, yang diperankan oleh Morgan Freeman.

Dengan latar cerita penjara dan kasus pembunuhan, ada banyak bahasa hukum yang digunakan dalam film ini. Dalam satu cuplikan, Red sedang menjalani ‘parole hearing’ atau sidang pembebasan bersyarat. Parole hearing merupakan pertemuan resmi untuk memutuskan apakah seorang narapidana harus dibebaskan lebih awal atau tidak.

Film ini juga banyak menggunakan bahasa gaul Amerika. Contohnya saat Red menyebut petugas penjara ‘sonny‘. Ini adalah kata informal untuk ‘anak laki-laki’, tetapi dapat digunakan untuk meremehkan seseorang.

5. The Graduate

Film The Graduate dirilis pada tahun 1967 dan menceritakan kisah seorang pemuda yang berselingkuh dengan wanita yang sudah menikah, kemudian jatuh cinta dengan putrinya.

Bagi Anda pecinta film yang sedang belajar bahasa Inggris, film ini tidak boleh Anda lewatkan. Ada banyak variasi ungkapan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Di satu cuplikan, Mrs. Robinson mengatakan for god’s sake yang merupakan cara informal untuk menunjukkan kemarahan. Ungkapan ini sedikit kasar jika digunakan di Inggris. Contoh lain saat Mrs. Robinson mengatakan “huh” yang memiliki arti sama dengan “what?”.

6. Love Actually

Jika Anda penggemar film romantis, Love Actually adalah pilihan yang tepat untuk membantu Anda belajar bahasa Inggris.

Love Actually adalah film bergenre ‘rom-com‘ atau ‘romantic comedy‘ yang berlatar di London. Artinya, film ini bisa membantu Anda mempelajari aksen Britisih, ditambah dengan dibintangi oleh Liam Neeson dengan aksen Irlandia.

Di film ini Anda akan menemukan kosakata serta frase baru. Contohnya ketika terdapat kalimat seperti this plan is “stellar”, yang berarti rencana yang “sempurna” atau “luar biasa”. Kemudian ada juga frase little hiccup yang berarti cegukan kecil. Namun, di film ini frase tersebut memiliki arti “masalah”.

7. Forrest Gump

Forrest Gump merupakan film lucu dan menarik yang dibintangi oleh Tom Hanks. Film ini menceritakan seorang pria bernama Forrest, pria baik namun kurang cerdas.

Salah satu alasan mengapa film ini bagus untuk belajar bahasa Inggris adalah karena Forrest Gump berbicara sangat lambat. Artinya, Anda akan mudah memahami percakapan dan kata-kata yang diucapkan Forrest Gump.

Sepanjang film, Forrest Gump menggunakan banyak bahasa gaul Amerika sehingga film ini juga bagus untuk belajar bahasa Inggris tingkat lanjut. Dalam satu cuplikan, dia mengatakan kata ‘ain’t‘ yang merupakan kependekan dari ‘is not at, are not, atau am not‘. Singkatan ini sering digunakan oleh orang Amerika dan sering digunakan di banyak film dan lagu Inggris.

8. Pulp Fiction

Pulp Fiction adalah film yang disutradarai oleh Quentin Tarantino—salah satu sutradara terkenal. Film-filmnya disukai banyak orang karena kreatif, tidak biasa, dan penuh adegan laga.

Pulp Fiction berlatar belakang kisah beberapa penjahat di Amerika dan diceritakan dari sudut pandang para penjahat itu sendiri. Banyak yang menganggap film ini sebagai mahakarya sinematik modern.

Film ini juga merupakan film yang bagus untuk meningkatkan bahasa Inggris Anda karena memiliki banyak dialog yang lucu dan menarik antar karakternya. Cobalah menonton film ini dengan subtitle, jeda dari waktu ke waktu dan tuliskan bahasa gaul baru yang Anda temukan.

9. The Theory of Everything

The Theory of Everything adalah ‘biopic‘, artinya menceritakan kisah nyata kehidupan seseorang, biasanya seseorang yang terkenal. Film berbahasa Inggris ini bercerita tentang Stephen Hawking, salah satu ilmuwan paling terkenal di dunia. Film ini berfokus pada hubungannya dengan Jane Wilde dan penyakitnya, yang membuatnya lumpuh.

Salah satu alasan mengapa The Theory of Everything adalah film yang bagus untuk membantu Anda belajar bahasa Inggris adalah karena karakternya memiliki aksen Inggris yang sangat jelas. Sebagian dari film ini berlatar di Universitas Cambridge, salah satu institusi akademik paling terkenal di Inggris.

Ketika Stephen Hawking menjadi lumpuh, dia harus menggunakan mesin untuk membantunya berbicara, yang berarti dia berbicara lebih lambat. Hal ini membuat film lebih mudah dipahami oleh pelajar bahasa Inggris karena karakter utamanya tidak berbicara terlalu cepat.

Film ini juga cocok untuk Anda yang ingin mempelajari bahasa Inggris tingkat lanjut karena film ini menggunakan kata-kata yang cukup sulit. Selain itu, banyak kosakata ilmiah yang bisa Anda pelajari melalui film ini.

10. Submarine

Submarine adalah film “comingofage” dengan latar di Wales yang bercerita tentang remaja yang tumbuh dewasa. Ini adalah film bagus yang perlu Anda ditonton jika ingin mendengar aksen daerah yang berbeda dalam bahasa Inggris.

Ada banyak bahasa gaul yang digunakan dalam film ini. Dalam kutipannya, Oliver menggunakan singkatan informal seperti ” cause ‘(because) dan’ gonna ‘(going to). Ungkapan tersebut sangat umum digunakan oleh penutur asli dalam percakapan sehari-hari.

Nah, itu dia beberapa film yang bagus untuk belajar bahasa Inggris. Selain seru dan menyenangkan, Anda bisa menambah kosakata dan mengetahui bagaimana cara pengucapan sebuah kata atau kalimat.

Agar kemampuan bahasa Inggris Anda meningkat, Anda mungkin membutuhkan seseorang yang bisa Anda jadikan mentor dalam belajar. Mengikuti kursus bahasa adalah salah satu cara agar Anda bisa belajar dengan bimbingan mentor. Di Luminous Learning Centre, Anda bisa mendapat bimbingan dari mentor yang berpengalaman agar proses belajar Anda terarah dan efektif.

Luminous memiliki program bahasa Inggris yang bisa Anda ikuti untuk meningkatkan kemampuan Anda. Yuk ikuti kelas bahasa Inggris di Luminous sekarang juga.

Related Articles:

Back to Blog

Enroll Now

    Kelas yang Diminati

    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

      What Can We Do for You?

      Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai courses yang tersedia dan fleksibiltas metodologi belajar, silakan isi form dibawah ini untuk selanjutnya dihubungi oleh team representative Luminous Learning Centre.

      Contact Us

      Luminous Learning Centre

      Jl. Lamandau IV no. 18
      Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12130

      info@learnwithluminous.com

      +62 21 2708 3411

      +62 851 5673 7210

      Hours:

      Monday-Friday: 10:00–19:00
      Saturday: 09:00–15:00
      Sunday: Closed

      Get in Touch

        Kelas yang Diminati

        This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

        ×