cara cepat belajar conversation bahasa inggris

Cara Cepat Belajar Conversation Bahasa Inggris 

Cara Cepat Belajar Conversation Bahasa Inggris  2240 1260 Luminous Learning Centre

Dalam lingkungan atau situasi yang terkontrol seperti di dalam kelas, mempraktikkan percakapan bahasa Inggris akan terasa mudah karena mungkin Anda sedang melatih ekspresi atau vocabulary tertentu.

Namun tidak demikian pada situasi nyata dimana jalannya percakapan akan lebih terbuka sehingga kemungkinan untuk terjadinya kesalahan-kesalahan akan lebih besar. Misalnya saja ketika Anda atau lawan bicara Anda tidak mengerti apa yang masing-masing katakan. Atau mungkin saja Anda terjebak dalam subjek percakapan yang terlalu teknis dan penuh dengan kosakata-kosakata asing.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, berikut kami hadirkan beberapa tips atau cara cepat belajar conversation bahasa Inggris, serta kendala-kendala yang sering ditemukan dalam percakapan bahasa Inggris.

Kendala yang Sering Ditemukan dalam Percakapan Bahasa Inggris

Dalam melakukan percakapan bahasa Inggris, tentu banyak situasi-situasi tidak terduga yang terkadang dapat membuat Anda panik dan akhirnya lupa akan apa yang ingin dikatakan. Demi meminimalisir hal tersebut, simak beberapa kendala yang sering ditemukan dalam percakapan bahasa Inggris dan bagaimana cara mengantisipasinya.

1. Tidak menemukan kata yang tepat

Ketika sedang berbicara bahasa Inggris, seringkali kita lupa akan kata yang harus digunakan, atau seketika sadar bahwa kita tidak mengetahui bahasa Inggris dari kata tersebut.

Namun Anda tidak perlu panik ketika berada pada situasi tersebut. Masih banyak cara lain untuk menyampaikan apa yang Anda maksud tanpa menyinggung kata yang Anda lupa tersebut. Misalnya saja dengan memberikan definisi, deskripsi, contoh, ataupun sinonim dari kata terkait.

Setelah Anda berusaha menjelaskannya, cobalah untuk mengkonfirmasi apakah mereka berhasil memahami apa yang Anda maksud dengan mengatakan “Do you know what I mean?” atau “Sorry, have I lost you?

2. Kehabisan bahan pembicaraan

Percakapan yang ideal seharusnya berjalan dua arah. Jika Anda merasa Anda terlalu mendominasi pembicaraan atau telah kehabisan bahan pembicaraan, Anda bisa memancing lawan bicara Anda untuk mengutarakan pendapat mereka dengan melemparkan pertanyaan-pertanyaan seperti “What do you think?” atau “What’s your opinion?

Tips Belajar Percakapan Bahasa Inggris

1. Jangan takut membuat kesalahan

Hal krusial yang mungkin saja Anda lupa bahwa tujuan utama Anda dalam melakukan percakapan bahasa Inggris adalah untuk menyampaikan pesan tertentu, bukan untuk berbicara menggunakan bahasa Inggris dengan grammar dan vocabulary yang sempurna.

Selain itu, lawan bicara Anda juga pasti akan memaklumi dan mencoba memahami apa yang ingin Anda katakan. Maka hal utama yang terpenting adalah berani berbicara dengan bahasa Inggris terlebih dahulu tanpa harus cemas membuat kesalahan.

2. Dengar dan Tiru

Ketika sedang mendengarkan penutur asli bahasa Inggris berbicara, seringkali kita terlalu fokus untuk mendengarkan dan memahami apa yang mereka katakan. Namun sebetulnya terdapat banyak hal lain yang bisa Anda dapatkan dan tiru dari mendengarkan lawan bicara Anda.

Selain fokus mendengarkan kata yang mereka ucapkan, coba juga untuk memerhatikan bagaimana mereka mengucapkannya. Perhatikan pola penggunaan kata atau ekspresi pada kalimat-kalimat yang mereka ucapkan, lalu tiru hal tersebut ketika Anda berbicara bahasa Inggris pada kesempatan lain. Dengan mempraktikkan hal tersebut, bahasa Inggris Anda akan terdengar lebih natural.

3. Berpikir menggunakan bahasa Inggris

Ketika Anda merangkai kalimat menggunakan bahasa Indonesia lalu mengalihbahasakannya ke dalam bahasa Inggris secara langsung, biasanya output kalimat bahasa Inggris yang dihasilkan tidak akan terdengar natural. Hal itu disebabkan karena adanya perbedaan struktur kalimat antara bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris.

Selain itu, menggunakan metode ini juga akan memperlambat Anda dalam mengutarakan sesuatu ke dalam bahasa Inggris karena diperlukan proses translasi terlebih dahulu.

Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan berlatih dan membiasakan diri untuk berpikir menggunakan bahasa Inggris. Berpikir dengan menggunakan bahasa Inggris akan mempermudah proses mental Anda dalam mencari kata yang tepat sehingga Anda dapat mengutarakan sesuatu menggunakan bahasa Inggris dengan lebih lancar.

Demikian ulasan mengenai cara cepat belajar conversation bahasa Inggris yang bisa Anda praktikkan sendiri. Namun agar mendapatkan pembelajaran yang optimal, Anda juga bisa mengikuti kelas bahasa Inggris di tempat kursus bahasa.

Di tempat kursus seperti Luminous, Anda dapat belajar bahasa Inggris mulai dari tingkat pemula hingga tingkat lanjut. Anda juga akan dibimbing oleh mentor berpengalaman yang siap membantu kemampuan bahasa Inggris Anda.

Luminous merupakan tempat kursus bahasa asing yang menyediakan kelas bahasa Inggris dengan harga yang terjangkau. Ayo tingkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda di Luminous Learning Centre!

Related Articles:

Back to Blog

Enroll Now

    Kelas yang Diminati

    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

      What Can We Do for You?

      Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai courses yang tersedia dan fleksibiltas metodologi belajar, silakan isi form dibawah ini untuk selanjutnya dihubungi oleh team representative Luminous Learning Centre.

      Contact Us

      Luminous Learning Centre

      Jl. Cikajang no. 17, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12170

      info@learnwithluminous.com

      +62 21 2708 3411

      +62 851 5673 7210

      Hours:

      Monday-Friday: 10:00–19:00 Saturday: 09:00–15:00 Sunday: Closed

      Get in Touch

        Kelas yang Diminati

        This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

        ×

        Powered by WhatsApp Chat

        ×