buku untuk belajar bahasa inggris

Rekomendasi Buku untuk Membantu Anda Belajar Bahasa Inggris

Rekomendasi Buku untuk Membantu Anda Belajar Bahasa Inggris 1280 853 Luminous Learning Centre

Membaca buku bisa menjadi salah satu alternatif paling mudah untuk belajar dan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Ada banyak jenis buku, mulai dari buku pelajaran, komik, cerpen, novel, dan sebagainya.

Beragam manfaat bisa Anda dapatkan ketika membaca buku bahasa Inggris. Anda tentu akan memperoleh kosakata baru, memahami struktur kalimat dan grammar, hingga memahami jenis gaya bahasa yang non-formal hingga formal.

Namun, Anda mungkin bingung buku mana yang sesuai dengan tingkat kemampuan Anda, entah itu pemula, menengah, atau tingkat lanjut.

Untuk menjawab kebingungan Anda, Luminous melalui artikel ini akan memberikan beberapa rekomendasi buku untuk membantu Anda belajar bahasa Inggris. Yuk, langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

Rekomendasi Buku untuk Tingkat Pemula

Green Eggs and Ham

Green Eggs and Ham bisa menjadi awalan yang baik untuk seorang pemula yang sedang mencari buku untuk belajar bahasa Inggris.

Buku karya Theodore Geisel atau Dr. Seuss tersebut menggunakan kosakata sederhana yang tentunya akan lebih mudah dipahami oleh pemula. Selain berlatih membaca bahasa Inggris, Anda juga akan mempelajari budaya di balik cerita tersebut.

The Very Hungry Caterpillar

Rekomendasi buku selanjutnya yang cocok untuk pemula adalah The Very Hungry Caterpillar, karya Eric Carle. Buku ini menceritakan tentang seekor ulat yang memakan banyak makanan.

Buku ini sangat cocok untuk pemula, terutama anak-anak. Selain bahasanya yang mudah dipahami, buku ini juga dilengkapi dengan gambar yang menggemaskan. Tentu dengan tambahan gambar, suasana membaca pun makin mengasyikkan.

Rekomendasi Buku untuk Tingkat Menengah

Charlie And The Chocolate Factory

Charlie And The Chocolate Factory karya Roald Dahl bisa menjadi rekomendasi selanjutnya untuk belajar bahasa Inggris.

Buku ini bercerita tentang seorang anak laki-laki yang memenangkan tur ke pabrik permen lokal. Bersama kakeknya, dia bertemu Willy Wonka, orang yang membuat permen. Kemudian mereka menjelajahi pabrik yang sangat aneh. Saat pemenang kontes lainnya mulai menghilang, semakin banyak pertanyaan yang muncul mengapa Willy Wonka menciptakan kontes ini.

Dahl menulis buku ini dengan kosakata bahasa Inggris yang cukup sederhana sehingga Anda bisa memahami dengan mudah jalan ceritanya. Apalagi, Dahl menambahkan ilustrasi dalam buku ini.

The House On Mango Street

Jika Anda seorang pembelajar tingkat menegah yang mencari cerita yang lebih serius, novel yang satu ini sangat cocok untuk Anda.

The House On Mango Street merupakan novel dewasa karya Sandra Cisneros yang berkaitan dengan sejumlah masalah serius. Meski begitu, bahasa yang digunakan masih cukup sederhana dan mudah untuk dipahami.

Novel ini menceritakan Esperanza Cordero, seorang gadis Meksiko-Amerika berusia 12 tahun. Ia dan keluarganya berpindah dari satu tempat ke tempat lain sepanjang hidupnya dan menetap di rumah di Jalan Mango, yang terletak di daerah Hispanik di Chicago. Selama satu tahun, Esperanza menghadapi rasisme, kematian, kekerasan seksual, dan kekerasan dalam rumah tangga.

Diary Of A Wimpy Kid

Mencari sesuatu yang lebih seru? Coba lihat seri Diary of a Wimpy Kid karya Jeff Kinney.

Buku ini menceritakan seorang anak sekolah menengah bernama Greg Heffley yang menghadapi problematika kehidupan pinggiran kota, mulai dari bullying hingga kisah percintaan.

Selain itu, buku ini juga menggunakan kosakata yang mudah dipahami dan dilengkapi dengan kombinasi gambar supaya ceritanya lebih mudah diikuti.

Rekomendasi Buku untuk Tingkat Lanjut

The Old Man And The Sea

The Old Man And The Sea karya Ernest Hemingway merupakan salah satu novel yang cukup populer, terutama bagi siswa sekolah menengah. Novel ini menceritakan seorang nelayan tua yang berjuang melawan ikan raksasa.

Ernest Hemingway dikenal dengan penulisannya yang sangat jelas dan mudah dipahami. Artinya, buku yang ia tulis bisa menjadi referensi yang baik untuk mengeksplorasi sastra Inggris tingkat lanjut.

To Kill A Mockingbird

Novel klasik lainnya yang bisa dijadikan media belajar bahasa Inggris adalah To Kill A Mockingbird. Novel karya Harper Lee ini diceritakan dari sudut pandang seorang gadis kecil berusia 6 tahun dengan latar cerita di Maycomb, Alamaba, pada tahun 1930-an.

Secara keseluruhan, novel ini membahas masalah-masalah yang sangat serius namun dengan penulisan yang jelas dan mudah dipahami. Oleh karena itu, novel ini menjadi pilihan bagus bagi orang-orang yang ingin membaca literatur dewasa.

One For The Money

Tidak semua buku untuk belajar bahasa Inggris harus berupa karya sastra klasik. Terkadang, Anda hanya ingin membaca buku yang memiliki cerita fresh dan menyenangkan. One for the Money karya Janet Evanovich termasuk salah satunya.

Buku ini menceritakan tentang seorang wanita yang menjadi pemburu hadiah untuk menghasilkan uang. Dengan cerita yang hampir seluruhnya bertema dewasa, buku ini memang tidak cocok untuk anak-anak.

Di sisi lain, buku ini seluruhnya ditulis dalam bahasa Inggris yang lebih kasual. Sehingga, penulisannya tidak terlalu sulit untuk dibaca dan Anda berkesempatan untuk mempelajari bahasa Inggris non-standar yang lebih santai.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi buku untuk membantu Anda belajar bahasa Inggris. Meski terbagi dalam beberapa kategori, tidak ada salahnya untuk membaca semua buku di atas karena makin sering membaca, makin banyak juga kosakata yang Anda dapatkan.

Agar mendapatkan pembelajaran yang optimal, Anda juga bisa sambil mengikuti kelas bahasa Inggris di tempat kursus bahasa. Di tempat kursus seperti Luminous, Anda dapat belajar bahasa Inggris mulai dari tingkat pemula hingga tingkat lanjut. Anda juga akan dibimbing oleh mentor berpengalaman yang siap membantu kemampuan bahasa Inggris Anda.

Luminous merupakan tempat kursus bahasa asing yang menyediakan kelas bahasa Inggris dengan harga yang terjangkau. Ayo tingkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda di Luminous Learning Centre!

Related Articles:

Back to Blog

Enroll Now

    Kelas yang Diminati

    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

      What Can We Do for You?

      Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai courses yang tersedia dan fleksibiltas metodologi belajar, silakan isi form dibawah ini untuk selanjutnya dihubungi oleh team representative Luminous Learning Centre.

      Contact Us

      Luminous Learning Centre

      Jl. Lamandau IV no. 18
      Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12130

      info@learnwithluminous.com

      +62 21 2708 3411

      +62 851 5673 7210

      Hours:

      Monday-Friday: 10:00–19:00
      Saturday: 09:00–15:00
      Sunday: Closed

      Get in Touch

        Kelas yang Diminati

        This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

        ×