papan belajar bahasa inggris pemula

Mau Lancar Belajar Bahasa Inggris? Ikuti 10 Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Ini!

Mau Lancar Belajar Bahasa Inggris? Ikuti 10 Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Ini! 1920 1080 Luminous Learning Centre

Sebagai seorang pemula, mempelajari bahasa baru merupakan hal yang menantang, tidak terkecuali bahasa Inggris. 

Sebagai salah satu bahasa dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia, Bahasa Inggris secara natural telah diadopsi menjadi bahasa umum dalam dunia bisnis, pendidikan, bahkan hiburan.

Hal tersebut menjadi alasan utama mengapa bahasa Inggris penting untuk dikuasai di era globalisasi ini.

Meskipun bahasa Inggris sering dianggap sebagai bahasa yang cukup sulit untuk dipelajari, namun dengan metode tepat dan komitmen yang kuat, semua orang bisa menguasainya! 

Pada artikel yang satu ini Kami akan memberikan 10 tips cara cepat belajar bahasa Inggris.

1. Mulai Perbanyak Kosakatamu 

Cara cepat belajar bahasa inggris yang pertama adalah dengan memperbanyak kosakatamu. Perbendaharaan kata yang Anda miliki menjadi acuan untuk mengekspresikan sesuatu yang ingin Anda sampaikan dalam berbahasa Inggris. Bangun kosa kata bahasa Inggris Anda dengan mencari kata baru setiap harinya. 

Usahakan untuk mengaplikasikan kata baru dalam sebuah kalimat praktis, guna mendapatkan gambaran mengenai pemakaian kata tersebut dalam dialog sehari-hari, seperti cara berikut ini:

  • Jika Anda menemukan kata baru dalam bahasa Inggris, usahakan untuk tidak langsung menggunakan translator. Gunakan kamus bahasa Inggris seperti Merriam-Webster untuk mencari definisi dari kata tersebut. Memahami definisi dari kata, akan membantu Anda untuk mengetahui makna dan konteks penggunaannya.
  • Usahakan secara disiplin untuk mempelajari 5 kosa kata per hari. 
  • Tulis kata baru tersebut bersama dengan maknanya dalam sebuah jurnal atau notebook.
  • Jika langkah di atas dilakukan secara rutin, Anda akan memiliki 35 kata tambahan tiap minggunya untuk membangun kemampuan berbahasa Inggris Anda.

Anda hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk menuntaskan kegiatan ini setiap harinya, lho…

2. Latih Kemampuan Mendengar Bahasa Inggris

Asah kemampuan mendengar bahasa Inggris Anda dengan menyimak berbagai konten bahasa Inggris sesering mungkin. Saat ini, konten bahasa Inggris bisa ditemukan di mana saja berkat kemudahan akses terhadap informasi. 

Anda bisa mendengar berita, lagu, atau podcast dalam bahasa Inggris sebagai sarana belajar. Dengan berfokus pada audio, Anda dapat mempelajari perubahan nada dan nuansa dari setiap kata yang diucapkan.

3. Perbanyak Membaca dan Mengucapkan Secara Lantang

Membaca tulisan bahasa Inggris akan membantu Anda untuk membiasakan diri dalam melihat susunan kata dalam bahasa Inggris.

Sedangkan membaca dengan lantang akan membantu Anda dalam menyesuaikan bunyi kata dengan teks yang Anda baca.

4. Nonton Film Menggunakan Subtitle 

Belajar akan lebih menyenangkan jika Anda menikmati prosesnya. Cobalah untuk memadukan proses belajar bahasa Inggris dengan kegiatan yang Anda sukai, seperti menonton film. 

Pilihlah film yang Anda sukai dan cobalah untuk menyimak lebih seksama dialog-dialog yang dimainkan para tokoh pada film tersebut. 

Nyalakan tombol subtitle bahasa Inggris, sehingga Anda dapat mengambil dan mempelajari beberapa kalimat dari film yang sedang Anda tonton.

Setelah itu jangan lupa untuk mengaplikasikan pada percakapan sehari-hari, yaa…

5. Adu Berbicara Bahasa Inggris dengan Teman

cara belajar bahasa inggris

Membiasakan diri untuk berbicara dalam bahasa Inggris sangat penting untuk melatih kemampuan sekaligus kepercayaan diri dalam melakukan percakapan berbahasa Inggris.

Ajak Temanmu untuk berbicara bersama, kembangkan dan latih terus menerus.

Percaya diri menjadi salah satu kunci agar Anda terkesan lebih natural ketika berbicara. Cobalah untuk menggunakan bahasa Inggris dalam berbagai kesempatan meskipun Anda belum terlalu fasih.

6. Jangan takut untuk Membuat Kesalahan!

Mungkin Anda pernah mengalami situasi dimana Anda ragu untuk menggunakan bahasa Inggris karena takut salah bicara atau takut diejek oleh teman. Apalagi jika Anda seorang pemula yang sedang belajar bahasa Inggris.

Hal tersebut sebetulnya sesuatu yang wajar, rasa malu biasanya menjadi alasan mengapa Anda memilih untuk menghindari situasi-situasi untuk menggunakan bahasa Inggris. Misalnya dalam mengirim email, atau memberi arahan jalan kepada seorang turis asing.

Untuk mengatasi kasus ini, Anda harus menambah kepercayaan diri dalam berbahasa Inggris. Mulailah untuk mempraktikkan apa yang telah Anda pelajari sehari-hari dan jangan terlalu fokus untuk menghindari kesalahan. 

Takut berbuat salah hanya akan menghambat proses belajar Anda. Selalu ingat bahwa Anda sedang belajar dan kesalahan merupakan hal mutlak yang dilakukan oleh seseorang yang sedang belajar bahasa Inggris. 

7. Berlatih Sesering Mungkin  

Berlatih adalah kunci agar seseorang dapat menguasai bahasa asing. Seberapa cepat Anda menguasai suatu bahasa, akan bergantung pada seberapa banyak waktu yang Anda manfaatkan untuk berlatih. 

Yuk, sisihkan sedikit waktu Anda untuk berlatih bahasa Inggris setiap hari dan disiplin terhadap jadwal berlatih Anda. 

8. Jangan Lupakan Struktur

Terlepas dari beberapa tips di atas, tetaplah ingat bahwa ada beberapa kaidah penggunaan bahasa Inggris yang dianggap benar. Memang lebih baik jika Anda tidak terlalu memikirkan struktur bahasa yang benar pada awal masa belajar. 

Namun seiring dengan bertambahnya pengetahuan, Anda juga harus lebih cermat dalam hal penggunaan struktur bahasa, pengejaan, dan pemilihan kata.

Bayangkan bahasa adalah sebuah bangunan, tanpa struktur yang kokoh maka bangunan tersebut akan mudah hancur. Grammar pada pengandaian tersebut berguna sebagai struktur pada bangunan bahasa.     

9. Konsisten

Tips yang satu ini, meskipun terbilang cukup umum namun tetap penting untuk disinggung mengingat bahasa adalah objek yang tidak bisa dipelajari secara instan. 

Konsistensi akan menjadi pijakan Anda untuk sukses dalam meraih suatu tujuan atau pencapaian. Berlatih dengan konsisten selama 15 menit setiap harinya, akan membuahkan hasil yang lebih baik jika dibandingkan dengan berlatih selama tiga jam hanya dalam satu sesi.   

10. Cari Model Kursus Bahasa Inggris yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda  

Terdapat banyak cara untuk menguasai suatu pengetahuan atau keahlian tertentu. Cobalah cari tahu tipe belajar yang Anda sukai atau metode apa yang paling cocok untuk Anda. 

Apabila Anda seorang pemula dalam belajar bahasa Inggris, ada baiknya untuk mendapatkan bimbingan dengan metode pembelajaran yang efisien.

Anda dapat memilih Luminous Learning Centre sebagai tempat les bahasa Inggris dengan harga yang terjangkau untuk meningkatkan kemampuan dan kelancaran bahasa Inggris Anda.

Luminous Learning Centre menyediakan tiga metode belajar bahasa inggris, mulai dari online, offline, dan hybrid yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kompetensi Anda.

Itu dia 10 cara cepat belajar bahasa Inggris yang bisa kamu praktikkan. Semoga bermanfaat!

Related Articles:

Back to Blog

Enroll Now

    Kelas yang Diminati

    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

      What Can We Do for You?

      Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai courses yang tersedia dan fleksibiltas metodologi belajar, silakan isi form dibawah ini untuk selanjutnya dihubungi oleh team representative Luminous Learning Centre.

      Contact Us

      Luminous Learning Centre

      Jl. Cikajang no. 17, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12170

      info@learnwithluminous.com

      +62 21 2708 3411

      +62 851 5673 7210

      Hours:

      Monday-Friday: 10:00–19:00 Saturday: 09:00–15:00 Sunday: Closed

      Get in Touch

        Kelas yang Diminati

        This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

        ×

        Powered by WhatsApp Chat

        ×