pentingnya belajar bahasa inggris jaman sekarang

8 Alasan Pentingnya Belajar Bahasa Inggris

8 Alasan Pentingnya Belajar Bahasa Inggris 1000 563 Luminous Learning Centre

Apakah Anda ragu untuk belajar Bahasa Inggris karena hanya buang-buang waktu? Menerka mau dipakai untuk apa ilmunya kalau nanti sudah fasih berbahasa Inggris? Atau Anda belum merasakan pentingnya belajar Bahasa Inggris di masa sekarang?

Tentu tidak salah jika Anda berpikiran seperti itu, kecuali jika Anda memiliki impian untuk melanjutkan studi atau tamasya ke luar negeri, bekerja di perusahaan internasional, mempelajari kebudayaan negara lain, atau ingin memperluas relasi pertemanan Anda ke tingkat internasional.

Jika salah satu impian Anda tersebut di atas, maka mempelajari Bahasa Inggris menjadi hal yang sangat penting untuk menggapai mimpi. Sebelumnya, simak dulu yuk 8 alasan pentingnya belajar Bahasa Inggris untuk Anda.

1. Bahasa Inggris Merupakan Bahasa Komunikasi Internasional

Bahasa Inggris merupakan bahasa paling umum digunakan pada kesempatan dan kegiatan internasional.

Seperti pada kegiatan maritim dan aeronotika, serta beberapa organisasi internasional (PBB, NATO, Interpol, dan Uni Eropa) menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa resmi.

2. Bahasa Inggris Membuka Peluang Karir

Mencantumkan kefasihan Anda dalam dua bahasa atau lebih pada CV, menjadi nilai lebih bagi employer lho! Terlebih jika salah satu bahasa yang Anda kuasai adalah Bahasa Inggris.

Bahasa Inggris sangat berguna dalam menunjang karir, karena sebagian besar negara maju menjadikan Bahasa Inggris sebagai bahasa resminya.

Menguasai Bahasa Inggris membuka kesempatan yang lebih besar untuk berkarir di luar negeri, jika Anda telah mencapai tingkat kefasihan tertentu dalam Bahasa Inggris.

3. Belajar Bahasa Inggris Memudahkan Anda Masuk ke Universitas Ternama di Dunia

Pentingnya fasih berbahasa Inggris untuk kuliah di luar negeri

Bahasa Inggris sering dianggap sebagai bahasa pendidikan tinggi. Oxford, Cambridge, Harvard dan MIT hanyalah sebagian kecil dari universitas papan atas yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya.

Tes kecakapan Bahasa Inggris (TOEFL & IELTS) menjadi salah satu syarat bagi Anda yang ingin mendaftar ke universitas-universitas tersebut. Jika Anda memiliki keinginan untuk menempuh studi di universitas Ivy League, maka sebaiknya Anda memulai untuk mempelajari Bahasa Inggris sedini mungkin.

4. Bahasa Inggris Meningkatkan Pengetahuan yang Luas

Tahukah Anda bahwa 55% dari halaman website yang tersedia menggunakan Bahasa Inggris? Apabila Anda tidak menguasai Bahasa Inggris, berarti Anda kehilangan akses pengetahuan yang tersedia di internet.

Bahasa Inggris merupakan bahasa yang sering digunakan pada publikasi saintifik. Bahkan dalam Science Citation Index yang dikompilasi oleh Institute for Science Information, diestimasikan 95% artikel ilmiah ditulis dalam Bahasa Inggris.

5. Salah Satu Bahasa Paling Banyak Digunakan di Dunia

Bahasa Inggris merupakan bahasa dengan pengguna terbanyak setelah Bahasa Mandarin. Diperkirakan ada 400 juta penutur asli dan 1.6 milyar orang yang mengerti Bahasa Inggris. Itu berarti lebih dari seperempat penduduk dunia menggunakan Bahasa Inggris.

6. Belajar Bahasa Inggris Memudahkan Anda Memahami Bahasa Lainnya

Inggris memiliki sejarah panjang dalam peperangan, serta invasi negara lain sehingga kebudayaannya berpengaruh dan dipengaruhi oleh negara lain juga, termasuk bahasa.

Bersinggungan dengan alasan tersebut, Bahasa Inggris juga memiliki elemen-elemen dari bahasa Latin, Jerman, Perancis, dan masih banyak lagi.

7. Bahasa Inggris Memudahkan Anda untuk Keliling Dunia

Menguasai Bahasa Inggris Membantu Anda Ketika Berpergian ke Luar Negeri

Traveling ke luar negeri tidak hanya mengandalkan seberapa matang perencanaan liburan Anda. Tetapi juga bergantung pada interaksi yang Anda lakukan dengan warga lokal.

Kemungkinan besar Anda akan membutuhkan bantuan seperti petunjuk jalan atau sekadar rekomendasi tempat wisata, sehingga diperlukan kemampuan yang cukup untuk berkomunikasi dengan mereka.

Mengingat Bahasa Inggris merupakan bahasa resmi dari 54 negara di dunia, maka perjalanan keliling dunia akan lebih mudah jika Anda memahami Bahasa Inggris.

8. Bahasa Inggris Membuka Akses Anda Menuju Pop Culture

Hampir semua film-film terlaris yang pernah tayang merupakan produksi Hollywood, yang berarti film tersebut menggunakan Bahasa Inggris. Begitupun dengan lagu-lagu pop dari penyanyi favorit Anda, semuanya ditulis dalam Bahasa Inggris.

Menguasai Bahasa Inggris akan memungkinkan Anda untuk menonton film Hollywood tanpa terganggu dengan teks subtitle. Anda juga bisa lebih dekat dengan penyanyi favorit Anda dengan mengerti makna dari lagu-lagu mereka.

Nah, sekarang Anda telah memiliki 8 alasan tambahan mengapa Anda harus menguasai Bahasa Inggris. Dengan bertambahnya alasan pentingnya belajar Bahasa Inggris, seharusnya Anda lebih termotivasi untuk belajar Bahasa Inggris.

Tunggu apa lagi? Ayo tingkatkan kemampuan Bahasa Inggris Anda melalui program Bahasa Inggris dari Luminous Learning Centre dengan harga yang terjangkau!

Related Articles:

Back to Blog

Enroll Now

    Kelas yang Diminati

    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

      What Can We Do for You?

      Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai courses yang tersedia dan fleksibiltas metodologi belajar, silakan isi form dibawah ini untuk selanjutnya dihubungi oleh team representative Luminous Learning Centre.

      Contact Us

      Luminous Learning Centre

      Jl. Cikajang no. 17, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12170

      info@learnwithluminous.com

      +62 21 2708 3411

      +62 851 5673 7210

      Hours:

      Monday-Friday: 10:00–19:00 Saturday: 09:00–15:00 Sunday: Closed

      Get in Touch

        Kelas yang Diminati

        This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

        ×

        Powered by WhatsApp Chat

        ×