tips membuat resolusi tahun baru 2021

Tips Membuat Resolusi Tahun Baru 2021

Tips Membuat Resolusi Tahun Baru 2021 708 472 Luminous Learning Centre

Tak terasa tahun 2020 akan segera berakhir. Sudah saatnya Anda untuk segera membuat resolusi baru agar di tahun 2021 bisa lebih termotivasi menjadi pribadi yang lebih baik.

Bagi sebagian orang, resolusi tahun baru bisa menjadi langkah awal untuk memulai rencana baru, kebiasaan baru, dan meraih impian. Bahkan, ada beberapa orang yang memasukkan resolusi tahun lalu yang belum terwujud ke dalam daftar resolusi baru.

Dalam membuat resolusi, beragam harapan pun muncul. Mulai dari meraih karir yang lebih baik, menurunkan berat badan, liburan ke suatu tempat, hingga mendapatkan jodoh.

Anda tentu ingin resolusinya terwujud bukan? Jangan khawatir, Luminous akan memberikan beberapa tips untuk membuat resolusi tahun baru yang bisa Anda terapkan berikut ini.

1. Realistis

Tips pertama yang perlu diperhatikan dalam membuat resolusi tahun baru adalah tentukan hal-hal yang realistis. Sangat penting untuk membuat resolusi yang realistis agar peluang terwujud lebih besar.

Misalnya, Anda memiliki resolusi untuk menguasai 5 bahasa baru, namun Anda tidak memiliki waktu luang yang cukup untuk mempelajarinya. Untuk mewujudkan hal tersebut, nampaknya masih kurang realistis.Anda bisa mulai resolusi tahun baru fokus untuk mempelajari satu bahasa terlebih dahulu.

2. Rencanakan Lebih Awal

Tips kedua yaitu membuat resolusi tahun baru lebih awal. Jangan membuat resolusi menjelang akhir tahun karena resolusi tersebut akan didasarkan pada pola pikir atau keadaan pada hari itu. Sebaliknya, resolusi tersebut bisa direncanakan di awal bulan Desember agar bisa dipikirkan dengan baik.

Dengan perencanaan resolusi yang matang, Anda bisa menentukan berbagai resolusi, mulai dari resolusi jangka pendek atau resolusi jangka panjang. Kemudian, Anda bisa mulai melakukan sesuatu untuk resolusi jangka pendek terlebih dahulu agar resolusi Anda terwujud secara bertahap.

3. Uraikan Resolusi Anda

Tips selanjutnya adalah Uraikan resolusi Anda. Untuk langkah ini, Anda perlu menjabarkan berbagai sesuatu yang harus dilakukan dan sesuatu yang tidak boleh dilakukan untuk mencapai resolusi tersebut.

Misalnya, Anda memiliki resolusi untuk menurunkan berat badan, uraikan olahraga atau exercise apa yang akan dilakukan sehari-hari dan bagaimana pola makan yang sehat.

4. Buat Daftar Komitmen

Membuat daftar komitmen mungkin bisa membantu untuk menjaga motivasi Anda tetap kuat. Buatlah daftar ini secara rutin selagi Anda berusaha mencapai resolusi. Jangan sungkan juga untuk meminta kontribusi orang lain dengan bertanya atau hanya sekedar bertukar pikiran mengenai resolusi Anda.

5. Ceritakan ke Orang Terdekat

Jangan merahasiakan resolusi Anda. Ceritakan resolusi Anda ke orang terdekat, bisa teman, sahabat, atau keluarga yang akan selalu ada untuk mendukung tekad Anda menjadi pribadi yang lebih baik.

Skenario terbaik adalah menemukan sekelompok orang yang mempunyai pengalaman yang sama dengan resolusi Anda. Anda bisa mendengar langsung bagaimana kisah perjuangan mereka untuk mencapai resolusi tersebut. Anda pun akan semakin termotivasi dan merasa jauh lebih percaya diri untuk mewujudkannya.

6. Siapkan Reward Pribadi

Jika resolusi Anda berhasil terwujud, Anda bisa menyiapkan reward pribadi untuk merayakannya. Alih-alih reward tersebut hanya membuat Anda berpuas diri, Anda justru perlu menyiapkan reward agar bisa lebih termotivasi dan konsisten melakukan hal yang sama meski resolusi tercapai.

Sebagai contoh, jika resolusi untuk menurunkan berat badan telah tercapai, Anda bisa membeli sepatu olahraga, pakaian fitness yang bagus, atau membeli peralatan fitness.

7. Pantau Resolusi Anda

Tetap pantau setiap resolusi tahun baru Anda yang telah tercapai. Resolusi jangka pendek tentu lebih mudah dipertahankan dan akan membantu Anda termotivasi. Tetap berikan reward pada setiap langkah kecil yang membantu resolusi Anda terwujud.

8. Jangan Menyerah

Jika Anda benar-benar kehabisan energi untuk mempertahankan resolusi, jangan putus asa. Tiap orang tentu mengalami fase jenuh dan itu adalah hal yang wajar. Lakukan yang terbaik yang Anda bisa setiap hari. Secara tak sadar, Anda akan kembali lagi ke komitmen awal.

Para ahli mengatakan bahwa untuk membuat aktivitas baru menjadi kebiasaan, Anda membutuhkan 21 hari. Lalu untuk membuat aktivitas tersebut menjadi bagian dari kepribadian, Anda membutuhkan waktu 6 bulan. Jadi, resolusi Anda tidak akan terjadi dalam semalam dan tetaplah berusaha dengan persisten dan sabar.

Bagaimana, sudah punya resolusi tahun baru? Apakah jago bahasa asing merupakan salah satu resolusi Anda?

Jika ya, coba untuk terapkan beberapa tips di atas ya! Anda juga bisa memulai untuk mempelajari bahasa baru lewat berbagai platform yang tersedia gratis di internet. Tetapi, jika Anda membutuhkan bimbingan dan metode belajar yang sudah terbukti efektif, Luminous Learning Centre bisa menjadi solusi untuk Anda.

Di Luminous Anda bisa mengikut berbagai program belajar bahasa seperti Inggris, Jepang, Korea, dan Mandarin dengan harga yang terjangkau. Proses belajar Anda akan dipandu oleh tutor-tutor profesional dengan menggunakan kurikulum yang sudah terbukti efektif untuk membantu Anda fasih berbahasa asing dengan lebih cepat! Yuk belajar bahasa asing di Luminous!

Related Articles:

Back to Blog

Enroll Now

    Kelas yang Diminati

    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

      What Can We Do for You?

      Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai courses yang tersedia dan fleksibiltas metodologi belajar, silakan isi form dibawah ini untuk selanjutnya dihubungi oleh team representative Luminous Learning Centre.

      Contact Us

      Luminous Learning Centre

      Jl. Cikajang no. 17, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12170

      info@learnwithluminous.com

      +62 21 2708 3411

      +62 851 5673 7210

      Hours:

      Monday-Friday: 10:00–19:00 Saturday: 09:00–15:00 Sunday: Closed

      Get in Touch

        Kelas yang Diminati

        This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

        ×

        Powered by WhatsApp Chat

        ×