jenis tipe tes toefl

3 Jenis Tes TOEFL yang Perlu Kamu Ketahui! Mana yang Lebih Mudah?

3 Jenis Tes TOEFL yang Perlu Kamu Ketahui! Mana yang Lebih Mudah? 1000 563 Luminous Learning Centre

Tes kemampuan bahasa Inggris menjadi salah satu syarat yang harus Anda penuhi untuk mendaftar ke perguruan tinggi di luar negeri. Anda pasti sudah familiar dengan beberapa jenis tes yang paling lazim seperti TOEFL, IELTS, dan TOEIC bukan?

Pemilihan dari ketiga pilihan tes tersebut biasanya bergantung pada permintaan dari universitas yang Anda tuju. Setiap universitas akan menetapkan standar tes yang berbeda-beda.

Nah, artikel kali ini akan mencoba mengulas lebih dalam mengenai salah satu dari tiga pilihan tes di atas, yaitu TOEFL! Mungkin Anda sering mendengar istilah-istilah seperti CBT, IBT, dan PBT sebagai jenis dari tes TOEFL.

Kira-kira bedanya apa sih? Jika ketiganya berbeda, lantas mana yang lebih sulit dan mana yang lebih mudah?

Tipe-Tipe Tes TOEFL

1. TOEFL CBT

Tes TOEFL CBT adalah tes TOEFL berbasis komputer. Tes jenis ini sekarang sudah tidak digunakan lagi karena sudah tergantikan oleh TOEFL IBT (internet-based computer).

2. TOEFL IBT

Tes TOEFL IBT (internet-based test) adalah format tes TOEFL yang paling lazim saat ini. Bahkan, sekitar 97% tes TOEFL saat ini diselenggarakan menggunakan format IBT.

Tes TOEFL IBT terdiri dari 4 sesi: reading, listening, speaking, dan writing. Keempat sesi tersebut dilakukan sepenuhnya menggunakan komputer yang dilengkapi dengan mikrofon.

Peserta tes tidak diperkenankan untuk berbicara kepada siapapun, atau membawa  kertas untuk mencatat.

Berbeda dengan tes kemampuan bahasa Inggris pada umumnya, tes TOEFL IBT tidak menyertakan sesi grammar dan sesi vocabulary dalam bagian penilaian.

Tes TOEFL IBT berlangsung sekitar 3-4 jam dengan pembagian sesi sebagai berikut:

SesiJumlah pertanyaanWaktu
Reading3-4 bagian, setiapnya terdiri dari 12-14 pertanyaan60-80 menit
Listening6-9 bagian, setiapnya terdiri dari 5-6 pertanyaan60-90 menit
Jeda10 menit
Speaking6 soal latihan dan 6 pertanyaan20 menit
Writing2 soal latihan dan 2 pertanyaan50 menit

 

Tes TOEFL dengan format ini memiliki skor akhir terendah 0, dan 120 sebagai skor sempurna. Setiap sesi memiliki rentang skor 0-30 poin. Nilai dari keempat sesi tersebut  kemudian digabungkan dan dikalkulasi ulang untuk menentukan skor akhir.

3. TOEFL PBT

PBT merupakan singkatan dari paper-based test. Maka jelas terlihat dari namanya bahwa jenis tes TOEFL yang satu ini adalah tes yang menggunakan kertas dan pensil. TOEFL PBT biasanya diperuntukan bagi peserta yang tinggal di daerah dan tidak memiliki akses  internet yang memumpuni.

Seiring dengan meningkatnya perluasan akses internet di berbagai daerah, Tes TOEFL dengan format PBT perlahan akan tergantikan dengan format tes lainnya.

Keseluruhan tes TOEFL PBT berlangsung selama 2.5 jam dengan pembagian sesi sebagai berikut:

SesiJumlah pertanyaanWaktu
Listening Comprehension50 pertanyaan30-40 menit
Structure and Written Expression40 pertanyaan25 menit
Reading Comprehension60 pertanyaan55 menit
Writing1 topik30 menit

 

Nilai dari tes TOEFL PBT berkisar antara 310 hingga 677, yang diakumulasikan dari tiga pembagian penilaian: listening (31-68), structure (31-68), dan reading (31-68). Berbeda dengan TOEFL CBT (computer-based test), sesi writing tidak diikutsertakan pada pengakumulasian nilai akhir. Penilaian writing pada tes TOEFL PBT dilampirkan terpisah dengan rentang nilai 0 sampai 6.

Kalkulasi skor akhir TOEFL PBT dari sesi listening, structure, dan reading tidak berdasar pada persentase dari jawaban yang benar. Melainkan, nilai akan diubah dan dikalkulasi ulang untuk mendapatkan skor akhir.

Mana Jenis Tes TOEFL yang Lebih Mudah?

Pasti Anda bertanya-tanya mana yang lebih mudah diantara kedua jenis tes TOEFL tersebut. Namun, jawaban dari pertanyaan semacam itu sebetulnya tidak relevan.

Biasanya, Anda tidak dimungkinkan untuk memilih antara tes TOEFL IBT atau PBT. Tes TOEFL PBT hanya tersedia di daerah dengan akses internet yang buruk. Jika akses internet tersedia di daerah Anda, maka jenis tes TOEFL yang digunakan adalah IBT.

Di luar dari itu, karena kedua tes terdiri dari pengasahan kemampuan dan format yang berbeda, maka akan sulit untuk membandingkan tingkat kesulitan antara keduanya.

Jika menurut Anda sesi speaking adalah momok yang menakutkan, maka Anda akan memandang PBT cenderung lebih mudah. Jika soal grammar bukanlah keahlian Anda, maka IBT akan terlihat lebih gampang.

Namun pada umumnya, kedua jenis tes TOEFL tersebut memiliki tujuan yang sama, yaitu mengukur kemampuan bahasa Inggris Anda.

Anda berencana untuk mempersiapkan diri sebelum mengambil tes bahasa? Yuk, ambil kelas persiapan TOEFL dengan harga terjangkau di Luminous Learning Centre sekarang juga!

Related Articles:

Back to Blog

Enroll Now

    Kelas yang Diminati

    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

      What Can We Do for You?

      Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai courses yang tersedia dan fleksibiltas metodologi belajar, silakan isi form dibawah ini untuk selanjutnya dihubungi oleh team representative Luminous Learning Centre.

      Contact Us

      Luminous Learning Centre

      Jl. Cikajang no. 17, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12170

      info@learnwithluminous.com

      +62 21 2708 3411

      +62 851 5673 7210

      Hours:

      Monday-Friday: 10:00–19:00 Saturday: 09:00–15:00 Sunday: Closed

      Get in Touch

        Kelas yang Diminati

        This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

        ×

        Powered by WhatsApp Chat

        ×