universitas di jepang

Ketahui Segala Informasi Seputar Persiapan Kuliah di Jepang

Ketahui Segala Informasi Seputar Persiapan Kuliah di Jepang 1000 570 Luminous Learning Centre

Jepang adalah salah satu negara terbesar di Asia. Kesuksesannya tidak hanya terletak pada etos kerja yang kuat, tetapi juga sistem pendidikannya yang berkualitas. Kini, Jepang menjadi salah satu tujuan negara yang populer untuk Anda yang ingin kuliah di luar negeri. Banyak pelajar tertarik kuliah di Jepang karena kualitas pendidikannya, namun ada yang memilih berkuliah di Jepang karena tertarik dengan kebudayaannya.

Mari kita cari tahu bersama tentang apa saja informasi yang berguna untuk Anda serta universitas dan jurusan apa yang cocok dengan minat Anda.

Kelebihan Kuliah di Jepang

Universitas Jepang menawarkan biaya kuliah yang relatif lebih rendah daripada universitas Eropa atau Amerika. Begitu juga dengan biaya kebutuhan hidupnya.

Selain itu, berbagai macam beasiswa dari pemerintah, sekolah, dan swasta tersedia untuk mahasiswa internasional. Anda bisa menanyakan program beasiswa pemerintah Jepang melalui Kedutaan Besar Jepang.

Dengan menjadi mahasiswa di Jepang, Anda tentu nantinya akan memiliki visa pelajar. Visa pelajar tersebut memungkinkan Anda untuk mengambil pekerjaan paruh waktu maksimal 28 jam per minggu. Hal ini akan menjadi kesempatan untuk lebih mengeksplorasi kehidupan masyarakat di luar kampus serta mendapatkan uang saku tambahan.

Universitas Terbaik yang Bisa Dipilih

kampus terbaik di jepang

Jepang terkenal di dunia karena inovasinya di bidang teknologi. Tentu saja, kekuatan inovasi mereka akan semakin maju seiring dengan kemajuan pendidikan akademisnya. Oleh karena itu, berikut ada beberapa universitas terbaik di Jepang untuk mahasiswa internasional.

University of Tokyo

University of Tokyo merupakan salah satu universitas terkemuka di Jepang. Universitas ini berusaha menyediakan lingkungan akademik yang beragam pada mahasiswanya untuk mengembangkan pengetahuan serta keterampilan profesional.

Tingkat penerimaan di University of Tokyo adalah 34.2% dan dengan sistem penerimaan yang semakin berkembang, seleksi penerimaannya juga akan semakin ketat. Selain itu, universitas ini menjalankan program sarjana dan pascasarjana di samping program vokasi dan beberapa program khusus.

Kyoto University

Universitas Kyoto adalah universitas tertua kedua di Jepang sekaligus menjadi salah satu universitas terbaik di Jepang. Saat ini, tingkat penerimaan Kyoto University adalah 37% dan akan semakin ketat seiring dengan berkembangnya sistem penerimaan mahasiswa baru.

Di universitas ini terdapat program sarjana, pascasarjana, dan program khusus dalam berbagai kursus. Beberapa program studi terbaik yang ada di Kyoto University antara lain Teknik, Humaniora, dan Hukum. Kyoto menawarkan tempat yang cocok pada mahasiswa internasional untuk belajar serta melakukan penelitian.

Waseda University

Waseda University didirikan tahun 1882. Waseda merupakan universitas swasta Jepang di Shinjuku, Tokyo.

Saat ini, tingkat penerimaan mahasiswa di Waseda University adalah 15%. Angka ini mencerminkan bahwa Waseda adalah salah satu destinasi impian para mahasiswa. Waseda memiliki perpustakaan yang menjadi salah satu perpustakaan terbesar di Jepang. Perpustakaan Waseda University mengoleksi 4.5 juta volume serta 46.000 publikasi.

Waseda secara konsisten mampu bersaing dengan universitas-universitas bergengsi lainnya di peringkat universitas Jepang. Salah satu saingan yang selalu bersanding sebagai universitas swasta terbaik di Jepang adalah Keio University.

Jurusan Populer yang Bisa Dipilih

Jepang merupakan salah satu negara maju terutama di bidang bisnis, teknologi, dan penelitian. Berikut adalah beberapa jurusan populer yang ditawarkan Jepang pada mahasiswanya.

Teknik

Semua sektor industri di Jepang tentu membutuhkan seorang engineer, terutama mereka yang ahli di bidangnya dan dapat berbahasa Jepang. Seperti yang kita ketahui, Jepang sangat maju di bidang teknologi. Perusahaan besar seperti Toyota, Sony, Nintendo, dan perusahaan besar lainnya juga menawarkan kesempatan bagi lulusan baru yang ingin bergabung. Karena teknologi Jepang sangat maju, banyak lowongan yang tersedia bagi engineer di bidang komputer dan robotik.

Selain itu, Jepang juga membutuhkan engineer yang ahli dalam gempa bumi. Jepang sendiri merupakan negara yang rawan gempa. Jadi, Jepang juga membutuhkan orang yang bisa memberikan solusi untuk membuat kota lebih aman dan meminimalisir dampak dari gempa bumi.

University of Tokyo, Tokyo Institute of Technology, dan Kyoto University adalah beberapa universitas yang bisa menjadi pilihan jika Anda memilih jurusan teknik.

Pendidikan

Selain maju di bidang teknologi, Jepang juga maju di bidang pendidikannya. Kualitas literasi di Jepang juga tinggi. Tak heran jika pendidikan menjadi salah satu jurusan populer bagi mahasiswa Jepang.

Di Jepang, guru yang mengajar di bidang bahasa Inggris merupakan salah satu  golongan pengajar yang mendapat bayaran tinggi. Dengan bayaran yang tinggi, terdapat banyak lowongan guru bahasa Inggris di Jepang yang menjadikannya tujuan favorit guru bahasa Inggris.

University of Tokyo juga menjadi salah satu universitas terbaik bagi Anda yang ingin meraih gelar pendidikan di Jepang.

Bisnis

Jepang juga salah satu tempat yang bisa menjadi pilihan Anda yang ingin mendapat gelar di bidang bisnis. Di Jepang, terutama gelar MBA, diminati banyak perusahaan Jepang. Mereka cukup terbuka dengan lulusan mahasiswa asing yang sudah memahami budaya Jepang.

Jika Anda ingin memilih jurusan di bidang bisnis, Waseda University dan Keio University bisa menjadi pilihan karena keduanya unggul di program bisnis.

Pilihan Akomodasi yang Beragam

Tempat tinggal yang nyaman merupakan salah satu faktor yang harus dipertimbangkan oleh mahasiswa internasional guna menunjang perkuliahan di Jepang. Ada beberapa pilihan akomodasi yang Anda perlu ketahui saat kuliah di Jepang.

Asrama

Sebagian besar universitas memiliki asrama untuk mahasiswanya di dekat kampus. Asrama yang dikelola universitas ini biasanya cukup murah. Satu kamar juga bisa dihuni oleh 2 sampai 3 orang.

Namun, tersedia juga kamar yang khusus dihuni oleh satu orang jika ada yang menginginkan privasi lebih. Tentunya kamar tersebut memiliki harga yang jauh lebih mahal. Anda bisa menanyakan informasi lebih lanjut mengenai asrama ini kepada universitas Anda.

Homestay

Tinggal bersama penduduk lokal Jepang merupakan kesempatan yang bagus untuk lebih berbaur dengan kehidupan masyarakat Jepang. Homestay memang biasanya digunakan oleh orang asing yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Jepang. Mahasiswa juga bisa mempelajari lebih dalam mengenai kebudayaan Jepang jika tinggal di Homestay.

Apartemen

Mahasiswa internasional yang kuliah di Jepang juga bisa menyewa apartemen. Mereka juga mendapat fasilitas seperti dapur, toilet, AC, serta laundry. Selain itu, Anda memiliki kebebasan untuk memiliki furniture sendiri.

Di apartemen, Anda juga bisa menemukan kamar yang digunakan bersama oleh beberapa orang serta fasilitas umum. Sama halnya dengan asrama yang dikelola oleh universitas, apartemen memiliki harga yang relatif murah jika digunakan lebih dari satu orang.

Prospek Karir Mahasiswa Lulusan Jepang

Kita tahu bahwa pendidikan Jepang cukup terbuka dengan mahasiswa asing. Begitu juga dengan perusahaan-perusahaan di Jepang. Mereka juga terbuka dengan lulusan mahasiswa asing yang ingin bekerja di Jepang.

Setelah lulus, Anda seharusnya sudah memahami dan beradaptasi dengan budaya Jepang. Hal ini akan menjadi nilai tambah saat melamar pekerjaan. Industri yang maju di Jepang seperti bisnis, teknologi, dan pendidikan banyak yang memiliki minat untuk merekrut lulusan mahasiswa asing yang paham akan budaya Jepang.

Di sisi lain, jika Anda berniat untuk kembali ke negara asal, perhatikan kualifikasi yang Anda dapat di Jepang bisa diakui di negara lain. Ada beberapa profesi yang membutuhkan sertifikasi atau lisensi, seperti dokter, engineer, atau arsitek. Anda perlu memastikan lisensi tersebut agar bisa berkarir di negara Anda atau negara lain.

Tips Kuliah di Jepang

Menempuh pendidikan di Jepang dengan bahasa serta budaya yang berbeda tentu menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa internasional. Hal yang paling utama adalah bahasa Jepang. Anda setidaknya sudah mempelajari bahasa Jepang sebelum memulai kehidupan di Jepang. Kemampuan bahasa Jepang ini sangat penting untuk berinteraksi dengan penduduk lokal di luar kegiatan kuliah.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, mahasiswa internasional diperbolehkan untuk mengambil pekerjaan paruh waktu maksimal 28 jam per minggu. Namun, jangan terlena ketika sudah bisa menghasilkan uang. Jika Anda lebih mementingkan bekerja dan melampaui batasan waktu, Anda mungkin akan dikirim kembali ke negara asal. Aturan ini dibuat untuk melindungi mahasiswa internasional agar tetap fokus dengan pendidikannya.

Nah itu dia informasi yang perlu Anda ketahui tentang kuliah di Jepang. Jepang akan terus berkembang menjadi salah satu pusat pendidikan, inovasi dan penelitian. Bukan tidak mungkin, beberapa tahun kedepan akan hadir inovasi-inovasi lainnya dari Jepang.

Tertarik kuliah di Jepang? Yuk, persiapkan diri Anda dengan mengikuti kelas bahasa Jepang dengan harga terjangkau di Luminous Learning Centre sebagai salah satu persiapan Anda kuliah di Jepang.

Related Articles:

Back to Blog

Enroll Now

    Kelas yang Diminati

    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

      What Can We Do for You?

      Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai courses yang tersedia dan fleksibiltas metodologi belajar, silakan isi form dibawah ini untuk selanjutnya dihubungi oleh team representative Luminous Learning Centre.

      Contact Us

      Luminous Learning Centre

      Jl. Cikajang no. 17, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12170

      info@learnwithluminous.com

      +62 21 2708 3411

      +62 851 5673 7210

      Hours:

      Monday-Friday: 10:00–19:00 Saturday: 09:00–15:00 Sunday: Closed

      Get in Touch

        Kelas yang Diminati

        This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

        ×

        Powered by WhatsApp Chat

        ×