peribahasa mandarin

Kumpulan Peribahasa Mandarin dan Artinya

Kumpulan Peribahasa Mandarin dan Artinya 837 558 Luminous Learning Centre

Bangsa Cina sejak dulu memang dikenal dengan perkembangannya di bidang pengobatan hingga ilmu pengetahuan. Tak heran jika muncul ungkapan seperti “Carilah ilmu sampai ke negeri Cina”. Kemajuan bangsa Cina tersebut tentu tidak lepas dari usaha serta kerja keras. Hal ini bisa menjadi contoh bagi semua orang untuk tekun dan kerja keras, termasuk Anda yang sedang belajar bahasa Mandarin. Untuk lebih memotivasi Anda menjadi pribadi yang lebih baik, simak beberapa peribahasa mandarin berikut ini. Anda juga bisa sambil belajar bahasa Mandarin juga lho.

Peribahasa Mandarin dan Artinya

1. 小洞不补,大洞吃苦。(Xiǎodòng bù bǔ, dàdòng chī kǔ)

“Jika lubang kecil tidak segera diperbaiki, lambat laun akan menjadi besar”

Peribahasa mandarin tersebut memiliki makna jika sebuah masalah tidak segera ditangani, lambat laun masalah tersebut akan semakin buruk. Jadi, segeralah memperbaiki masalah selagi masih di awal sebelum timbul masalah lainnya yang lebih buruk.

3. 三个和尚没水喝。 (Sān gè héshàng méi shuǐ hē)

“Terlalu banyak juru masak akan membuat semangkuk kaldu tumpah”

Seperti terjemahan peribahasa tersebut, dalam membuat semangkuk kaldu, tidak perlu melibatkan banyak juru masak karena hanya akan memperumit pekerjaan. Sehingga, peribahasa ini kurang lebih bermakna jika makin banyak orang, maka akan mempersulit pekerjaan dan makin lama untuk selesai.

Meski begitu, ungkapan tersebut mungkin tidak digunakan di Indonesia karena kita sangat melestarikan budaya gotong royong.

3. 留得青山在,不怕没柴烧。 (Liú dé qīngshān zài, búpà méi chái shāo)

“Selagi ada perbukitan hijau, akan ada kayu yang bisa dimanfaatkan”

Peribahasa tersebut mirip dengan ungkapan “dimana ada kehidupan, disana ada harapan”. Dalam kehidupan, semua orang pasti memiliki harapan atau bermimpi. Begitu juga dengan orang tua yang mengharapkan sejuta impian ketika anaknya lahir ke dunia.

4. 一鸟在手胜过双鸟在林。 (Yī niǎo zài shǒu shèng guò shuāng niǎo zài lín)

“Seekor burung di tangan lebih berharga layaknya dua ekor burung di semak-semak”

Peribahasa mandarin tersebut memiliki makna yang cukup mendalam, yaitu kita harus selalu bersyukur dengan apa yang dimiliki. Lebih baik mengejar satu hal yang jelas daripada mengejar banyak hal yang tidak jelas.

5. 人无完人,金无足赤。(Rén wú wánrén, jīn wú zúchì)

“Tak ada pria yang sempurna, tak ada emas yang cukup”

Tak ada seorang pun yang sempurna. Setiap manusia tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Tidak usah terlalu berharap menjadi yang sempurna atau mengharapkan seseorang yang sempurna.

6. 欲速则不达。 (Yù sù zé bùdá)

“Mereka yang terburu-buru, tak akan berhasil)

Jika Anda mengerjakan sesuatu dengan tergesa-gesa, maka Anda akan mendapatkan hasil yang kurang maksimal. Mengerjakan dengan cepat dan mengerjakan dengan tergesa-gesa tentu berbeda maknanya. Kurang lebih, itulah makna yang bisa diambil dari peribahasa tersebut.

7. 冰冻三尺,非一日之寒。 (Bīngdòng sān chǐ, fēi yīrì zhī hán)

“Dibutuhkan lebih dari satu hari untuk membekukan sungai sedalam satu meter”

Pepatah Mandarin yang satu ini mengajarkan kita untuk bersabar dalam mengerjakan sesuatu karena tak ada sesuatu yang instan. Untuk mencapai keberhasilan, berusahalah dengan keras dan nikmatilah prosesnya karena semua itu membutuhkan proses dan waktu.

8. 万事开头难。(Wànshì kāitóu nán)

“Segala sesuatu akan terasa sulit di awal”

Peribahasa tersebut mengajarkan kita untuk menjadi pribadi yang tekun karena sesuatu yang sulit di awal itu wajar. Anda perlu berlatih berulang-ulang agar terbiasa dengan hal tersebut dan menjadi semakin mudah dalam mengerjakannya.

9. 吃得苦中苦,方为人上人。 (Chī dé kǔzhōngkǔ, fāng wéi rénshàngrén)

“Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian”

Peribahasa yang satu ini jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia tentu sudah tidak asing lagi. Hampir mirip dengan peribahasa sebelumnya bahwa untuk mencapai kesuksesan harus melalui pengorbanan serta perjuangan yang panjang.

10. 守得云开见月明。 (Shǒu dé yún kāi jiàn yuèmíng)

“Lihat sampai awan terbelah untuk melihat sinar bulan”

Peribahasa mandarin ini memiliki makna bahwa dalam masalah apapun selalu ada hal baik atau hikmah yang didapat. Sesuai dengan maknanya, ungkapan ini mengajarkan kita untuk selalu mengambil pelajaran atau hal baik dari setiap masalah yang dihadapi.

11. 先到先得。(Xiān dào xiān dé)

“Orang yang pertama datang adalah orang yang berhasil”

Peribahasa mandarin ini mengajarkan kita untuk selalu tepat waktu atau sesegera mungkin dalam mengerjakan sesuatu. Ketika mengerjakan sesuatu dengan segera, maka Anda dapat mengerjakannya dengan maksimal dan hasilnya juga akan lebih memuaskan.

12. 活到老,学到老。(Huó dào lǎo, xué dào lǎo)

“Hiduplah sampai tua dan belajarlah sampai tua”

Anda tentu pernah mendengar ungkapan itu, bukan? Inti dari peribahasa mandarin itu adalah tidak ada batasan usia bagi seseorang untuk belajar.

13. 有其父,必有其子。 (Yǒuqífù,bìyǒuqízǐ)

“Seorang ayah, mirip dengan anaknya”

Dalam bahasa Indonesia, peribahasa mandarin tersebut mirip dengan “buah jatuh tidak jauh dari pohonya”. Peribahasa tersebut menggambarkan tentang seorang anak yang memiliki kemiripan dengan orang tuanya, mulai dari wajah, sifat, hingga perilaku.

14. 患难见真情。 (Huànnàn jiàn zhēnqíng)

“Dalam kesulitan, kita melihat persahabatan sejati”

Peribahasa tersebut kurang lebih memiliki makna “teman yang selalu ada dan selalu membantu saat Anda membutuhkan, ia adalah teman yang sejati.” Jadi, Anda bisa mengenal siapa teman sejati Anda saat menghadapi situasi sulit, karena tidak semua teman selalu ada untuk Anda.

15. 木已成舟,生米煮成熟饭。 (Mù yǐ chéng zhōu, Shēngmǐ zhǔ chéng shúfàn)

“Kesepakatan telah selesai, beras sudah menjadi nasi”

Peribahasa mandarin yang satu ini mungkin lebih mirip dengan “nasi telah menjadi bubur” dalam bahasa Indonesia. Sesuatu yang telah terjadi, tidak akan bisa diperbaiki lagi. Jadi, manfaatkan sesuatu dengan sebaik-baiknya selagi masih ada jika Anda tidak ingin menyesal.

Nah, itu dia kumpulan peribahasa mandarin beserta artinya. Selain mendapat wawasan baru tentang bahasa Mandarin, Anda juga bisa mendapat manfaat dari peribahasa yang telah dijabarkan. Peribahasa tersebut tentu bisa menjadi pegangan hidup Anda agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik.

Ingin mempelajari peribahasa Mandarin lebih lanjut, ayo ikuti kelas bahasa Mandarin di Luminous Learning Centre untuk meningkatkan kemampuan bahasa Mandarin Anda.

Related Articles:

Back to Blog

Enroll Now

    Kelas yang Diminati

    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

      What Can We Do for You?

      Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai courses yang tersedia dan fleksibiltas metodologi belajar, silakan isi form dibawah ini untuk selanjutnya dihubungi oleh team representative Luminous Learning Centre.

      Contact Us

      Luminous Learning Centre

      Jl. Lamandau IV no. 18
      Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12130

      info@learnwithluminous.com

      +62 21 2708 3411

      +62 851 5673 7210

      Hours:

      Monday-Friday: 10:00–19:00
      Saturday: 09:00–15:00
      Sunday: Closed

      Get in Touch

        Kelas yang Diminati

        This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

        ×