teks kanji dan pinyin bahasa Mandarin

Mengenal Penggunaan Nada dalam Bahasa Mandarin

Mengenal Penggunaan Nada dalam Bahasa Mandarin 1000 570 Luminous Learning Centre

Bahasa Mandarin dikenal sebagai bahasa tonal. Apa itu bahasa tonal?

Bahasa tonal adalah bahasa yang menggunakan tone atau nada untuk memberikan perbedaan makna pada kata yang diucapkan. Maksudnya, ketika ada dua kata yang sama, namun memiliki nada yang berbeda dan biasanya ditandai dengan tanda tertentu, maka kata tersebut memiliki pengucapan dan makna yang berbeda.

Dalam bahasa Mandarin, pengucapan nada yang tepat dan jelas akan memudahkan orang lain mengerti apa yang Anda katakan. Sebaliknya, jika penggunaan nada kurang tepat akan menimbulkan salah persepsi bagi Anda dan orang lain.

Mungkin karena Anda berbicara dengan nada Mandarin yang kurang tepat atau Anda salah menangkap apa yang diucapkan lawan bicara karena tidak memahami nada Mandarin.

Berlatih mengucapkan nada Mandarin yang baik dan benar memang bukan hal yang mudah. Anda tidak perlu memaksakan untuk menggunakannya dengan sempurna.

Setidaknya, Anda dapat memahami terlebih dahulu setiap perbedaan nada tersebut. Jangan khawatir, untuk membantu Anda memahami penggunaannya, mari simak penjelasan dari Luminous berikut ini.

5 Nada dalam Bahasa Mandarin

Bahasa Mandarin memiliki empat nada utama (nada pertama, nada kedua, nada ketiga, nada keempat) dan satu nada netral. Sebelum mempelajari lebih lanjut bahasa Mandarin, Anda perlu mengetahui cara pengucapan empat nada tersebut.

1. Nada Pertama (−)

Nada pertama dalam bahasa Mandarin merupakan nada tinggi yang datar. Saat mengucapkan nada pertama, Anda perlu untuk mempertahankan suara Anda agar tetap datar dan tinggi, tidak naik atau tidak turun. Kata atau huruf yang dilafalkan dengan nada yang datar dan tinggi biasanya diberi tanda horizontal atau tanda strip di atasnya.

Contoh:

Mā, lē, bō, yī, kōng, yū.

2. Nada Kedua ( ˊ )

Nada kedua merupakan nada tinggi. Jadi, Anda menaikkan dari nada rendah ke nada tinggi. Untuk pengucapanya sangat mirip seperti nada saat Anda bertanya. Nada kedua umumnya ditandai dengan goresan diagonal ke atas pada bagian atas huruf.

Contoh:

Má, lé, bó, yí, kóng, yú.

3. Nada Ketiga ( ˇ )

Nada ketiga di bahasa Mandarin adalah nada melengkung yang dimulai dari nada rendah, lalu turun lebih rendah lagi, kemudian naik lagi ke nada tinggi. Untuk pengucapannya mirip seperti orang yang sedang bermanja-manja. Nada ketiga memiliki tanda garis melengkung seperti huruf v kecil di atas hurufnya.

Contoh:

Mǎ, lě, bǒ, yǐ, kǒng, yǔ.

4. Nada Keempat ( ˋ )

Nada keempat adalah nada rendah. Pengucapannya dimulai dari nada tinggi kemudian turun ke nada rendah. Nada keempat ini terdengar seperti orang yang sedang marah. Kata atau huruf yang diucapkan dengan nada rendah ditandai dengan goresan diagonal ke bawah pada bagian atas huruf.

Contoh:

Mà, lè, bò, yì, kòng, yù.

  1. Nada Netral

Nada yang terakhir yaitu nada netral. Seperti namanya, nada netral tidak memiliki kontur nada seperti keempat nada lainnya. Karena tidak memiliki kontur nada, nada ini diucapkan dengan cepat tanpa memperhatikan nada. Jadi, nada ini tidak memiliki simbol atau penanda pada hurufnya.

Contoh:

Ma, le.

Nah, itulah pembahasan tentang penggunaan nada Mandarin. Seperti yang dijelaskan di awal, bahasa Mandarin merupakan bahasa tonal yang menggunakan nada untuk membedakan makna dari kata yang disampaikan. Sangat penting untuk menggunakan nada yang tepat agar lawan bicara bisa mengerti apa yang Anda sampaikan.

Untuk lebih mempelajari bahasa Mandarin lebih lanjut, ayo ikuti kelas bahasa Mandarin di Luminous Learning Centre.

Related Articles:

Back to Blog

Enroll Now

    Kelas yang Diminati

    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

      What Can We Do for You?

      Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai courses yang tersedia dan fleksibiltas metodologi belajar, silakan isi form dibawah ini untuk selanjutnya dihubungi oleh team representative Luminous Learning Centre.

      Contact Us

      Luminous Learning Centre

      Jl. Lamandau IV no. 18
      Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12130

      info@learnwithluminous.com

      +62 21 2708 3411

      +62 851 5673 7210

      Hours:

      Monday-Friday: 10:00–19:00
      Saturday: 09:00–15:00
      Sunday: Closed

      Get in Touch

        Kelas yang Diminati

        This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

        ×