maaf dalam bahasa korea

Beberapa Cara Mengucapkan Maaf dalam Bahasa Korea

Beberapa Cara Mengucapkan Maaf dalam Bahasa Korea 2240 1260 Luminous Learning Centre

Jika Anda penggemar drama Korea, Anda mungkin sering melihat terjemahan teks “maaf / maafkan aku” namun dengan ucapan dalam bahasa Korea yang justru berbeda-beda.

Nah, perbedaan pengucapan tersebut dikarenakan oleh tingkat kesopanannya. Jadi, ucapan maaf pada teman sebaya tentu akan berbeda dengan ucapan maaf ke orang yang lebih tua.

Untuk lebih jelasnya, cari tahu yuk beberapa cara mengucapkan maaf dalam bahasa Korea berikut ini.

Cara Mengucapkan Maaf dalam Bahasa Korea

죄송합니다 (joesonghamnida)

Joesonghamnida merupakan ungkapan formal yang paling umum digunakan untuk mengucapkan maaf. Anda mungkin akan sering mendengar atau menggunakan frasa ini jika berada di Korea.

Joesonghamnida dianggap sebagai cara yang paling sopan untuk mengucapkan maaf. Namun, jika Anda ingin lebih tulus dalam mengucapkannya, tambahkan너무 (neomu), yang berarti “sangat,” sebelum joesonghamnida.

Selain itu, gestur tubuh saat mengucapkan ungkapan ini juga perlu Anda perhatikan, yakni dengan sedikit menundukkan kepala saat mengucapkannya. Berbeda dengan beberapa negara di mana kontak mata sangat penting, melakukan kontak mata langsung dianggap tidak sopan di Korea. Itulah mengapa saat meminta maaf, lebih baik menundukkan kepala.

잘못했습니다 (jalmothaetseumnida)

Jalmothaetseumnida termasuk ke dalam ungkapan formal yang jika diterjemahkan memiliki arti “ini salahku”. Ungkapan ini digunakan saat Anda tahu bahwa sesuatu yang Anda lakukan benar-benar salah, dan ingin meminta maaf.

Jika Anda sedang belajar bahasa Korea, Anda perlu memperhatikan penggunaan spasi dalam ungkapan ini karena akan berbeda makna. Misalnya, 잘못 했습니다. (jalmothaetseumnida.), yang berarti “Ini salah saya, saya minta maaf,” dan 잘 못했습니다. (jal mothaetseumnida) yang berarti “Saya tidak melakukannya dengan baik.”

미안해요 (mianhaeyo)

Cara mengucapkan maaf selanjutnya adalah 미안 해요 (mianhaeyo). Ungkapan ini termasuk ke dalam cara informal untuk menyampaikan maaf dan jarang digunakan. Namun, Anda akan sering mendengar ungkapan ini dalam drama Korea.

죄송해요 (joesonghaeyo)

죄송 해요 (joesonghaeyo) memiliki arti yang sama dengan 죄송 합니다 (joesonghamnida), namun terdengar sedikit kurang formal. Anda tidak dianjurkan mengucapkan frasa ini kepada seseorang yang jauh lebih tua. Anda bisa memilih mengucapakan 죄송 합니다 (joesonghamnida) karena ungkapan tersebut bisa digunakan di berbagai situasi.

실례합니다 (sillyehamnida)

Terjemahan dari 실례 합니다 (sillyehamnida) adalah “Permisi” dalam bahasa Korea. Ungkapan tersebut juga bisa diterjemahkan sebagai “Maaf telah mengganggu.” Anda dapat menggunakan frasa ini dalam banyak situasi, misalnya ketika Anda ingin menyela seseorang.

Contoh lainnya, Anda juga bisa mengatakan 실례 합니다 (sillyehamnida) ketika ingin melewati area yang sempit, melewati kerumunan orang, atau ketika meminta seseorang untuk bergeser sedikit.

Mengatakan 실례 합니다 (sillyehamnida) saja sebenarnya sudah cukup untuk memahami maksud Anda. Tapi, jika ingin mendapatkan cukup ruang untuk melewati kerumunan, tambahkan saja 지나가 겠습니다 (jinagagetseumnida) agar lebih ekspresif.

진심으로 사과드립니다 (jinsimeuro sagwadeurimnida)

Ungkapan maaf selanjutnya adalah 진심 으로 사과 드립니다 (jinsimeuro sagwadeurimnida), yang merupakan frasa bisnis Korea. Ungkapan ini jika diterjemahkan memiliki arti “Saya ingin meminta maaf dengan tulus.”

Oleh karena itu, jika Anda berencana untuk bekerja di Korea Selatan, frasa ini akan berguna dan akan sering digunakan di lingkungan kerja. Ungkapan ini juga biasanya digunakan dalam konteks tertulis, seperti dalam email.

Di samping itu, Anda perlu memperhatikan gestur tubuh saat mengucapkan ini. Biasanya, orang yang mengucapkan frasa ini akan membungkuk lebih rendah, sekitar sembilan puluh derajat, untuk menunjukkan rasa hormat yang besar kepada lawan bicara.

용서해주세요 (yongseohaejuseyo)

용서 해주세요 (yongseohaejuseyo) memiliki arti yang sama dengan 잘못 했습니다 (jalmothaetseumnida), yaitu “ini salah saya, maafkan saya”. Bedanya, 용서 해주세요 (yongseohaejuseyo) digunakan untuk meminta pengampunan seseorang karena melakukan kesalahan (secara moral).

미안해 (mianhae)

Ungkapan yang satu ini juga sering Anda dengar dalam drama Korea, yakni 미안해 (mianhae). Mianhae adalah cara informal untuk mengatakan 잘못 했습니다. (jalmothaetseumnida.).

미안해 (mianhae) dan 미안 (mian) digunakan secara bergantian, namun perlu diingat bahwa 미안해 (mianhae) terdengar lebih sopan dan memberikan kesan bahwa Anda peduli dengan perasaan lawan bicara Anda. Di sisi lain, 미안 (mian) terdengar lebih seperti seorang anak yang meminta maaf.

미안 (mian)

Termasuk ke dalam cara informal, 미안 (mian) adalah cara paling sederhana untuk meminta maaf kepada teman-teman Anda.

Selain itu, 미안 (mian) juga bisa berarti “tidak” dalam beberapa situasi. Misalnya, saat diundang ke pesta teman Anda dan ingin menolak dengan sopan, Anda cukup mengucapkan 미안 (mian).

잠시만요 (jamsimanyo)

Cara mengucapkan maaf selanjutnya adalah 잠시만 요 (jamsimanyo) yang diterjemahkan sebagai “tolong tunggu”. Sebenarnya, ucapan ini juga bisa diartikan dengan “permisi”, sama seperti 실례 합니다 (sillyehamnida).

Bedanya, 잠시만 요 (jamsimanyo) terdengar lebih santai dan ramah dibandingkan dengan실례 합니다 (sillyehamnida) yang cenderung lebih formal.

저기요 (jeogiyo)

Cara terakhir untuk mengucapkan maaf adalah 저기요 (jeogiyo) yang berarti ‘permisi. Meski ungkapan ini berarti permisi, Anda harus berhati-hati menggunakan ini dalam konteks yang tepat karena 저기요 (jeogiyo) memiliki dua arti.

Pertama, ungkapan ini digunakan untuk menarik perhatian seseorang, biasanya untuk menyampaikan keluhan secara langsung kepada orang tersebut. Oleh karena itu, jeogiyo tidak diucapkan misalnya saat Anda melewati kerumunan orang.

Kedua, jeogiyo digunakan untuk memanggil seseorang, terutama di restoran. Meski begitu, Anda tidak dapat mengucapkan frasa ini di restoran mewah, karena 저기요 (jeogiyo) adalah cara yang sangat informal untuk menarik perhatian. Jadi, Anda cukup mengangkat tangan untuk memanggil pelayan dan tidak perlu mengatakan jeogiyo.

Nah, itu dia beberapa cara mengucapkan maaf dalam bahasa Korea yang penggunaannya berbeda tergantung tingkat kesopanan.

Untuk lebih memahami cara mengucapkan maaf dan berbagai ungkapan Korea lainnya, Anda bisa belajar di tempat kursus bahasa seperti Luminous. Di Luminous, Anda akan belajar banyak mengenai ungkapan-ungkapan bahasa Korea yang dibimbing langsung oleh mentor profesional. Selain itu, suasana belajar yang asik dan menyenangkan bisa membantu Anda lebih cepat dalam memahami materinya.

Luminous sebagai tempat kursus bahasa menyediakan kursus bahasa asing dengan harga yang terjangkau, termasuk bahasa Korea. Yuk, segera ikuti kelas bahasa Korea di Luminous Learning Centre.

Related Articles:

Back to Blog

Enroll Now

    Kelas yang Diminati

    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

      What Can We Do for You?

      Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai courses yang tersedia dan fleksibiltas metodologi belajar, silakan isi form dibawah ini untuk selanjutnya dihubungi oleh team representative Luminous Learning Centre.

      Contact Us

      Luminous Learning Centre

      Jl. Lamandau IV no. 18
      Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12130

      info@learnwithluminous.com

      +62 21 2708 3411

      +62 851 5673 7210

      Hours:

      Monday-Friday: 10:00–19:00
      Saturday: 09:00–15:00
      Sunday: Closed

      Get in Touch

        Kelas yang Diminati

        This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

        ×