konglish

Mengenal Konglish: Kosakata Serapan Bahasa Korea dari Bahasa Inggris 

Mengenal Konglish: Kosakata Serapan Bahasa Korea dari Bahasa Inggris  1120 630 Luminous Learning Centre

Bagi Anda yang paham bahasa Inggris dan baru saja belajar bahasa Korea, pastinya menyadari bahwa grammar bahasa Inggris sangatlah berbeda dengan grammar bahasa Korea. Hal tersebut disebabkan karena keduanya merupakan bahasa dari rumpun bahasa yang berbeda.

Namun tahukah Anda bahwa terdapat banyak kosakata bahasa Korea yang merupakan kata serapan dari bahasa Inggris? Dalam bahasa Korea, terdapat dua kategori kata serapan bahasa Inggris yaitu 외래어 (kata serapan) dan 콩글리시 (Konglish).

Kata serapan atau 외래어 merupakan kosakata bahasa Korea yang diambil dari bahasa lain karena tidak ditemukan kata dengan makna yang serupa pada bahasa Korea. Sedangkan 콩글리시 (Konglish) merupakan kata lakuran—kata baru yang terbentuk dari penggabungan dua kata atau lebih—dari kata bahasa Inggris dan bahasa Korea. Konglish diambil dari kata bahasa Inggris, namun pengucapannya telah dialihkan seperti penyebutan kata-kata bahasa Korea.

Penasaran apa saja kosakata Konglish yang sering digunakan sehari-hari dalam bahasa Korea? Simak pembahasannya di bawah ini!

13 Kosakata Konglish yang Sering Digunakan Sehari-Hari

1. 셀카 (sel-ka)

sel-ka

Dalam bahasa Indonesia, 셀카 (selka) memiliki arti yang sama dengan swafoto, atau selfie dalam bahasa Inggris. 셀카 (selka) merupakan singkatan yang diambil dari dua kata bahasa Inggris yaitu “self” dan “camera”. Istilah ini merupakan slang bahasa Korea yang cukup populer di kalangan anak muda.

2. 스킨십 (seu-kin-ship)

seu-kin-ship

 Seukinship merupakan kata Konglish yang merupakan gabungan dari kata bahasa Inggris “skin” dan “relationship”. 스킨십 memiliki arti kontak fisik atau berdekatan secara fisik dengan seseorang.

3. 개그맨 (gae-geu-maen)

개그맨 (gaegeumaen) secara harfiah memiliki arti “gagman”, dan digunakan untuk menyebut seorang komedian atau pelawak.

4. 빅 사이즈 (bik-sa-ee-jeu)

빅 사이즈 (biksaeejeu) diambil dari kata bahasa Inggris “big size” yang digunakan untuk menyebut pakaian berukuran besar.

5. 노답 (no-dab)

no-dab

Nodab merupakan kombinasi dari kata bahasa Inggris “no” dan kata bahasa Korea “대답” (daedab; balasan). Kata ini digunakan ketika seseorang tidak kunjung membalas pesan Anda.

6. 마마보이 (ma-ma-bo-ee)

Mamaboee diambil dari ungkapan bahasa Inggris “mamas boy” dan memiliki makna yang sama dengan kata asalnya. Kata ini digunakan untuk mendeskripsikan seorang laki-laki yang kurang mandiri dan selalu menuruti apa kata ibunya.

7. 더치 페이 (deo-chi-peh-ee)

deo-chi-peh-ee

Deochipehee merupakan transliterasi dari “Dutch pay” dalam bahasa Inggris. Kata Konglish ini digunakan untuk mendeskripsikan kegiatan ‘patungan‘ atau memisahkan tagihan pembayaran sehingga masing-masing orang dapat membayar sesuai porsinya sendiri.

8. 헬스장 (hel-seu-jang)

hel-seu-jang

Dalam bahasa Korea, 헬스장 (helseujang) digunakan untuk menyebut sasana olahraga atau gym. Helseujang merupakan kombinasi dari kata “헬스” (helseu; kesehatan) dan “장소” (jangso) yang berarti ‘tempat’.

Beberapa orang juga menyebut gym dengan 헬스 클럽 (helseukeulreob) yang diambil dari kata bahasa Inggris “health club”.

9. 아파트 (a-pa-teu)

Apateu merupakan singkatan dari kata bahasa Inggris “apartment”. Kata ini memiliki arti yang serupa dengan kata asalnya.

10. 선크림 (seon-keu-rim)

Di Korea, Anda akan menemukan label 선크림 (seonkeurim) atau 썬크림 (sseonkeurim) pada produk tabir surya. Seonkeurim memiliki makna “sun cream” dalam bahasa Inggris dan memiliki arti produk tabir surya.

11. 콘센트 (kon-sen-teu)

kon-sen-teu

Kata Konglish yang satu ini merupakan kependekan dari “concentric electric outlet” yang berarti soket listrik atau colokan listrik dalam bahasa Indonesia.

12. 셀프 (sel-peu)

Selpeu merupakan kata Konglish yang akan sering Anda temukan di restoran Korea. Kata ini diambil dari kata bahasa Inggris “self”, dan digunakan untuk menyebut restoran “self service” dimana Anda melayani diri Anda sendiri dalam mengambil minum, alat makan, atau hidangan sampingan.

13. 비닐백 (bi-nil-baek)

비닐백 (binilbaek) diambil dari kata bahasa Inggris “vinyl bag”. Kata Konglish ini digunakan untuk menyebut kantong belanja plastik.

Itulah beberapa kosakata Konglish dalam bahasa Korea. Kata-kata serapan dalam bahasa Korea tersebut bisa Anda gunakan dalam percakapan sehari-hari agar bahasa Korea Anda terdengar lebih natural!

Untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Korea, mengikuti kelas belajar bahasa Korea juga bisa menjadi salah satu jalan yang tepat. Dengan mengikuti kelas bahasa Korea, Anda dapat dibimbing langsung oleh para mentor profesional dan mendapatkan kurikulum belajar yang sudah terbukti efektif untuk membantu Anda menguasai bahasa Korea dengan lebih cepat.

Luminous menyediakan program belajar bahasa Korea yang terjangkau dan cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan pembelajaran secara intensif. Tunggu apa lagi? Ayo daftar kelas bahasa Korea di Luminous Learning Centre sekarang juga!

Related Articles:

Back to Blog

Enroll Now

    Kelas yang Diminati

    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

      What Can We Do for You?

      Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai courses yang tersedia dan fleksibiltas metodologi belajar, silakan isi form dibawah ini untuk selanjutnya dihubungi oleh team representative Luminous Learning Centre.

      Contact Us

      Luminous Learning Centre

      Jl. Cikajang no. 17, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12170

      info@learnwithluminous.com

      +62 21 2708 3411

      +62 851 5673 7210

      Hours:

      Monday-Friday: 10:00–19:00 Saturday: 09:00–15:00 Sunday: Closed

      Get in Touch

        Kelas yang Diminati

        This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

        ×

        Powered by WhatsApp Chat

        ×