kata romantis bahasa korea

Kata-Kata Romantis Bahasa Korea yang Sering Muncul dalam K-Drama

Kata-Kata Romantis Bahasa Korea yang Sering Muncul dalam K-Drama 1309 873 Luminous Learning Centre

Kehadiran drakor atau drama Korea belakangan ini memberikan hiburan tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Kehadirannya juga seolah-olah mengajak penonton untuk lebih mengenal budaya Korea, termasuk juga bahasanya.

Bagi penggemar drama Korea, tentunya banyak kosakata yang mereka sudah ketahui. Bagi Anda yang sedang mempelajari bahasa Korea, menonton drama Korea bisa menjadi alternatif yang menyenangkan, lho. Bahkan, cara ini cukup efektif karena Anda bisa mengetahui banyak frasa atau kosakata dalam drama tersebut.

Satu hal yang menarik dari drama Korea tentu cerita cintanya yang selalu membuat penonton penasaran. Anda mungkin sering mendengar kata “joahae” atau “saranghae” saat menonton drakor, bukan? Kata-kata tersebut muncul dengan cukup sering di hampir semua drama. Hal ini akan membuat Anda semakin hafal lantaran kosakata tersebut sering Anda dengar saat menonton drakor.

Selain “joahae” atau “saranghae”, ada beberapa kata romantis bahasa Korea lainnya yang selalu diungkapkan dalam drama Korea saat momen romantis terjadi. Untuk itu, Luminous sudah merangkum 10 kata-kata romantis bahasa Korea yang sering muncul dalam Drama Korea berikut ini.

1. Opparang gachi isseoseo haengbokhae – “Karenamu aku bahagia”

Ungkapan ini memiliki makna bahwa pemeran dalam drama ingin mengungkapkan rasa syukurnya karena telah bertemu dengan seseorang yang dia sukai.

Frasa ini biasanya digunakan dalam drama Korea untuk memberikan atmosfir yang lebih romantis daripada hanya sekedar mengucapkan “haengbokhae” (“Aku bahagia”).

2. Joahae – “Aku suka padamu”

Pada pertengahan drama, biasanya terdapat momen romantis ketika pemeran utama dalam drama menyatakan perasaan suka pada calon pasangannya. Pemeran tersebut pasti akan mengatakan “joahae” yang berarti “Aku suka padamu”.

“Joahae” merupakan kata informal dalam Korea yang digunakan untuk mengungkapkan perasaan suka terhadap seseorang. Namun, jika Anda menggunakan kata ini pada orang yang lebih tua atau bukan orang terdekat, Anda perlu menambahkan “yo” di akhir kata menjadi “joahaeyo”, untuk menunjukkan rasa hormat.

3. Gwenchana? – “Apa kamu baik-baik saja?”

“Gwenchana?” digunakan untuk menanyakan keadaan seseorang seperti, “Apa kamu baik saja?” Untuk menjawabnya, Anda juga bisa mengatakan “Gwenchana” yang memiliki makna “Aku baik-baik saja”.

Jika pemeran dalam drama Korea yang mengatakan ini pada pasangannya, “Gwenchana?” bisa mengubah suasana menjadi romantis. Kata tersebut memberi tanda bahwa dia mengkhawatirkan pasangannya.

4. Mianhae – “Maafkan aku”

“Mianhae” (“Maafkan aku”) adalah salah satu ungkapan yang diucapkan sepanjang waktu di drama Korea. Perpisahan yang penuh air mata dan kesalahpahaman kerap terjadi di antara para pemeran utama.

Seringkali, ungkapan “Mianhae” juga disertai dengan pelukan. Mungkin salah satu dari mereka akan pergi untuk waktu yang lama atau hanya sekedar menyatakan rasa bersalah pada pasangannya.

5. Gajima – “Jangan pergi”

Jika sepasang kekasih akan berpisah satu sama lain, Anda mungkin akan menjumpai adegan yang menyayat hati di mana salah satu pemeran utama memeluk pasangannya dari belakang dan memohon agar dia tidak pergi.

Khawatir tidak akan bisa bertemu lagi, salah satu dari mereka mungkin berkata, “Gajima” yang berarti (“Jangan pergi”).

6. Bogoshipeo – “Aku rindu kamu”

Hubungan yang terpisah karena waktu dan jarak bisa jadi hal sulit bagi pasangan drama Korea. Salah satu frasa Korea paling romantis yang mungkin diucapkan oleh pemeran adalah “bogoshipeo”. yang berarti “Aku merindukanmu”.

Cara lain untuk mengungkapkan ini adalah “bogoshipda”, yang memiliki arti “Aku ingin melihatmu.” Ketika sepasang kekasih tidak dapat melihat satu sama lain karena terpisah jarak, “bogoshipda” mungkin akan mereka ucapkan sambil merindukan satu sama lain dari jauh.

7. Yaksokhae – “Aku berjanji”

“Yaksok” diterjemahkan menjadi “janji” dalam bahasa Indonesia. Ketika pemeran drama Korea ingin membuat janji satu sama lain, mereka mungkin berkata, “Yaksokhae,” yang berarti “Aku berjanji.”

Orang Korea sebenarnya memiliki banyak cara menggemaskan untuk membuat janji, salah satunya dengan melakukan janji kelingking. Anda bisa mulai dengan Kunci jari kelingking Anda dengan seseroang, lalu tempelkan kedua ibu jari Anda.

8. Ramyeon meokgo gallae? – “Maukah kau makan ramen denganku?”

Ramen adalah salah satu hidangan Korea paling populer yang muncul di K-drama. Sesuai dengan artinya, ungkapan ini berarti menawarkan seseorang untuk makan ramen.

Namun, ungkapan tersebut sebenarnya memiliki makna ganda. Dalam K-Drama, seorang teman dari pemeran utama terkadang mengatakan untuk tidak mengajak siapa pun makan ramen. Hal ini dikarenakan ungkapan tersebut bermakna mengungkapkan rasa suka pada seseorang secara diam-diam.

9. Narang gyeolhonhae jullae? – “Maukah kau menikah denganku?”

Dalam drama Korea, ada banyak drama yang menyajikan scene lamaran pernikahan yang romantis. Suasana pun akan semakin romantis ketika salah satu pemeran mengungkapan “narang gyeolhonhae jullae?” atau “Maukah kau menikah denganku?” yang akan membuat penonton ikut berbuga-bunga.

10. Saranghae – “Aku cinta padamu”

Tidak ada drama Korea yang bisa berakhir tanpa kalimat romantis ini. Bahkan, penyebutan “saranghae” dapat membuat hati penonton berdebar-debar.

“Saranghae” adalah cara yang lebih informal untuk mengatakan “Aku cinta padamu.” Tetapi, jika Anda ingin mengatakannya dengan cara yang lebih formal, Anda dapat menambahkan “yo” di akhir kata menjadi “saranghaeyo”.

Nah, itu dia 10 kata-kata romantis bahasa Korea yang sering muncul dalam Drama Korea. Dengan menonton drama Korea, Anda bisa sambil belajar untuk memperbanyak perbendaharaan bahasa Korea.

Agar semakin lancar, Anda juga bisa mengikuti kelas di tempat kursus bahasa karena disana Anda akan berada di lingkungan suportif untuk belajar bahasa Korea.

Di Luminous, Anda juga bisa mendapatkan pengalaman belajar di lingkungan yang bisa mendukung Anda dalam meningkatkan kemampuan bahasa Korea. Jika Anda ingin lancar berbahasa Korea? Ayo buruan daftar kelas bahasa Korea dengan harga yang terjangkau di Luminous Learning Centre!

Related Articles:

Back to Blog

Enroll Now

    Kelas yang Diminati

    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

      What Can We Do for You?

      Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai courses yang tersedia dan fleksibiltas metodologi belajar, silakan isi form dibawah ini untuk selanjutnya dihubungi oleh team representative Luminous Learning Centre.

      Contact Us

      Luminous Learning Centre

      Jl. Cikajang no. 17, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12170

      info@learnwithluminous.com

      +62 21 2708 3411

      +62 851 5673 7210

      Hours:

      Monday-Friday: 10:00–19:00 Saturday: 09:00–15:00 Sunday: Closed

      Get in Touch

        Kelas yang Diminati

        This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

        ×

        Powered by WhatsApp Chat

        ×