japanglish

Kumpulan Kata-Kata Japanglish yang Sering Digunakan

Kumpulan Kata-Kata Japanglish yang Sering Digunakan 1080 1080 Luminous Learning Centre

Tahukah Anda jika banyak kosakata bahasa Jepang banyak yang diambil dari bahasa Inggris? Orang Jepang selama bertahun-tahun telah mengadopsi banyak kosakata bahasa Inggris. Sehingga, muncul istilah Japanglish, kosakata bahasa Inggris yang diadopsi pelafalannya ke bahasa Jepang. Japanglish atau “wasei eigo” secara harfiah berarti “bahasa Inggris buatan Jepang”.

Salah satu hal yang menarik dari Japanglish adalah beberapa orang berpikir bahwa kata yang diambil dari bahasa Inggris memiliki makna yang sama. Pada kenyataannya justru berbeda dengan makna aslinya yang akhirnya membuat orang lain bingung.

Kira-kira, apa saja kata-kata Japanglish tersebut? Yuk, simak pembahasan berikut ini tentang kata-kata Japanglish yang sering digunakan.

1. Fried Potato (furaidopoteto/フライドポテト)

Anda mungkin menganggap semua restoran cepat saji menggunakan nama French fries untuk menu kentang gorang. Namun, hal ini nampaknya cukup berbeda jika Anda sedang berlibur di Jepang. Istilah french fries masih cukup asing bagi masyarakat lokal Jepang karena mereka lebih mengenalnya dengan istilah furaidopoteto.

Furaidopoteto merupakan istilah yang berasal dari bahasa Inggris, yaitu fried potato. Masyarakat Jepang mengambil cara pengucapan dari fried potato dan diadopsi ke cara pengucapan mereka, furaidopoteto.

2. High touch (haitacchi/ハイタッチ)

Anda tentu sering mengatakan high five kepada teman Anda untuk melakukan tos. Ketika Anda berkunjung ke Jepang dan ingin melakukan hal yang sama, Anda mungkin tidak akan mendapat respon. Hal ini dikarenakan masyarakat Jepang lebih familiar dengan haitacchi daripada high five. Haitacchi sendiri merupakan kata serapan dari bahasa Inggris, yaitu high touch.

3. Don’t Mind (Donmai/どんまい)

Kata Japanglish selanjutnya adalah Donmai yang berasal dari bahasa Inggris, yakni don’t mind atau don’t mind it. Jadi, orang Jepang meringkas don’t mind it dengan merubah cara pengucapannya.

Sebagai contoh, jika Anda melakukan kesalahan kecil terhadap orang Jepang dan mereka tidak mempermasalahkannya, mereka akan bilang donmai pada Anda.

4. Aircon (eakon/エアコン) & Cooler (kura/クーラー)

Aircon merupakan kependekan dari Air Conditioner atau AC. Orang Jepang sangat jarang mengucapkan air conditioner tanpa menyingkatnya. Jadi, mereka menyerap cara pengucapan aircon menjadi aekon. Begitu juga dengan AC, mereka juga menyebutnya dengan “ei-shi”.

Selain itu, cooler juga disebut dengan kura oleh orang Jepang. Cooler sendiri merujuk pada sesuatu semacam kulkas portable untuk mendinginkan makanan atau minuman saat piknik.

5. Stove (sutobu/ストーブ)

Bayangkan jika teman Jepang Anda ingin mengunjungi rumah Anda dan bertanya apakah di rumah ada stove. Anda sebagai orang asing mungkin langsung berpikir bahwa itu adalah sejenis peralatan dapur seperti kompor. Ternyata, apa yang di maksud teman Anda adalah sejenis pemanas ruangan atau sutobu, bukan peralatan dapur.

Sutobu merupakan kata Japanglish yang diambil dari kata stove dalam bahasa Inggris. Istilah sutobu merujuk pada pemanas ruangan yang biasa digunakan saat musim dingin di Jepang.

6. Mass communication (Masukomi/マスコミ)

Masukomi adalah istilah gabungan dari mass dan communication. Kedua istilah tersebut akan lebih mudah diucapkan dalam bahasa Jepang jika menggunakan katakana. Sehingga, “mass” menjadi “masu” dan “communication” menjadi “kominikeishon” atau”komi”.

Istilah mass communication biasanya merujuk pada penyampaian informasi dalam skala yang luas. Sementara itu, di Jepang sendiri istilah tersebut berarti media massa atau organisasi pers.

7. Snack (Snakku/スナック)

Japanglish yang satu ini memiliki arti yang jauh berbeda dari bahasa Inggris. Anda mungkin langsung berpikiran untuk menyamakan dengan sebuah snack atau makanan ringan, bukan?

Di jalanan sekitar Jepang, Anda akan melihat banyak tanda atau plang bertuliskan “snack atau snakku”. Tetapi, Anda jangan mengira bahwa tempat tersebut menjual makanan ringan khas Jepang karena sebenarnya itu adalah sejenis bar atau tempat hiburan.

Snakku memang seperti sebuah bar pada umumnya dengan banyak meja untuk pengunjung. Pemilik snakku adalah seorang wanita yang disebut “Mama” yang biasanya akan menawarkan minuman dan layanan karaoke pada pengunjungnya. Sudah tentu, snakku merupakan tempat yang ditujukan untuk kelompok dewasa, terutama pria.

8. Mail (meeru/メール)

Kata Japanglish selanjutnya adalah meeru yang diambil dari kata mail dalam bahasa Jepang.

Secara umum, mail berarti surat yang dikirimkan lewat pos atau email yang merupakan electronic mail. Di Jepang, istilah meeru mencakup berbagai jenis layanan, seperti gmail, yahoo mail, dan juga pesan teks pada handphone

9. Text (Tekisuto /テキスト)

Tekisuto merupakan kata Japanglish yang berasal dari kata text dalam bahasa Inggris. Secara umum, text merupakan sesuatu yang ditulis atau diketik, berupa kata atau kalimat. Meski begitu, text atau tekisuto bagi orang Jepang adalah sebuah buku pelajaran atau buku tulis untuk keperluan belajar.

10. Mansion (manshon/マンション)

Kata Japanglish yang terakhir adalah manshon, yang berasal dari bahasa Inggris, yaitu mansion. Ketika mendengar kata mansion, Anda langsung berpikir bahwa itu adalah sebuah rumah yang besar untuk orang kaya, bukan?

Kenyataannya, kata manshon biasanya digunakan untuk mendeskripsikan sebuah apartemen yang tidak semewah yang Anda kira. Jadi, jika ada seseorang yang mengatakan ia tinggal di manshon, jangan langsung berasumsi ia adalah orang kaya.

Nah, itulah beberapa kata-kata Japanglish yang sering digunakan. Seperti yang telah dijelaskan di awal, hampir semua Japanglish tersebut memiliki makna yang berbeda dari bahasa Inggris. Setelah mengetahui kata-kata Japanglish tersebut, Anda tidak akan bingung lagi jika menggunakannya saat berada di Jepang.

Bagi Anda yang ingin mempelajari  bahasa Jepang lebih dalam, Anda bisa ikuti kelas bahasa Jepang di Luminous Learning Centre.

Related Articles:

Back to Blog

Enroll Now

    Kelas yang Diminati

    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

      What Can We Do for You?

      Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai courses yang tersedia dan fleksibiltas metodologi belajar, silakan isi form dibawah ini untuk selanjutnya dihubungi oleh team representative Luminous Learning Centre.

      Contact Us

      Luminous Learning Centre

      Jl. Lamandau IV no. 18
      Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12130

      info@learnwithluminous.com

      +62 21 2708 3411

      +62 851 5673 7210

      Hours:

      Monday-Friday: 10:00–19:00
      Saturday: 09:00–15:00
      Sunday: Closed

      Get in Touch

        Kelas yang Diminati

        This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

        ×