tulisan dengan huruf hanja

Yuk, Kenali dan Pelajari Huruf Hanja dalam Bahasa Korea!

Yuk, Kenali dan Pelajari Huruf Hanja dalam Bahasa Korea! 1029 685 Luminous Learning Centre

Bagi Anda penggemar drama Korea serta K-Pop, sudah pasti tidak asing lagi dengan huruf Hangeul, abjad asli Korea. Namun, sebenarnya dalam bahasa Korea tidak hanya ada huruf Hangeul saja, tapi juga ada huruf Hanja.

Jika Anda sedang mempelajari bahasa Korea dan sudah cukup paham dengan Hangeul, tidak ada salahnya untuk mengetahui bahasa Korea selain Hangeul, yakni Hanja. Yuk, kita perhatikan sama-sama penjelasan artikel ini tentang huruf Hanja dan beberapa penggunaannya.

Apa Itu Huruf Hanja?

Hanja berasal dari kata hàn zì dalam bahasa Mandarin, yang berarti “aksara Tiongkok”. Maka, Hanja adalah abjad Tiongkok yang digunakan oleh orang Korea untuk menulis bahasa Korea.

Dahulu, Hanja merupakan satu-satunya penulisan dalam bahasa Korea sebelum adanya Hangeul. Karena huruf ini sebenarnya hanya untuk orang Tiongkok, jadi hanya sedikit orang Korea yang benar-benar bisa membaca dan menulis.

Oleh karena itu, pada masa King Sejong, ia memerintahkan rakyatnya untuk mengembangkan sistem penulisan khusus untuk Korea. Akhirnya, muncul Hangeul yang menggantikan huruf Hanja. Meskipun begitu, pengaruh Hanja tidak pernah hilang dari bahasa Korea sehingga sampai saat ini masih digunakan di Korea.

Di samping itu, ada ujian yang diambil untuk mengukur tingkat kemahiran seseorang dalam Hanja. Dalam ujian, Hanja dibagi menjadi beberapa level. Paling dasar adalah 8 급 (level 8) dan yang paling sulit adalah 1 급 (level 1).

Mengapa Belajar Hanja?

Bahasa Korea penuh dengan homonim dan kosakata yang sulit dijelaskan. Namun jika Anda memahami aksara Tiongkok dan makna yang mendasarinya, kosakata bahasa Korea yang sulit itu menjadi jauh lebih mudah untuk dipahami.

Meskipun begitu, mempelajari huruf Hanja bukanlah suatu keharusan apalagi jika Anda seorang pemula yang baru mempelajari bahasa Korea. Bagi pemula, yang terpenting adalah fokus untuk mempelajari Hangeul, huruf asli Korea.

Contoh Penggunaan Hanja

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Hanja tidak sepenuhnya menghilang dari bahasa Korea meskipun sudah sangat jarang digunakan. Anda masih bisa menemukan huruf Hanja di penulisan nama, kalender, hingga dalam penggunaan simbol.

Penggunaan Hanja di Nama Orang

Nama KoreaHangulHanjaPengucapan Mandarin (pinyin)
Kim, gimjīn
Park, bakpiáo
Kang, kang, , , , /jiāng, gāng, kāng, qiáng
Lee, I
Yoo, yunlíu
Jungzhèng

Penggunaan Hanja di Brand

Hanja juga digunakan pada brand terkenal, entah sebagai bagian dari logo atau kemasan.

Contohnya, mie Shin Ramyun, mie instan paling populer di Korea, memiliki huruf 辛 di bagian depannya. Dalam bahasa Mandarin, huruf ini diucapkan xīn.

mie instan shin ramyun

Contoh lainnya adalah Sulwhasoo, merek kosmetik Korea yang menggunakan tiga huruf sebagai logonya. Huruf 雪花 秀 berarti “salju-bunga-halus / anggun”.

kosmetik korea merek sulwhasoo

Penggunaan Hanja sebagai Simbol

Ada beberapa huruf Hanja yang digunakan secara simbolis dalam kehidupan sehari-hari di Korea.

Misalnya, saat memesan kopi atau makanan dengan berbagai porsi, Anda mungkin melihat Hanja , , (besar, sedang, kecil) disamping daftar menu. Ini sangat mirip dengan label pada ukuran pakaian, seperti “S, M, L, XL, XXL”. Anda juga bisa melihat huruf Hanja di toilet sebagai simbol pria (男) dan wanita (女).

Penggunaan Hanja di Kalender

Pada kalender, huruf Hanja juga digunakan untuk penulisan bulan dan hari, seperti () untuk bulan dan () untuk hari.

Penggunaan Hanja di Nama Negara

Pada surat kabar, huruf Hanja digunakan untuk merepresentasikan beberapa nama negara:

  • = Korea
  • = Tiongkok
  • = Jepang
  • = Amerika

Nah, Anda sekarang sudah mengetahui tentang apa itu huruf Hanja dan beberapa penggunaannya. Perlu diperhatikan bahwa Hanja merupakan huruf Tiongkok yang digunakan orang Korea dan berbeda dengan Hangeul. Setelah muncul Hangeul, huruf Hanja sudah jarang digunakan. Namun, di era modern ini Anda masih bisa menemukan Hanja di nama orang, kalender, serta simbol.

Jika Anda membutuhkan pembelajaran lebih lanjut mengenai bahasa Korea, ayo ambil kelas bahasa Korea di Luminous Learning Centre agar bahasa Korea Anda lebih fasih.

Related Articles:

Back to Blog

Enroll Now

    Kelas yang Diminati

    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

      What Can We Do for You?

      Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai courses yang tersedia dan fleksibiltas metodologi belajar, silakan isi form dibawah ini untuk selanjutnya dihubungi oleh team representative Luminous Learning Centre.

      Contact Us

      Luminous Learning Centre

      Jl. Lamandau IV no. 18
      Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12130

      info@learnwithluminous.com

      +62 21 2708 3411

      +62 851 5673 7210

      Hours:

      Monday-Friday: 10:00–19:00
      Saturday: 09:00–15:00
      Sunday: Closed

      Get in Touch

        Kelas yang Diminati

        This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

        ×