menulis nama dalam bahasa korea

Begini Cara Menulis Nama Kamu dalam Bahasa Korea!

Begini Cara Menulis Nama Kamu dalam Bahasa Korea! 1000 600 Luminous Learning Centre

Semakin berkembangnya budaya Korea belakangan ini membuat banyak orang yang mulai mempelajari bahasa Korea. Mereka bisa mempelajarinya melalui lagu atau dengan menonton drama Korea. Bahkan, banyak orang yang mungkin sudah hafal beberapa kosakata bahasa Korea yang didapat saat mendengar lagu atau menonton drama Korea. Namun, ketertarikan untuk mempelajari bahasa Korea tak sampai di situ saja. Banyak orang yang mulai penasaran bagaimana caranya menulis nama mereka dalam bahasa Korea. Mungkin Anda juga salah satu di antaranya!

Langkah sederhana dan menarik yang mungkin bisa dicoba adalah menulis nama Anda dengan huruf Korea. Untuk mengubahnya menjadi huruf Korea, tentu Anda perlu mengetahui beberapa aturan penulisannya. Jika Anda penasaran apa saja sih aturannya dan bagaimana cara menulis nama ke dalam bahasa Korea, mari simak bersama-sama pembahasan berikut ini.

Aturan Penulisan Huruf Korea

Mengubah huruf latin menjadi huruf Hangeul, atau huruf Korea mungkin terdengar cukup simpel karena hanya mencari huruf padanannya saja. Akan tetapi. Ada beberapa aturan penulisan huruf Korea yang tentunya berbeda dengan huruf latin. Berikut adalah aturan-aturan penulisan huruf Korea.

  • Tiap suku kata harus memiliki satu konsonan dan satu vokal
  • Huruf “R” dan “H” di akhir suku kata tidak dibaca
  • Huruf “SH” di akhir suku kata bisa jadi antara ‘시 (si)’ or ‘쉬(swi)’
  • Huruf “P” atau “PH” di akhir suku kata bisa berupa ‘ㅂ’ atau ‘프’
  • Huruf “T” di akhir suku kata bisa berupa ‘ㅅ’ atau ‘트’
  • Huruf “F” diucapkan sebagai “P”
  • Huruf “V” diucapkan sebagai “B”
  • Huruf “Z” diucapkan sebagai “J”
  • Huruf ‘L + Vokal’ ditengah nama menjadi ‘konsonan+konsonan+vokal’

Struktur Nama Korea

Sebagian besar nama-nama Korea umumnya terdiri dari 3 suku kata. Di Korea, nama keluarga selayaknya ditulis di bagian depan.

Jadi, suku kata pertama pada sebuah nama Korea adalah nama keluarga. Sampai saat ini, nama keluarga yang paling umum digunakan adalah 김 (Kim), 이 (Lee), dan 박 (Park). Selanjutnya, suku kata kedua dan ketiga merupakan nama asli yang diberikan oleh orang tua saat lahir.

Meskipun begitu, ada beberapa kombinasi yang berbeda dari nama Korea. Misalnya, nama keluarga yang umumnya hanya satu suku kata, ada juga memiliki nama keluarga dengan dua suku kata seperti 사공 (Sa-gong) and 남궁 (Nam-gung). Begitu juga dengan nama asli yang terdiri dari dua suku kata. Tidak menutup kemungkinan juga nama asli tersebut hanya satu suku kata. Namun, kombinasi nama seperti itu sangat jarang ditemukan.

Menulis Nama dengan Huruf Korea

Tulis Pelafalan Nama Anda

Hal yang perlu diketahui tentang penulisan nama dengan huruf Korea adalah sebuah nama harus ditulis sesuai dengan pelafalannya. Misalnya, nama ‘Felix Wibowo’ ditulis dengan ‘Feliks Wibowo’.

Nah, langkah pertama untuk menulis nama dalam huruf Korea yaitu dengan menuliskan nama Anda sesuai dengan cara mengucapkannya. Hal ini cukup penting agar orang Korea bisa mengucapkan nama Anda dengan benar.

Pisahkan Sesuai Suku Kata

Setelah menuliskan nama Anda sesuai dengan pelafalannya, langkah berikutnya adalah menguraikan nama Anda sesuai dengan suku kata. Contohnya, nama ‘Feliks Wibowo’ diuraikan sesuai suku kata menjadi ‘Fe-liks Wi-bo-wo’.

Seperti yang sudah disinggung pada aturan penulisan nama Korea, setiap suku kata setidaknya memiliki satu konsonan dan satu vokal. Jadi, langkah ini dilakukan karena huruf Korea tidak bisa berdiri sendiri.

Mengubah Huruf Latin ke Huruf Korea

Langkah selanjutnya setelah memisahkan nama sesuai suku kata adalah mengubahnya ke huruf Korea. Dalam hal ini, nama Anda harus diubah dari abjad latin dengan padanan huruf Korea. Meskipun begitu, ada beberapa kasus dimana huruf tersebut dibuat dua suku kata dalam huruf Korea.

Mengubah Huruf Vokal

Pada huruf Korea, huruf “W” dan “Y” termasuk ke dalam huruf vokal dan tidak memiliki padanan dalam huruf Korea. Jadi, penulisannya dibuat dengan dua suku kata, seperti ‘ye ditulis i-e’.

AlfabetHangeulAlfabetHangeulAlfabetHangeul
ayawa
eye* (i + e)ㅣ + ㅡwe* (wé)
é
iyi* (i)wi
oyowo
uyuwu* (u)
-y* (i)-w* (u)

Mengubah Huruf Awal Konsonan

Dalam bahasa Korea, bunyi huruf konsonan yang terletak di awal dan di akhir suku kata berbeda. Berikut ini tabel untuk mengubah huruf konsonan di awal suku kata.

AlfabetHangeulAlfabetHangeulAlfabetHangeul
b-ㅂ~k-ㄲ~r-ㄹ~
c-ㅉ~kh-ㅋ~s-ㅆ~
ch-ㅊ~l-* (-l + r-)~ㄹ + ㄹ~sh-ㅅ~
d-ㄷ~m-ㅁ~t-ㄸ~
f- (ph-)ㅍ~n-ㄴ~th-ㅌ~
g-ㄱ~p-ㅃ~v- (b-)ㅂ~
h-ㅎ~ph-ㅍ~x- (s-)ㅆ~
 j-ㅈ~q- (k-)ㄲ~z- (j-)ㅈ~

Mengubah Huruf Akhir Konsonan

Huruf konsonan yang terletak di akhir suku kata bunyinya berbeda dengan yang di awal suku kata. Selain itu untuk huruf “H” yang berada di akhir suku kata tidak ditulis.

AlfabetHangeulAlfabetHangeulAlfabetHangeul
-b~ㅂ-ks (-k + se)~ㄱ + ㅅㅡ-r*(hilang)
-c (-k)~ㄱ-kh (-k)~ㄱ-r (re)ㄹㅡ
-ch (chi)ㅊㅣ-l~ㄹ-s (se)ㅅㅡ
-d (de)ㄷㅡ-m~ㅁ-sh (shi)ㅅㅣ
-f (phe)ㅍㅡ-n~ㄴ-t~ㅅ
-g (ge)ㄱㅡ-ng~ㅇ-th (the)ㅌㅡ
-h* (hilang)-p~ㅂ-v (be)ㅂㅡ
-j (je)ㅈㅡ-ph (phe)ㅍㅡ-x (-k + se)~ㄱ + ㅅㅡ
-k ~ㄱ-q (-k)~ㄱ-z (je)ㅈㅡ

Gabungkan Huruf Menjadi Suku Kata

Langkah terakhir dalam menulis nama dengan huruf Korea adalah menggabungkan huruf yang sudah diubah ke huruf Korea menjadi suku kata yang utuh.

Cara menggabungkannya cukup sederhana. Jika sebuah nama berupa susunan konsonan-vokal, tulis huruf konsonan dahulu, kemudian tulis huruf vokalnya di sebelah kanan (jika berbentuk garis vertikal) atau di bagian bawah (jika berbentuk garis horizontal) atau di bagian kanan bawah (jika berbentuk gabungan horizontal dan vertikal). Berikut contoh penulisannya, 아 이 어 오 으 우 와 의 워.

Sementara itu, untuk nama yang berupa susunan konsonan-vokal-konsonan memiliki penulisan yang sama seperti sebelumnya. Kemudian, huruf konsonan selanjutnya ditulis di sisi tengah bawah. Berikut contoh penulisannya, 앙 잉 엉 옹 응 웅 왕 읭 웡.

Nah, itu dia penjelasan mengenai cara menulis nama dalam bahasa Korea. Memang ada beberapa pengecualian yang perlu Anda perhatikan dalam menulis huruf Korea. Tapi, semakin sering Anda berlatih menulis dalam huruf Korea, semakin paham Anda tentang aturan-aturan penulisannya.

Jika Anda tertarik untuk meningkatkan kemampuan bahasa Korea, Anda bisa mengikuti kelas bahasa Korea dengan harga yang terjangkau di Luminous Learning Centre.

Related Articles:

Back to Blog

Enroll Now

    Kelas yang Diminati

    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

      What Can We Do for You?

      Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai courses yang tersedia dan fleksibiltas metodologi belajar, silakan isi form dibawah ini untuk selanjutnya dihubungi oleh team representative Luminous Learning Centre.

      Contact Us

      Luminous Learning Centre

      Jl. Cikajang no. 17, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12170

      info@learnwithluminous.com

      +62 21 2708 3411

      +62 851 5673 7210

      Hours:

      Monday-Friday: 10:00–19:00 Saturday: 09:00–15:00 Sunday: Closed

      Get in Touch

        Kelas yang Diminati

        This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

        ×

        Powered by WhatsApp Chat

        ×