cara menjadi polyglot

Cara Menjadi Polyglot: Tips Menguasai Banyak Bahasa

Cara Menjadi Polyglot: Tips Menguasai Banyak Bahasa 818 460 Luminous Learning Centre

Memiliki kemampuan berbahasa asing bisa menjadi suatu kelebihan tersendiri. Apalagi jika mampu menguasai bahasa asing lebih dari satu. Anda tidak akan kesulitan berkomunikasi dengan orang asing dari berbagai negara. Terlepas dari kemampuan tersebut, orang mungkin berpikir bahwa hanya sebagian orang tertentu saja yang mampu menguasai banyak bahasa.

Namun, hal itu tentu tidak sepenuhnya benar. Jika Anda tekun belajar dan memiliki ketertarikan yang tinggi tentang bahasa baru, Anda akan menguasai banyak bahasa dan menjadi seorang polyglot. Untuk membantu Anda, berikut kami hadirkan beberapa cara dan tips yang bisa Anda gunakan untuk menjadi polyglot.

Apa Itu Polyglot?

Polyglot merupakan sebutan bagi orang yang memiliki kemampuan menguasai banyak bahasa. Tidak ada definisi resmi mengenai berapa banyak bahasa yang harus dikuasai untuk disebut sebagai seorang polyglot. Namun, Richard Hudson, professor linguistik dari University College of London, menciptakan istilah “hyperpolyglot” untuk orang yang menguasai 6 bahasa atau lebih.

Tips Menjadi Polyglot

Seperti yang telah disinggung di awal, bukanlah tidak mungkin jika Anda mampu menguasai banyak bahasa. Memang, untuk mencapai hal tersebut, Anda membutuhkan dedikasi, tekad, serta usaha yang keras.

Ada banyak cara yang bisa membantu Anda untuk meningkatkan kemampuan menguasai banyak bahasa. Beberapa orang juga memiliki cara tersendiri untuk membantu mereka menjadi polyglot. Ada yang mempelajari beberapa bahasa sekaligus atau mempelajarinya satu per satu bahasa.

Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana caranya untuk menjadi seorang polyglot. Tenang saja, Luminous melalui artikel ini akan memberikan beberapa tips menjadi polyglot.

1. Membaca buku yang sama dengan berbagai bahasa

Jika Anda senang membaca buku, mungkin Harry Potter atau Lord of The Rings, cobalah untuk membaca buku tersebut dengan beberapa bahasa. Anda akan membandingkan beberapa bahasa tersebut yang ada dalam buku. Dengan cara ini, Anda juga akan mendapatkan perbendaharaan kata dari berbagai bahasa.

2. Gunakan teknik laddering

Dalam mempelajari beberapa bahasa, teknik laddering merupakan teknik dengan memposisikan bahasa tersebut dalam sebuah tingkatan atau urutan. Misalnya, bahasa utama Anda bahasa Indonesia, yang kedua mungkin Inggris, dan yang ketiga mungkin Mandarin.

Ketika Anda ingin menerjemahkan sebuah kata dari bahasa Indonesia, Anda bisa menerjemahkan ke bahasa yang kedua, lalu ke bahasa yang ketiga. Lakukan hal yang sama jika Anda sedang mempelajari lebih dari 3 bahasa. Cara ini bisa memperkuat ingatan kosakata dari setiap bahasa.

3. Gunakan media dengan bahasa yang sedang dipelajari

Berinteraksi dengan berbagai macam media dengan berbagai bahasa yang sedang Anda pelajari merupakan cara yang efektif. Anda akan banyak menemukan berbagai frasa, ungkapan, dan bahkan bahasa gaul dari bahasa tersebut. Tidak hanya itu, Anda mungkin akan menjumpai perbedaan atau persamaan, bisa dalam hal pengucapan, bentuk huruf, atau makna dari sebuah kata.

Berbagai jenis media semacam film, musik, surat kabar atau podcast, merupakan media yang bagus untuk mendapatkan berbagai bahasa yang sedang Anda butuhkan.

4. Gunakan teknik immersion

Tips selanjutnya yang bisa Anda coba saat mempelajari berbagai bahasa adalah menggunakan teknik Immersion. Immersion merupakan teknik yang menempatkan pembelajar pada kondisi lingkungan yang menggunakan bahasa asing.

Sebagai contoh, Anda bisa mencoba untuk menulis, berbicara, mendengarkan, atau mengubah bahasa telepon dengan bahasa asing yang sedang dipelajari. Kegiatan tersebut dapat membantu Anda untuk membiasakan diri dalam berbagai bahasa.

5. Gunakan teknik language shadowing

Teknik language shadowing merupakan teknik meniru intonasi serta pengucapan dari sebuah bahasa. Audio dan video merupakan media yang cocok karena Anda bisa mendengar dan meniru secara langsung kata atau kalimat yang Anda dengar.

Teknik ini membantu Anda dalam hal pengucapan atau pronunciation dari bahasa asing yang sedang Anda pelajari. Semakin sering Anda melakukan teknik tersebut, Anda akan semakin familiar dengan percakapan dalam bahasa asing.

Itu dia beberapa cara menjadi polyglot yang bisa Anda terapkan. Dengan melakukan cara tersebut secara rutin dan konsisten, bukan tidak mungkin Anda akan menjadi seorang polyglot.

Cara lain yang dapat efektif membantu Anda untuk fasih dalam berbagai bahasa adalah dengan dengan mengikuti kursus bahasa di Luminous! Mengikuti kelas bahasa di tempat kursus seperti Luminous akan membantu Anda untuk memiliki program belajar bahasa yang lebih terstruktur. Selain itu, Anda juga akan memiliki mentor bahasa yang pastinya siap membimbing proses belajar Anda.

Luminous menyediakan berbagai program bahasa seperti bahasa Inggris, Jepang, Korea, Mandarin, dan Indonesia yang bisa Anda pilih. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk belajar bahasa di Luminous!

Related Articles:

Back to Blog

Enroll Now

    Kelas yang Diminati

    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

      What Can We Do for You?

      Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai courses yang tersedia dan fleksibiltas metodologi belajar, silakan isi form dibawah ini untuk selanjutnya dihubungi oleh team representative Luminous Learning Centre.

      Contact Us

      Luminous Learning Centre

      Jl. Lamandau IV no. 18
      Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12130

      info@learnwithluminous.com

      +62 21 2708 3411

      +62 851 5673 7210

      Hours:

      Monday-Friday: 10:00–19:00
      Saturday: 09:00–15:00
      Sunday: Closed

      Get in Touch

        Kelas yang Diminati

        This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

        ×