Cara Mudah Membaca Tulisan Mandarin

Cara Mudah Membaca Tulisan Mandarin 2240 1260 Luminous Learning Centre

Tahukah Anda bahwa terdapat kurang lebih 20.000 karakter dalam bahasa Mandarin? Melihat banyaknya jumlah karakter dalam bahasa Mandarin tersebut, mungkin membuat belajar membaca tulisan Mandarin menjadi terkesan sangat rumit.

Namun, dengan memiliki pemahaman sederhana mengenai bagaimana sistem karakter bahasa Mandarin dibentuk, Anda akan lebih mudah dan cepat dalam menguasai kemampuan membaca tulisan Mandarin.

Berikut beberapa konsep bahasa Mandarin yang perlu Anda pahami agar lebih mudah dalam membaca tulisan Mandarin.

Memahami Cara Kerja Karakter Bahasa Mandarin

Bagi Anda yang baru saja mengenal bahasa Mandarin, Anda pasti akan kebingungan melihat karakter-karakter Mandarin yang terkesan seperti simbol-simbol dengan bentuk yang sangat kompleks. Padahal, karakter-karakter Mandarin tersebut akan sangat mudah dipelajari jika Anda telah mengetahui konsep yang membentuknya.

Karakter Bahasa Mandarin Merupakan Gambar

Karakter bahasa Mandarin merupakan gambar yang disederhanakan untuk merepresentasikan sesuatu.

Beberapa karakter memiliki makna harfiah seperti gambar yang direpresentasikannya. Namun beberapa karakter lain dapat memiliki relasi yang abstrak dengan gambar yang direpresentasikannya.karakter mandarin desa

Karakter Bahasa Mandarin Dapat Dipecah Menjadi Bagian-Bagian yang Lebih Kecil

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, karakter bahasa Mandarin terdiri dari gambar-gambar kecil yang dibentuk menjadi suatu karakter utuh. Setiap gambar-gambar kecil tersebut memiliki makna dan penyebutan yang berbeda-beda.bagian bagian karakter mandarin

Setiap Bagian Karakter Memiliki Makna yang Berbeda

Pada setiap karakter bahasa Mandarin, terdapat setidaknya satu bagian yang menentukan makna dari karakter tersebut. Terdapat juga karakter yang memiliki lebih dari satu bagian yang menentukan makna karakter. Pada kasus tersebut, biasanya karakter memiliki makna yang cukup kompleks atau abstrak.

Memiliki Bagian yang Menentukan Pengucapan

Terdapat setidaknya satu bagian pada karakter bahasa Mandarin yang menentukan pengucapan dari karakter tersebut. Biasanya bagian tersebut berada di sisi kanan dari karakter bahasa Mandarin.

Mulailah dengan Karakter Piktograf

Untuk pemula, memulai belajar membaca tulisan Mandarin dari karakter piktograf menjadi salah satu cara yang paling mudah. Piktograf merupakan karakter yang memiliki bentuk serupa dengan objek yang diacunya.

Berikut beberapa contoh karakter piktograf bahasa Mandarin:karakter mandarinMungkin pada awalnya Anda kesulitan untuk menebak objek apa yang diacu oleh beberapa karakter di atas. Namun ketika Anda sudah mengetahui makna dari masing-masing karakter tersebut, Anda akan dapat dengan mudah mengidentifikasi objek yang diacu pada setiap karakter.karakter mandarin

Memahami Radikal

Selain mengenal karakter piktograf, memahami radikal bahasa Mandarin adalah salah satu langkah penting dari mempelajari tulisan Mandarin.

Terdapat kurang lebih 214 radikal dalam sistem karakter bahasa Mandarin. Jumlah tersebut mungkin terkesan sangat banyak. Namun, setelah Anda menguasai setidaknya seperempat dari jumlah keseluruhan radikal tersebut, Anda bisa mempelajari radikal lainnya bersamaan dengan mempelajari karakter bahasa Mandarin.

Gabungan Ideogram dan Karakter Abstrak

Setelah Anda mempelajari beberapa piktograf, Anda akan mampu memahami karakter 会意 (huì yì) yang merupakan gabungan ideograf. Karakter bahasa Mandarin yang merupakan 会意 (huì yì) merupakan kombinasi dari dua atau lebih piktograf dan membentuk satu karakter baru.

Menggunakan Teknik Mnemonik

Karena karakter bahasa Mandarin terdiri dari gambar-gambar yang merepresentasikan suatu objek atau ide, maka teknik mnemonik merupakan metode yang tepat untuk digunakan dalam menghafalkan karakter bahasa Mandarin.

Cobalah untuk kreatif dalam membuat narasi atau cerita yang terdiri dari bagian-bagian karakter agar Anda dapat lebih mudah mengingat makna dari karakter tersebut.

Memperhatikan Bigram

Bigram dalam bahasa Mandarin merupakan kombinasi dari dua karakter yang membentuk sebuah kata. Meskipun beberapa kata bahasa Mandarin hanya terdiri dari satu karakter, namun bigram memiliki makna yang lebih jelas karena ada penambahan konteks.

Sebagai contoh,  karakter 会 (huì) bisa memiliki banyak makna diantaranya ‘bisa, ‘menemui’, dan ‘gabungan’.

Untuk memperjelas makna dari  会 (huì), Anda dapat melihat bigram yang mengandung karakter  会 (huì)  di dalamnya, seperti:

社会 (shè huì) : masyarakat
不会 (bù huì) : tidak mungkin
会议 (huì yì) : menemui

Itulah tadi beberapa tips dan cara yang dapat membantu Anda untuk lebih mudah dalam membaca tulisan Mandarin.

Untuk memahami lebih lanjut mengenai sistem karakter bahasa Mandarin, Anda bisa mengikuti kelas bahasa Mandarin di Luminous Learning Centre. Dengan belajar bahasa Mandarin di Luminous, Anda akan dibimbing oleh mentor profesional agar proses belajar bahasa Mandarin Anda menjadi lebih efektif dan efisien.

Tunggu apa lagi? Yuk daftar kelas bahasa Mandarin dengan harga terjangkau di Luminous!

Related Articles:

Back to Blog

Enroll Now

    Kelas yang Diminati

    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

      What Can We Do for You?

      Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai courses yang tersedia dan fleksibiltas metodologi belajar, silakan isi form dibawah ini untuk selanjutnya dihubungi oleh team representative Luminous Learning Centre.

      Contact Us

      Luminous Learning Centre

      Jl. Cikajang no. 17, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12170

      info@learnwithluminous.com

      +62 21 2708 3411

      +62 851 5673 7210

      Hours:

      Monday-Friday: 10:00–19:00 Saturday: 09:00–15:00 Sunday: Closed

      Get in Touch

        Kelas yang Diminati

        This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

        ×

        Powered by WhatsApp Chat

        ×