contoh huruf hangul bahasa korea

5 Cara Efektif Belajar Bahasa Korea untuk Pemula

5 Cara Efektif Belajar Bahasa Korea untuk Pemula 1000 563 Luminous Learning Centre

Apakah saat ini Anda sedang menggandrungi salah satu artis K-Pop? Atau mungkin sedang hobi mengikuti series drama Korea? Lalu muncul keinginan untuk belajar bahasa Korea? Lalu terbesit pertanyaan, apakah bahasa Korea mudah untuk dipelajari?

Jangan takut! Meskipun nampak sulit di awal, bahasa Korea cukup sederhana untuk dipelajari kok! Dengan tujuan yang jelas dan motivasi yang kuat, akan sangat mungkin bagi Anda untuk menguasai bahasa Korea! Untungnya, Anda dapat dengan mudah menemukan alasan yang kuat untuk meyakinkan diri memulai belajar bahasa Korea.

Korea Selatan merupakan salah satu negara dengan ekonomi terbesar di dunia (urutan ke-11). Fakta tersebut menunjukan bahwa Korea Selatan memiliki pengaruh yang cukup kuat dalam berbagai ranah internasional.

Maka, menguasai bahasa dan memahami budaya Korea memiliki nilai kepentingannya tersendiri.  Selain itu, bahasa Korea merupakan urutan bahasa ke-12 dengan jumlah pengguna terbesar di dunia, sebanyak 77 juta!

Nah sekarang Anda telah mengetahui beberapa alasan mengapa belajar bahasa Korea itu penting. Maka saatnya Anda memikirkan bagaimana cara Anda memulai untuk belajar bahasa Korea.

Ada baiknya Anda meluangkan waktu sejenak untuk mencari tahu mengenai bagaimana metode belajar bahasa Korea yang cocok bagi Anda. Memiliki teman penutur asli bisa menjadi salah satu cara efektif untuk cepat menguasai bahasa Korea.

Jika Anda sedang mencari cara untuk memulai belajar bahasa Korea, 5 tips sederhana ini dapat membantu!

Cara Efektif Belajar Bahasa Korea

contoh tulisan dalam bahasa korea

1. Mempelajari Hangul

Sebagaimana mempelajari bahasa asing lainnya, menguasai huruf dari bahasa tersebut menjadi langkah yang baik untuk mengawali petualangan belajar Anda. Meskipun awalnya akan terlihat sulit, namun sebetulnya konsep huruf Korea sangat sederhana untuk dipelajari.

Tidak seperti sistem huruf pada umumnya yang berkembang dari piktograf, huruf Hangul sengaja diciptakan oleh Raja Sejong pada tahun 1443 agar mudah dimengerti.

Hangul terdiri dari 24 huruf, meliputi 14 huruf konsonan dan 10 huruf vokal. Bentuk huruf konsonan Hangul berdasar pada posisi lidah dalam mulut saat mengucapkan huruf tersebut. Sedangkan huruf vokalnya hanya terdiri dari garis vertikal dan horizontal. Menarik bukan?

Mudahnya lagi, Hangul sepenuhnya merupakan bahasa fonetik. Artinya, penyebutan kata dalam huruf Hangul akan selalu sama dengan penulisannya. Mempelajari huruf Hangul merupakan awal yang penting ketika Anda belajar bahasa korea

2. Membangun Kosakata

Ketika Anda telah menguasai huruf Hangul, maka Anda bisa memulai membangun kosakata bahasa Korea sedikit demi sedikit. Mulailah belajar bahasa Korea dengan kosakata yang umum seperti angka, hari, dan frasa percakapan. Setelah menguasai kosakata umum, Anda bisa menambahkan kosakata lainnya sesuai dengan tujuan Anda.

Seiring bertambahnya kosakata yang Anda kuasai, jangan lupa untuk menulis setiap kosakata baru yang Anda temui. Menulis setiap kosakata baru, dapat membantu Anda untuk mengingat kosakata tersebut lho!

3. Temukan Gaya Belajarmu

Salah satu tips sederhana namun penting dalam upaya mempelajari bahasa baru adalah memahami gaya belajar yang cocok bagi Anda. Umumnya, model belajar bahasa asing dikelompokan menjadi tiga:

  • Visual (belajar melalui gambar)

  • Auditorial (belajar melalui mendengarkan)

  • Kinestetik (belajar melalui gerakan)

Menggunakan metode belajar yang sesuai dengan gaya belajar Anda akan mempermudah proses menangkap dan mengingat kata-kata baru. Maka cobalah untuk menemukan gaya belajar Anda dan disiplin untuk berlatih menggunakan metode tersebut.

4. Mengikuti Kursus Bahasa Korea

Kelebihan yang bisa Anda dapatkan dengan mengikuti kelas bahasa Korea adalah mendapatkan pengalaman belajar yang terstruktur. Selain itu, Anda juga akan memiliki tutor profesional yang bisa mendorong dan memandu Anda untuk menguasai bahasa Korea dengan lebih cepat.

Anda bisa mengandalkan guru/tutor untuk memberi penjelasan lebih ketika menemukan konsep grammar yang dianggap rumit, atau kata yang dirasa sulit dimengerti. Seperti Luminous Learning Centre yang menyediakan kelas bahasa Korea dengan penutur asli.

5. Menonton Drakor dan Mendengarkan K-pop

Menonton film drama dan serial TV Korea adalah cara yang menyenangkan dalam menyertakan bahasa Korea dalam keseharian.

Selain itu, membiasakan diri untuk terpapar dengan bahasa Korea melalui menonton atau mendengar akan membantu Anda untuk membangun perbendaharaan kosakata bahasa Korea lho!

Semakin banyak media berbahasa Korea yang Anda cerna akan semakin baik. Anda nantinya akan terkejut terhadap kemampuan Anda dalam mencocokkan frasa dan kata dengan maknanya, bahkan saat Anda baru saja menemukan frasa dan kata tersebut!

Mendengarkan musik berbahasa Korea juga merupakan kebiasaan yang bisa Anda lakukan. Pada awalnya Anda akan mengalami kesulitan dalam memahami makna lagu tersebut. Namun cobalah untuk menangkap kata-kata kunci dalam lagu dan menerka apa makna keseluruhan dari lagu yang Anda dengarkan.

Selain itu, menyanyikan lagu berbahasa Korea juga akan memperbaiki kemampuan pengucapan Anda!

Related Articles:

Back to Blog

Enroll Now

    Kelas yang Diminati

    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

      What Can We Do for You?

      Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai courses yang tersedia dan fleksibiltas metodologi belajar, silakan isi form dibawah ini untuk selanjutnya dihubungi oleh team representative Luminous Learning Centre.

      Contact Us

      Luminous Learning Centre

      Jl. Lamandau IV no. 18
      Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12130

      info@learnwithluminous.com

      +62 21 2708 3411

      +62 851 5673 7210

      Hours:

      Monday-Friday: 10:00–19:00
      Saturday: 09:00–15:00
      Sunday: Closed

      Get in Touch

        Kelas yang Diminati

        This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

        ×