anak kecil sedang belajar huruf mandarin

Ayo, Belajar Memahami Huruf Mandarin (Hanzi)!

Ayo, Belajar Memahami Huruf Mandarin (Hanzi)! 1000 580 Luminous Learning Centre

Jika Anda ingin lancar berbahasa Mandarin, maka salah satu langkah yang harus dilakukan adalah dengan belajar memahami huruf Mandarin. Bahasa Mandarin merupakan logat utama di dataran Tiongkok. Ada beberapa logat seperti Kanton, Xiang, Shanghai dan sebagainya. Namun, logat inilah yang banyak digunakan dan menjadi bahasa nasional negeri Tiongkok.

Bahasa Mandarin juga merupakan bahasa yang memiliki banyak penutur di dunia. Hal ini dikarenakan Tiongkok merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Di samping itu, beberapa negara seperti Singapura dan Taiwan juga menggunakan bahasa Mandarin meskipun logatnya tidak sama.

Meskipun begitu, untuk sebagian orang yang tidak menggunakan bahasa Mandarin sebagai bahasa sehari-hari, tentunya bukan hal yang mudah. Apalagi struktur huruf Mandarin yang berbeda dengan huruf latin yang biasa kita gunakan, membuat orang yang mempelajarinya membutuhkan keseriusan.

Salah satu perbedaannya adalah tidak adanya alfabet dalam huruf Mandarin. Huruf Mandarin tidak mengenal adanya alfabet karena satu karakter Mandarin mewakili satu kata. Selain itu, karakter mandarin juga mewakili ide, konsep, atau objek.

Memahami Huruf Mandarin

tulisan hanzi

Karakter Mandarin atau yang dikenal dengan Hanzi (漢字) adalah salah satu bentuk bahasa tertulis paling tua di dunia. Sebagai bentuk seni, kaligrafi Mandarin tetap menjadi aspek integral dari budaya Mandarin.

Menurut Kangxi Dictionary, kamus standar nasional yang dikembangkan selama abad ke-18 dan ke-19, ada sekitar 47.035 karakter mandarin. Akan tetapi, jumlah persis karakter Mandarin masih menjadi misteri. Meskipun jumlahnya puluhan ribu, karakter Mandarin yang paling sering digunakan hanya sekitar 3500 saja.

Tulisan Mandarin berbentuk piktogram. Setiap karakter mandarin mewakili sebuah gambar dan memiliki piktogramnya sendiri. Dalam penulisannya, bahasa Mandarin menuliskan artinya, bukan bunyinya. Jadi, penciptaan ini bisa dianggap hal yang relatif mudah untuk diingat atau ditulis.

Berikut ini contoh karakter Mandarin yang dibuat dengan teknik piktograf.

  • 雨 (yu) – hujan = mengilustrasikan sebuah jendela yang nampak sedang terjadi hujan di luar.
  • 山 (shan) – gunung = diilustrasikan dengan tiga buah garis dengan garis yang berada di tengah memiliki ujung yang paling tinggi. Jika diperhatikan lebih detail, karakter Mandarin tersebut mirip seperti sebuah gunung.
  • 田 (tian) – sawah = diilustrasikan dengan bentuk persegi dengan 4 bidang persegi di dalamnya seperti menggambarkan petak sawah.
  • 木 (mu) – kayu = mengilustrasikan pohon yang bercabang.
  • 大 (da) – besar = diilustrasikan seperti seseorang yang mementangkan tangan selebar-lebarnya.
  • 人 (ren) – manusia = karakter Mandarin tersebut memiliki dua kaki layaknya seorang manusia.

Satu-satunya kesulitan adalah memahami nada pengucapan karakter Mandarin. Setiap suku kata ada 4 nada, nada pertama adalah nada yang tidak naik atau turun, nada kedua adalah nada yang naik seperti bertanya sesuatu, nada ketiga adalah nada yang turun kemudian naik seolah-olah Anda terkejut, dan nada keempat adalah nada yang turun.

Huruf Dasar Mandarin

Mempelajari karakter Mandarin sangat penting karena akan sangat berguna untuk percakapan sehari-hari. Anda perlu memahami pengucapan serta penulisan kata-kata dengan benar. Tabel di bawah ini menunjukkan beberapa karakter dasar Mandarin dan cara pengucapannya dalam bentuk latin.

Huruf Mandarin (Hanzi)Abjad LatinPengucapan
Aēi
B
西C
D
E
艾弗Fài fú
G
艾尺Hài chǐ
Iài
Jjié
Kkāi
艾勒Lài lè
艾马Mài mǎ
艾娜Nài nà
Oó
P
吉吾Qjí wú
艾儿Rài ér
艾丝Sài sī
T
伊吾Uyī wú
Vwéi
豆贝尔维Wdòu bèi ěr wéi
艾克斯Xyī kè sī
吾艾Ywú ài
贼德Zzéi dé

Nah, itulah penjelasan mengenai huruf Mandarin. Melihat jumlah karakter Mandarin yang mencapai ribuan, memang tidak mudah untuk belajar huruf mandarin.  Namun, jika Anda memiliki keinginan serta tekad yang kuat, bukan tidak mungkin Anda akan bisa memahami serta mempraktekkan bahasa Mandarin di kegiatan Anda.

Tertarik belajar bahasa Mandarin? Yuk ikuti kelas bahasa Mandarin di Luminous Learning Centre untuk mendapatkan pengalaman belajar bahasa Mandarin bersama mentor profesional.

Related Articles:

Back to Blog

Enroll Now

    Kelas yang Diminati

    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

      What Can We Do for You?

      Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai courses yang tersedia dan fleksibiltas metodologi belajar, silakan isi form dibawah ini untuk selanjutnya dihubungi oleh team representative Luminous Learning Centre.

      Contact Us

      Luminous Learning Centre

      Jl. Lamandau IV no. 18
      Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12130

      info@learnwithluminous.com

      +62 21 2708 3411

      +62 851 5673 7210

      Hours:

      Monday-Friday: 10:00–19:00
      Saturday: 09:00–15:00
      Sunday: Closed

      Get in Touch

        Kelas yang Diminati

        This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

        ×