contoh angka dalam bahasa jepang

Yuk, Belajar Angka dalam Bahasa Jepang!

Yuk, Belajar Angka dalam Bahasa Jepang! 960 518 Luminous Learning Centre

Mempelajari angka dalam bahasa Jepang sebenarnya cukup sederhana loh! Dengan mengikuti sistem sepuluh, sehingga Anda hanya butuh mempelajari angka dasar 1 sampai 10 dan kelipatan 10. Mari kita belajar berhitung dengan bahasa Jepang sampai dengan angka 10.000!

Angka 1 Sampai 10.000 dalam Bahasa Jepang

Sebelum kita memulai belajar, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai sistem angka Jepang. Pertama, orang Jepang tidak selalu menggunakan sistem angka Jepang dalam keseharian mereka.

Sama seperti di Indonesia dan negara lainnya, orang Jepang lebih sering mengandalkan sistem angka Arab untuk penulisan angka.

Namun hal tersebut tidak semata-mata membuat sistem angka Jepang tidak penting untuk dikuasai. Pada beberapa konteks, sistem angka Jepang masih berperan penting dan digunakan oleh masyarakat Jepang, misalnya pada perayaan upacara tradisional.

Kedua, sistem angka Jepang terdiri dari dua versi penulisan atau pengucapan: Jepang-Sino yang berdasar pada angka kanji, dan Jepang-Native yang berdasar pada kata asli Jepang (yamato kotoba).

Dikarenakan Jepang-Native hanya tersedia sampai dengan angka 10, angka Sino menjadi sistem angka yang lebih sering digunakan.

AngkaSinoNativeKanji
1いち (ichi)ひとつ (hitotsu)
2に (ni)ふたつ (futatsu)
3さん (san)みっつ (mittsu)
4し、よん (shi, yon)よっつ (yottsu)
5ご (go)いつつ (itsutsu)
6ろく (roku)むっつ (muttsu)
7しち、なな (shichi, nana)ななつ (nanatsu)
8はち (hachi)やっつ (yattsu)
9く、きゅう (ku, kyuu)ここのつ (kokonotsu)
10じゅう (juu)とう (tou)

 

Sebagaimana tertera pada tabel, angka 4 bisa direpresentasikan dengan し (shi) atau よん (yon), begitupun angka 7 dengan しち (shici) atau なな (nana). Kedua karakter yang merepresentasikan angka 4 dan 7 bisa digunakan bergantian jika bernilai di bawah 10. Namun pada umumnya, よん dan  なな hampir selalu digunakan pada angka di atas 10.

Anda bisa dengan mudah berhitung sampai dengan angka 99 jika telah menguasai angka di atas. Sistem angka Jepang dalam konteks ini relatif lebih mudah untuk dimengerti jika dibandingkan dengan angka dalam bahasa Inggris karena tidak dibutuhkan penghafalan penamaan angka khusus seperti “thirty”, “forty”, atau “twelve”.

Dalam bahasa Jepang, angka tersebut disebut dengan “tiga sepuluh”, “empat sepuluh”, dan “sepuluh satu”.

  1. 三十一 (さんじゅういち) = 31
  2. 五十四 (ごじゅうよん)= 54
  3. 七十七 (ななじゅうなな)= 77
  4. 二十 (にじゅう) = 20

Angka Nol dalam Bahasa Jepang

Angka nol pada bahasa Jepang direpresentasikan oleh karakter kanji 例 (rei). Namun, orang Jepang juga tidak jarang menggunakan “zero” sebagaimana angka nol dalam bahasa Inggris: ゼロ (zero). Atau dengan マル (maru) yang jika diterjemahkan memiliki arti “bulat”.

Angka di Atas 99 dalam Bahasa Jepang

Berikut angka 100 ke atas dalam bahasa Jepang:

Angka1001.00010.00010⁸10¹²
Kanji
Hiraganaひゃくせんまんおくちょう

 

Perhatikan bagaimana pola angka dalam tabel melompat dari 10⁴ (万) langsung menuju 10⁸ (億). Hal tersebut dikarenakan sistem angka Jepang dibagi ke dalam 4 unit, tidak seperti angka Arab yang dibagi ke dalam 3 unit.

Ketika Anda telah melewati angka 1万 (10.000), maka penulisan akan dimulai dari awal lagi hingga mencapai 9.999万, lalu menuju 億 (100.000.000).

Hal lain yang penting juga penting untuk diingat adalah penulisan 100 hanya membutuhkan karakter 百 dan 1.000 dengan 千. Namun jika telah melewati angka tersebut maka dibutuhkan penyematan 1 di awal sehingga menjadi 一万 (10⁴), 一億 (10⁸), dan 一兆 (10¹²).

Nah, jangan lupa untuk sering berlatih untuk meningkatkan kemampuan bahasa Jepang mu yaa…

Yuk, belajar bahasa Jepang dengan mengambil kelas di Luminous Learning Centre dengan harga yang terjangkau sekarang juga!

Related Articles:

Back to Blog

Enroll Now

    Kelas yang Diminati

    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

      What Can We Do for You?

      Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai courses yang tersedia dan fleksibiltas metodologi belajar, silakan isi form dibawah ini untuk selanjutnya dihubungi oleh team representative Luminous Learning Centre.

      Contact Us

      Luminous Learning Centre

      Jl. Cikajang no. 17, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12170

      info@learnwithluminous.com

      +62 21 2708 3411

      +62 851 5673 7210

      Hours:

      Monday-Friday: 10:00–19:00 Saturday: 09:00–15:00 Sunday: Closed

      Get in Touch

        Kelas yang Diminati

        This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

        ×

        Powered by WhatsApp Chat

        ×