bahasa slang korea

Slang dalam Bahasa Korea yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Slang dalam Bahasa Korea yang Jarang Diketahui Banyak Orang 2240 1260 Luminous Learning Centre

Jika Anda sering menonton drama Korea, pasti sering mendengar beberapa kata yang tidak ada di dalam kamus bahasa Korea namun kerap digunakan dalam percakapan sehari-hari. Kata-kata tersebut biasa dikenal dengan istilah slang.” 

Sama seperti bahasa Indonesia yang memiliki bahasa gaul seperti kata lebay, gokil, baper, Korea juga punya bahasa gaul atau slang-nya sendiri.

Agar bahasa Korea Anda lebih lancar, yuk pelajari beberapa slang berikut ini.

15 “slang” Korea yang Wajib Dipelajari

1. Ganji (간지)

Kata serapan dari bahasa Jepang ini artinya adalah “mengagumkan.” Biasanya digunakan untuk mengungkapkan ekspresi kagum saat melihat seseorang yang menarik atau keren.

Contoh kalimatnya, “Wah Nam Joo-Hyuk penampilannya sangat ganji.”

2. Dae-bak (h대박)

Slang satu ini mungkin sudah tidak terlalu asing untuk kita semua. Dae-bak biasanya digunakan untuk mengungkapkan rasa senang saat melihat/mendengar sesuatu yang hebat atau tidak dapat dipercaya, seperti kata “wow!” atau “keren!”.

Contoh kalimatnya, “BTS berhasil menang Grammy! Woaa dae-bak dae-bak!

3. Aigoo (아이고)

Aigoo memiliki arti yang sama seperti “astaga” atau “ya ampun” dan digunakan untuk mengungkapkan rasa kaget dalam kondisi panik, mengeluh, atau kesakitan.

Contoh kalimatnya, “Aigoo! Kenapa kamu bisa berdarah seperti ini?”

4. Hwaiting (화이팅)

Kata yang diserap dari bahasa Inggris “Fighting” ini memiliki arti yang sama, yaitu “semangat!”. Seringkali digunakan untuk memberikan dukungan atau semangat kepada seseorang.

Contoh kalimatnya, “Jangan menyerah dulu, kamu pasti bisa! Hwaiting!”

5. Heol (헐)

Kalau dae-bak dan aigoo tadi digunakan untuk mengungkapkan ekspresi tertentu, heol bisa digunakan untuk mengekspresikan kejadian apapun. Memiliki arti yang sama seperti “OMG!”, heol bisa dipakai saat marah, kaget, sedih, atau kagum.

Contoh kalimatnya, “Bulan lalu dia juara 1 lomba sains loh!” “Heol! Sungguh?!”

6. Waeyo (왜요)

Waeyo atau Wae memiliki arti “mengapa?.” Kata wae lebih sering digunakan karena lebih singkat, dan kata ini biasanya diiringi dengan imbuhan lain seperti “wae geurae?” (ada apa?) atau “wae ireohke?” (mengapa seperti ini?).

Contoh kalimatnya, “Wae? Kamu tidak suka dengan makanan ini?”

7. Bbeong Chijima (뻥치지마)

Kata ini bisa Anda gunakan saat ada orang Korea yang mengajarkan kata-kata yang salah dan Anda curiga dia sedang membohongi Anda. Karena bbeong chijima berarti “jangan bohongi aku”.

Contoh kalimatnya, “Benarkah ini jalan yang tepat? Bbeong chijima

8. Silhwanya (실화 야)

Silhwanya adalah ungkapan saat orang merasa tidak percaya dengan apa yang dia dengar atau lihat. Memiliki arti yang sama seperti bahasa Inggris “is this for real?” atau “apakah ini serius?”

Contoh kalimatnya, “Trip kita minggu depan terpaksa harus dibatalkan” “Silhwanya?!”

9. Man-leb (만렙)

Kata ini memiliki arti “level 10.000” dalam artian seseorang yang sangat ahli dengan apa yang mereka lakukan hingga level tertinggi. Atau juga biasa kita kenal dengan sebutan “the real MVP.”

Contoh kalimatnya, “Dia jago sekali menari!” “Ya dia memang man-leb

10. Sachawon (사차원)

Sachawon sendiri memiliki arti “4D” atau “eksentrik.” Kata ini merujuk pada seseorang yang memiliki gaya berpakaian, pola pikir, atau kepribadian yang unik dan eksentrik. Seperti saat Anda melihat seseorang yang melakukan hal yang jarang dilakukan orang banyak, orang itu disebut sachawon. 

Contoh kalimatnya, “Aku belum pernah bertemu dengan orang sepertimu sebelumnya. Kamu sangat sachawon

11. Ssaeng-eol (쌩얼)

Ssaeng-eol digunakan untuk merujuk pada orang yang tidak menggunakan rias wajah atau make-up. Dalam bahasa inggris biasa disebut “bare face.”

Contohnya, saat artis korea difoto oleh paparazi lalu mereka berkata “jangan foto aku, Ssaeng-eol, aku belum pakai make-up.

12. Go go ssing! (고고씽)

Memiliki arti “ayo pergi!” atau ungkapan yang biasa digunakan saat ingin mengajak seseorang pergi keluar.

Contoh kalimatnya, “Sudah siap semua?” “Sudah! Go go ssing!

13. Saejaelyae (세젤예)

Slang ini seringkali digunakan saat warganet meninggalkan komentar di foto orang yang sangat cantik atau menarik sebagai bentuk pujian, karena memiliki arti “tercantik di seluruh dunia”.

Contohnya, “Noona, kamu adalah saejaelyae!”

14. Dak-sal (닭살)

Secara harfiah, dak-sal artinya kulit ayam. Namun orang Korea menggunakan kata ini untuk merujuk pada saat seseorang merasa merinding atau biasa dikenal dalam bahasa Inggris dengan goosebumps.” Karena saat kita merinding, permukaan kulit akan terlihat seperti kulit ayam.

Contoh kalimatnya, “Aku selalu merasa dak-sal setiap kali menonton film horror.”

15. Bae-peu (베브)

Kata bae-peu banyak digunakan sebagai panggilan untuk sahabat. Jadi saat Anda memiliki sahabat baik yang sangat dekat, ia berarti bae-peu Anda.

Contoh kalimatnya, “Hyun Bin adalah bae-pin ku sejak kita kecil”

Nah, itu dia 15 slang yang wajib Anda kuasai agar terdengar lebih fasih saat berbicara dalam bahasa Korea. Jangan lupa terus berlatih secara rutin dan perbanyak sumber belajar agar perbendaharaan bahasa Korea Anda semakin meningkat.

Jika Anda memerlukan sumber belajar yang dapat meningkatkan kemampuan bahasa Korea, Luminous hadir sebagai jawaban yang tepat. Selain lingkungannya yang mendukung untuk belajar, Anda juga dapat mengembangkan kemampuan berbahasa Korea dengan bimbingan para mentor profesional.

Tertarik untuk meningkatkan skill Anda? Yuk ikuti kelas bahasa Korea dengan harga terjangkau hanya di Luminous Learning Centre!

Related Articles:

Back to Blog

Enroll Now

    Kelas yang Diminati

    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

      What Can We Do for You?

      Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai courses yang tersedia dan fleksibiltas metodologi belajar, silakan isi form dibawah ini untuk selanjutnya dihubungi oleh team representative Luminous Learning Centre.

      Contact Us

      Luminous Learning Centre

      Jl. Lamandau IV no. 18
      Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12130

      info@learnwithluminous.com

      +62 21 2708 3411

      +62 851 5673 7210

      Hours:

      Monday-Friday: 10:00–19:00
      Saturday: 09:00–15:00
      Sunday: Closed

      Get in Touch

        Kelas yang Diminati

        This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

        ×