slang bahasa jepang

Slang dalam Bahasa Gaul Jepang yang Wajib Diketahui

Slang dalam Bahasa Gaul Jepang yang Wajib Diketahui 2244 1263 Luminous Learning Centre

Hampir setiap bahasa pasti memiliki kosakata santai atau bisa disebut bahasa gaul untuk digunakan dalam percakapan sehari-hari. Dalam bahasa Jepang, hal ini biasanya disebut Wakamono Kotoba (若者言葉) yang artinya “kata-kata anak muda”. Kosakata ini tentu tidak akan Anda temukan dalam buku-buku kamus reguler.

Bahasa gaul atau slang ini banyak digunakan di anime/manga dan oleh anak-anak muda, tak jarang ada beberapa tata bahasa yang sengaja disingkat. Misalnya desu menjadi ssu, kore wa menjadi korya, samui menjadi sami, dan masih banyak kata-kata bahasa gaul dalam bahasa Jepang yang tidak terhitung jumlahnya serta tidak dapat Anda temukan dalam kamus pastinya.

Namun meskipun tidak terdapat dalam kamus, bukan berarti slang bahasa Jepang tidak penting untuk dipelajari. Kosakata slang seperti inilah yang paling sering Anda temukan di dalam anime/manga bahkan dalam film dan drama Jepang lainnya. Supaya Anda mengerti percakapan saat menonton anime atau film favorit, maka ada baiknya Anda mempelajari juga tentang bahasa gaul atau slang dalam bahasa Jepang. Yuk, langsung simak pembahasan di bawah ini.

Kosakata Gaul dalam Bahasa Jepang

1. Ossu! (おっす!)

Awal mulanya, kata ini merupakan sebuah kata formal yang biasa digunakan oleh tentara Jepang dan beberapa atlet bela diri Jepang. Namun saat ini, kata ini menjadi salah satu slang untuk mengucapkan “halo” dan umumnya digunakan oleh anak muda Jepang untuk menyapa teman saat bertemu.

2. KY

Dua huruf ini merupakan singkatan dari Kuuki yomenai (空気読めない) yang artinya seseorang yang kurang bisa melihat situasi. Kata ini digunakan untuk mendeskripsikan seseorang yang benar-benar “polos” atau orang yang memang tidak bisa bergaul sehingga sulit membaca situasi.

3. Kimoi (キ モ い)

Kata ini berasal dari Kimochi warui yang artinya menjijikan, mengerikan, atau menggelikan. Kimoi adalah kata yang menyenangkan untuk digunakan di dalam berbagai situasi. Apabila Anda melihat sesuatu yang menurut Anda kotor, Anda bisa menggunakan kata ini.

4. Yabai (ヤバイ)

Secara harfiah Yabai memiliki arti “berbahaya”, biasanya digunakan oleh kalangan remaja Jepang untuk mengekspresikan kekaguman atau terpesona. Istilah ini setara dengan menyebut sesuatu “liar” atau “gila”, dan dapat digunakan dengan makna positif maupun negatif.

5. Maji de (まじで)

Kata ini bisa digunakan untuk pertanyaan, “apa kamu serius?” atau kasarnya berarti “benarkah?”. Bisa juga digunakan untuk menambah penekanan pada suatu kalimat, misalnya “Maji de yabai” yang artinya “benar-benar gila”.

6. Kamacho (かまちょ)

Kamacho merupakan kependekkan dari Kamatte choudai (構ってちょうだい), yang bisa diartikan menjadi “ayo hangout bersamaku, ku mohon”. Slang ini biasanya populer di kalangan gadis muda Jepang.

7. Donmai! (ドンマイ!)

Kata donmai adalah frasa Jepang-Inggris yang diambil dari kata “Don’t mind”. Arti yang dimiliki pun sama, yakni digunakan ketika mengucapkan “tidak masalah!” atau “jangan khawatir”.

8. Busukawa (ブスカワ)

Busukawa ini merupakan gabungan kata dari Busaiku yang berarti “jelek” dan Kawaii yang artinya “imut”, kata slang ini biasanya digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang jelek atau aneh, namun pada saat yg bersamaan juga terlihat imut.

9. Uzai (うざい)

Kata ini adalah kependekkan dari Uzattai atau Urusai yang artinya berisik atau menyebalkan. Kata slang ini sangat praktis digunakan untuk mengeluh atau melakukan komplain apabila ada seseorang atau sesuatu yang membuat Anda merasa terganggu.

10. Mendoi (めんどい)

Kata slang Mendoi digunakan sebagai cara lain untuk mengekspresikan bahwa seseorang atau sesuatu membuat Anda kesal dan merepotkan. Kata ini kependekkan dari Mendoukusai ( 面倒くさい) yang artinya merepotkan, misalnya “benar-benar merepotkan!”.

11. CHOU (超)

CHOU merupakan sebuah kata yang bisa Anda sandingkan dengan berbagai kata lain dalam bahasa Jepang untuk menekankan sesuatu. Sama halnya dengan mengatakan “SUPER” dengan capslock dalam bahasa Inggris. Sebagai contoh, apabila seseorang berkata CHOU yabai itu artinya “super keren”, lain halnya dengan CHOU KY itu artinya seseorang yang sangat polos dan sama sekali tidak pandai membaca situasi.

12. wwwwwwwww

Apabila dalam bahasa Indonesia, sebuah pesan diakhiri dengan “wkwkwk” atau “hahaha” yang artinya pengirim tertawa. Lain halnya dalam bahasa Jepang, biasanya diakhiri dengan huruf “w”, karena ini kependekkan dari Warau (笑う) yang berarti tertawa. Semakin banyak huruf “w” yang ditulis, maka artinya tawa mereka semakin panjang, mirip dengan “Lolololololololol” dalam bahasa Inggris.

13. Otsu! (おつ!)

Otsu! merupakan kependekkan sekaligus cara lebih kasual untuk mengatakan Otsukaresama desu (お疲れ様です), yang memiliki arti “terima kasih atas kerja kerasnya hari ini”. Kata ini biasanya digunakan untuk menyapa rekan setelah hari yang panjang berakhir dan Anda sedang bersiap-siap untuk pulang.

14. Ukeru (ウ ケ る)

Kata gaul ini bisa digunakan untuk menunjukkan bahwa yang sedang dibicarakan itu sangat lucu. Bila diartikan ke bahasa Indonesia, sama halnya dengan “ngakak”. Misalnya ada seorang teman Anda yang sedang melawak, kamu bisa mengucapkan CHOU ukeru! (超ウケる!), yang artinya “lucu banget!”

15. Sugee (スゲー)

Sugee biasanya digunakan untuk mengomentari sesuatu yang Anda lihat bersifat menakjubkan atau keren. Kata ini merupakan modifikasi dari kata Sugoi (すごい).

Dalam mempelajari bahasa Jepang, Anda juga harus mengetahui kosakata gaul atau kata slang supaya percakapan yang dilakukan tidak selalu bersifat formal. Selain itu, Anda juga harus membiasakan diri dan berlatih secara rutin melakukan percakapan. Agar semakin lancar, Anda juga bisa mengikuti kelas di tempat kursus bahasa karena lingkungan disana lebih suportif untuk belajar bahasa Jepang.

Di Luminous, Anda juga bisa meningkatkan kemampuan bahasa Jepang dan mendapatkan pengalaman belajar yang berbeda. Ingin lancar berbahasa Jepang? Yuk, ikuti kelas bahasa Jepang dengan harga terjangkau di Luminous Learning Centre!

Related Articles:

Back to Blog

Enroll Now

    Kelas yang Diminati

    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

      What Can We Do for You?

      Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai courses yang tersedia dan fleksibiltas metodologi belajar, silakan isi form dibawah ini untuk selanjutnya dihubungi oleh team representative Luminous Learning Centre.

      Contact Us

      Luminous Learning Centre

      Jl. Cikajang no. 17, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12170

      info@learnwithluminous.com

      +62 21 2708 3411

      +62 851 5673 7210

      Hours:

      Monday-Friday: 10:00–19:00 Saturday: 09:00–15:00 Sunday: Closed

      Get in Touch

        Kelas yang Diminati

        This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

        ×

        Powered by WhatsApp Chat

        ×